• Sab. Apr 20th, 2024

5 Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol yang Mungkin Belum Kamu Tahu

5 Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Rubbing alcohol merupakan nama lain dari isoproil alkohol. Rubbing alcohol dapat dibeli di apotek dan biasanya dijual sebagai campuran antara isopropil alkohol dengan air dan memiliki konsentrasi yang berbeda-beda, mulai dari 50 hingga 90 persen isopropil alkohol.

Meskipun disebut alkohol, tapi rubbing alcohol tidak digunakan untuk membuat minuman keras. Rubbing alcohol bahkan sama sekali tidak dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi, melainkan sebagai antiseptik. Namun, selain itu rubbing alcohol juga memiliki kegunaan lain.

Berikut ini telah dirangkum dari laman The Spruce dan Medical News Today, beberapa cara memanfaatkan rubbing alcohol .
5 Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol yang Mungkin Belum Kamu Tahu

1. Membersihkan dan mensanitasi perangkat elektronik

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Perangkat elektronik, seperti HP, tablet, dan laptop adalah beberapa benda yang merupakan sarang kuman karena sangat sering kamu sentuh. Untuk membersihkan perangkat elektronik, kamu cukup menggunakan rubbing alcohol.

Alkohol menguap dengan cepat dan dapat membunuh patogen di permukaan perangkat elektronik. Tuangkan sedikit alkohol ke tisu atau kain dan gosokkan dengan lembut ke permukaan seluruh perangkat elektronik. Untuk manfaat maksimal, gunakan rubbing alcohol dengan kadar di atas 90 persen.

2. Membersihkan perhiasan

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Kotoran dan bakteri dapat menumpuk pada perhiasan melalui pemakaian yang sering. Membersihkan perhiasan dengan alkohol akan membuatnya lebih higienis untuk dipakai.

Kamu perlu menuangkan sedikit rubbing alcohol ke kain lembut atau kapas. Kemudian, gosokkan ke perhiasan untuk membantu menghilangkan kotoran dan bakteri di permukaan.

3. Menghilangkan bau pada sepatu
5 Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Sepatu dapat mengeluarkan aroma tidak sedap yang kuat, terutama jika dipakai saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Kabar baiknya, menyemprot sol sepatu dengan alkohol sudah cukup untuk membantu menghilangkan bakteri penyebab bau.

Caranya, masukkan alkohol ke dalam botol semprot dan gunakan untuk menyemprot bagian dalam sepatu. Letakkan sepatu di bawah sinar matahari untuk membantu mengeringkannya. Setelah kering, sepatu siap untuk dipakai.

4. Gunakan sebagai hand sanitizer

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Hand sanitizer adalah benda yang wajib dibawa setiap orang ke mana pun di masa pandemik seperti saat ini. Kamu dapat dengan mudah membuat hand sanitizer sendiri di rumah dari rubbing alcohol dan gel lidah buaya.

Cukup campurkan 2/3 cangkir rubbing alcohol dengan 1/3 cangkir gel lidah buaya. Masukkan campuran ini ke dalam botol dan gunakan sebagai hand sanitizer. Jika kamu mau, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu.

5. Menghapus tinta spidol permanen
5 Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Kegunaan Penting dari Rubbing Alcohol Spidol permanen tidak benar-benar permanen, hanya saja sangat sulit dibersihkan. Namun, kamu bisa menggunakan rubbing alcohol untuk menghilangkan tinta spidol permanen dari permukaan yang keras seperti meja, plastik, dan banyak tempat lainnya.

Kamu bisa menuangkan sedikit rubbing alcohol ke tempat yang terkena tinta spidol permanen dan diamkan selama beberapa waktu. Lap dengan kain bersih atau tisu, lalu lanjutkan dengan mencucinya menggunakan air bila perlu.

Sekarang kamu tahu bahwa rubbing alcohol memang memiliki banyak kegunaan, khususnya dalam hal pembersihan berbagai benda. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan rubbing alcohol agar tidak menghirupnya karena dapat menimbulkan berbagai efek samping.

By Admin