• Sab. Apr 20th, 2024

5 Manfaat Meningkatkan Brand Awareness, Ciptakan Brand Personality!

5 Manfaat Meningkatkan Brand Awareness, Ciptakan Brand Personality!

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Brand awareness merupakan sebuah istilah pemasaran yang menggambarkan bagaimana tingkat pengakuan para pelanggan terhadap suatu produk atau jasa. Istilah ini sering ditemui oleh para pelaku bisnis sebagai tolak ukur tentang sejauh mana para pelanggan dapat mengingat dan mengenali sebuah brand.

Gak hanya itu, masih ada berbagai manfaat lain dari pelaksanaan brand awareness. Seperti lima manfaat meningkatkan brand awareness berikut.
5 Manfaat Meningkatkan Brand Awareness, Ciptakan Brand Personality!

1. Brand mudah diingat oleh para pelanggan

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Tujuan utama pelaksanaan brand awareness adalah agar sebuah brand mudah diingat oleh para pelanggan. Terutama ketika mereka ingin membeli suatu produk, diantara banyaknya produk yang sama di pasaran namun mereka lebih memilih brand kamu untuk digunakan. Dan, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang di setiap waktunya hingga terasa familiar.

Hal ini akan berdampak besar pada keuntungan perusahaan. Bahkan, pelaku bisnis bisa dengan mudah menyusun strategi marketing untuk waktu berikutnya karena sudah mengenali segmentasi pasar dari brand tersebut.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, jika nama brand sudah tertanam di benak para pelanggan tentu akan meningkatkan loyalitas mereka. Bahkan dengan adanya brand awareness yang bagus, para pelanggan akan merasa aman menggunakan produk atau jasa dari brand tersebut. Apalagi jika diiringi dengan kualitas produk yang sesuai, akan tercipta brand perception yang baik di kalangan mereka.

Dilansir dari laman Magestore, bagi pelaku bisnis pelanggan yang sudah loyal akan dipertahankan dengan sebaik-baiknya. Sembari mencari target pasar baru, keberadaan mereka sangat penting untuk pertumbuhan bisnis di jangka panjang. Selain melakukan promosi, mereka juga akan melakukan survei kepuasan untuk menilai kualitas dari brand tersebut.

3. Memberikan kemudahan untuk memperkenalkan produk baru
5 Manfaat Meningkatkan Brand Awareness, Ciptakan Brand Personality!

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Seorang pelaku bisnis tentu tidak ingin berbisnis hanya lewat satu produk, biasanya mereka akan mengembangkan produk mereka dengan menciptakan brand baru. Brand yang sudah memiliki brand awareness yang baik, tentu saja bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kembali brand baru tersebut.

Kemudian, para pelaku bisnis juga bisa dengan mudah memahami pasar yang akan dilalui dengan brand baru. Mereka bisa menggunakan strategi pemasaran yang lama atau menjadikannya referensi dalam memahami segmentasi pasar.

4. Memudahkan pelaku bisnis mendapatkan data pasar

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Selain mudah dalam penjualan produk, brand awareness juga membantu para pelaku bisnis dalam mendapatkan data pasar. Seperti yang dilakukan oleh situs Amazon, dilansir Taboola, mereka terkenal dengan memanfaatkan data pasar untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan untuk para pembeli di online shop.

Data yang didapatkan juga bisa digunakan untuk menetapkan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk produk baru atau lainnya. Atau, bisa saja menargetkan pasar yang sama untuk produk yang berbeda. Dengan memanfaatkan kenyamanan pelanggan terhadap sebuah brand, pelaku bisnis dapat memperoleh laba lebih tinggi dengan pengeluaran yang lebih rendah.

5. Meningkatkan reputasi perusahaan
5 Manfaat Meningkatkan Brand Awareness, Ciptakan Brand Personality!

Manfaat Meningkatkan Brand Awareness Selain memudahkan jalan pelaku bisnis dalam eksperimen untuk produk baru. Sebuah brand awareness yang baik juga mampu meningkatkan reputasi perusahaan. Bahkan, membuka peluang bagi para investor untuk berinvestasi di bisnis tersebut.

Secara berkala perusahaan juga akan merasakan banyak hal baik. Seperti, harga produk yang bisa dijual lebih mahal karena kualitas dan value yang terkenal baik, harga saham melonjak tinggi, mampu memperluas bisnis melalui perluasan produk atau pelayanan, serta turut meningkatkan nilai brand perusahaan.

Brand awareness merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah bisnis. Tak jarang banyak perusahaan rela melakukan usaha besar demi mendapat brand awareness yang tinggi dari masyarakat. Seperti lima manfaat di atas!

By Admin