• Kam. Mei 16th, 2024

5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Mawar Kering

5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Mawar Kering

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Camilan yang disantap di sore hari kurang lengkap kalau belum disajikan bersamaan secangkir teh. Alih-alih teh berbasis daun, kamu dapat menggunakan teh yang terbuat dari bunga, misalnya, teh bunga atau kelopak mawar kering yang sering disebut rosebud tea.

Selain memiliki bentuk serta warna yang cantik, teh bunga mawar kering mempunyai rasa yang ringan dan sedikit manis saat diminum. Salah satu keunggulan dari teh kelopak bunga mawar kering ini adalah tidak mengandung kafein. Namun, masih ada manfaat lain untuk kesehatan tubuh, lho.
5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Mawar Kering

1. Bebas kafein

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Teh kelopak bunga mawar kering tidak mengandung kafein, sehingga cocok untuk kamu yang sedang dalam proses mengurangi kafein. Dilansir Mayo Clinic, terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan sakit kepala, sulit tidur, sering buang air kecil, dan potensi interaksi dengan obat (drug interaction).

Mengutip Healthline, teh yang terbuat dari kelopak bunga mawar kering secara alami tidak mengandung kafein, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif minuman panas, misalnya, kopi dan teh hijau

Merujuk sumber yang sama, beberapa dari teh bunga mawar yang dijual terbuat dari campuran bunga mawar kering dan teh lain yang mengandung kafein. Sehingga, sebaiknya memeriksa kemasan label terlebih dahulu untuk memastikan bahwa teh yang akan dibeli terbuat dari 100 persen bunga mawar kering.

2. Kandungan antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Kamu tentu sering mendengar manfaat dari mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mempunyai properti antioksidan, kan? Beberapa di antaranya yaitu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu munculnya kanker dan sakit jantung.

Contoh sumber antioksidan antara lain vitamin C dan vitamin E. Kabar baiknya, bunga mawar kering mengandung antioksidan karena mempunyai vitamin C, E, dan juga gallic acid (asam galat). Sehingga teh bunga mawar kering dapat dikonsumsi untuk mencegah tubuh dari radikal bebas.

Dikutip dari sebuah artikel ilmiah di Journal of Food Science tahun 2006, di dalam teh bunga mawar kering ditemukan asam galat yang berperan dalam mengurangi radikal bebas.

3. Berpotensi melindungi tubuh dari nefropati diabetik
5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Mawar Kering

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Terkait kandungan antioksidan yang tinggi, teh bunga mawar kering juga dapat digunakan sebagai bagian dari pola makan sehari-hari untuk melindungi tubuh dari penyakit, seperti nefropati diabetik. Penyakit ini menyerang organ ginjal yang disebabkan oleh diabetes.

Merangkum laporan ilmiah di International Research Journal of Pharmacy tahun 2019, tidak hanya nefropati diabetik, teh yang terbuat dari bunga mawar kering juga dapat melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh gangguan di redox balance seperti cedera ginjal akut dan hepatotoksisitas. Penyakit hepatotoksisitas adalah kerusakan organ hati akibat dari zat kimia, misalnya obat-obatan.

4. Sebagai salah satu sumber makanan untuk mengobati inflamasi terkait kulit

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Merujuk International Research Journal of Pharmacy tahun 2019, teh bunga mawar kering juga mengandung senyawa yang mempunyai fungsi anti inflamasi. Konsumsi teh ini berpotensi untuk menangani inflamasi kulit akibat penuaan.

Laman WebMD menambahkan, kandungan antiinflamasi pada teh bunga mawar kering seefektif obat aspirin atau ibuprofen. Dengan begitu, teh bunga mawar kering dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh artritis.

5. Mengatasi masalah konstipasi
5 Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Mawar Kering

Manfaat Mengonsumsi Teh Kelopak Bunga Apabila sering atau sedang mengalami konstipasi, kamu dapat mempertimbangkan teh bunga mawar kering untuk mengatasi konstipasi. Dilansir MedicineNet, teh bunga mawar kering sering digunakan sebagai pencahar alami ringan untuk mengatasi konstipasi.

Merangkum HealthSite, bunga mawar juga mempunyai kandungan air dan serat yang tinggi serta senyawa yang dapat membantu sistem pencernaan tubuh untuk mengeluarkan racun. Teh bunga mawar juga dapat dipakai untuk mengurangi rasa sakit akibat hemoroid atau wasir.

Jenis teh bermacam-macam dan tidak hanya berbasis daun, tapi juga dalam bentuk bunga atau kelopak. Bunga mawar kering adalah salah satu contoh bunga yang dapat diminum. Kandungan asam galat, vitamin C, dan vitamin E yang ditemukan di teh bunga mawar kering membawa manfaat bagi peminumnya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa teh ini hanyalah pendamping atau pelengkap saja. Kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter serta minum obat dari dokter apabila mempunyai penyakit medis tertentu.

By Admin