• Sel. Sep 26th, 2023

5 Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan, Bisa Bikin Nasi Makin Enak!

5 Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan, Bisa Bikin Nasi Makin Enak!

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Di dapur, ada aneka dedaunan yang digunakan untuk menghasilkan masakan lezat, salah satunya dikenal sebagai daun ketumbar. Dari karakteristiknya, tumbuhan ini mirip dengan seledri. Hanya saja keduanya memiliki rasa dan aroma yang jauh berbeda, mengingat daun ketumbar memiliki sensasi sangat intens.

Kegunaan daun ketumbar pun sangat beragam. Kamu bisa menemukannya dalam lima rangkuman berikut supaya daun ini bisa diolah secara maksimal untuk memberi keharuman dan rasa yang lebih nendang. Yuk, simak!
5 Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan, Bisa Bikin Nasi Makin Enak!

1. Dipakai sebagai garnish

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Daun ketumbar sangat sering digunakan sebagai garnish untuk menghias macam-macam makanan, baik itu olahan serba goreng maupun berkuah. Keberadaan daun ini bukan saja menambah nilai penampilan agar menggugah selera, melainkan dapat dinikmati sebagai perasa sekaligus penetral dari hidangan yang kamu buat.

Daun ketumbar memiliki kelebihan yakni bisa dinikmati dengan atau tanpa dimasak. Jika digunakan sebagai garnish maka daun ketumbar yang dipilih harus dalam kondisi segar supaya teksturnya tetap utuh dan memberi rasa terbaik dari sensasi pedas alaminya.

2. Pemberi rasa pada saus

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Daun ketumbar cocok dijadikan pelengkap dalam pembuatan saus karena rasa daun ini mempunyai sensasi yang cukup tajam dan sedikit pedas. Biasanya jenis saus yang dimasak adalah saus tradisional berwarna hijau dan kental yang umum ditemukan sebagai pendamping aneka hidangan asal Meksiko.

Selain disantap sebagai pelengkap nachos atau tacos, adapula saus daun ketumbar yang populer untuk dihidangkan bersama steik. Meskipun tidak menjadikan cabai sebagai sumber perasa pedasnya, namun daun ketumbar bisa memberi sensasi yang hampir mirip dengan keharuman yang lebih tajam.

3. Dijadikan bumbu nasi
5 Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan, Bisa Bikin Nasi Makin Enak!

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Kalau kamu bosan akan nasi putih biasa, maka daun ketumbar dapat dijadikan bahan ampuh untuk menghasilkan nasi yang lebih aromatik dan kaya rasa. Umumnya makanan ini paling cocok disantap sebagai hidangan utama bercorak Meksiko, seperti cilantro lime rice.

Perpaduan daun ketumbar dan jeruk nipis sangat cocok untuk menghasilkan nasi yang aromatik dan menyegarkan. Beras yang dipakai dalam hidangan ini biasanya adalah basmati dan sangat pas disajikan sebagai pelengkap burrito bowl yang dilengkapi macam-macam lauk pauk favorit.

4. Sebagai pewarna makanan alami

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Daun ketumbar terkenal memiliki warna hijau yang cantik sehingga tidak mengherankan jika bahan ini acapkali dipakai sebagai pewarna alami untuk aneka hidangan. Penggunaan daun ketumbar akan memberi perpaduan warna yang cantik dan bisa kamu temukan dalam proses pembuatan nasi goreng hingga pasta.

Dengan begini kamu bukan cuma bisa menikmati hidangan dengan warna yang lebih menarik, melainkan rasa dan aromanya akan bertambah menggugah selera, mengingat daun ketumbar memiliki aroma tajam yang sangat harum. Cocok sekali untuk menarik perhatian anak-anak yang susah makan.

5. Dicampur ke dalam bumbu marinasi
5 Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan, Bisa Bikin Nasi Makin Enak!

Kegunaan Daun Ketumbar pada Masakan Daun ketumbar bisa dijadikan bahan andalan untuk membuat bumbu marinasi aneka hidangan yang dipanggang atau dibakar. Keberadaannya akan mempengaruhi rasa daging supaya lebih keluar. Belum lagi aroma khas dari daun ketumbar ini akan membuat masakan tambah harum saat disajikan.

Kamu bisa menggunakan daun ketumbar untuk aneka macam daging, mulai dari sapi, ayam, ikan, ataupun beragam jenis seafood lainnya. Selain itu, setelah bahan baku selesai dimasak, kamu juga bisa menambahkan ekstra daun ketumbar segar biar makanan tersebut semakin menggugah selera ketika disantap bersama nasi.

Meskipun tampak biasa saja, siapa sangka bahwa daun ketumbar yang mirip seledri ini memiliki manfaat yang besar untuk menghasilkan makanan lezat dan aromatik. Kalau kamu sendiri, lebih sering menggunakan daun tersebut untuk makanan apa?

By Admin