• Sab. Apr 20th, 2024

5 Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu, Gampang!

5 Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Salah satu benda yang banyak dijadikah hiasan untuk memperindah rumah adalah bunga. Selain bunga hidup, ada pula bunga imitasi yang cantik untuk dipajang.

Bunga imitasi banyak sekali ragamnya. Ada yang terbuat dari bahan kain, plastik, kristal dan lain-lain. Walaupun semua pilihan jenis bunga imitasi dapat kamu beli dengan mudah di toko, kamu bisa juga loh mencoba membuatnya sendiri.

Kali ini, kalau kamu tertarik kamu bisa mencoba membuat bunga imitasi dari bahan limbah kayu serut. Berikut langkah-langkahnya.
5 Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu

1. Siapkan sisa serutan kayu

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Pilihlah sisa serutan kayu yang bentuknya bagus. Kamu bisa memilih serutan yang tidak robek atau pun berlubang.

Lebih baik jika kamu bisa mendapatkan sisa serutan kayu yang lebar. Karena itu akan memudahkan kamu saat akan membentuk dan mengguntingnya. Sebisa mungkin, pilih yang ketebalannya juga seragam agar hasil kreasimu menjadi lebih indah.

2. Manfaatkan ilalang
5 Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Rumput atau ilalang kering dengan bunga yang berbentuk bulat sangat cocok dijadikan bagian tengah bunga imitasi. Pilih yang sudah kering namun cukup kuat dan tidak rapuh.

Bersihkan dari debu dan kotoran serta pastikan kamu menghilangkan bagian-bagian yang tajam seperti duri dan sebagainya. Kamu juga sebaiknya memastikan bahwa tanaman yang kamu pilih bukanlah tanaman beracun. Jika kamu tak yakin dengan suatu jenis tanaman yang kamu temukan, tak ada salahnya jika kamu bertanya kepada orang yang lebih ahli tentang tanaman.

3. Buat kelopak bunga dan daun

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Sisa serutan kayu yang telah kamu kumpulkan akan dijadikan kelopak bunga  dan daun imitasi. Kamu bisa menggambar pola kelopak dan daun pada serutan kayu sebelum mengguntingnya.

Jika serutan kayu masih tergulung-gulung, bisa kamu luruskan dahulu dengan bantuan penggaris atau bisa kamu tindas dahulu dengan benda berat sampai menjadi lurus. Potonglah dengan hati-hati menyerupai kelopak bunga. Pastikan kamu membuat ukuran yang sama untuk satu kuntum bunga agar lebih bagus.

Lanjutkan dengan  membuat bagian daun dari serutan kayu. Bentuklah menyerupai helai daun dan gunting dengan hati-hati. Kamu bebas berimajinasi dengan bentuk daun yang akan kamu buat.

4. Mulai merangkai

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Sekarang mulailah menyatukan bagian kelopak dengan bagian tengahnya. Pergunakan lem yang kuat agar tak mudah lepas. Berilah lem secukupnya pada bagian ujung kelopak lalu selipkan di bagian tengah bunga imitasi yang berasal dari ilalang kering.

Pasang juga bagian daun pada batang-batang bunga. Tempatkan pada bagian yang tepat agar memperindah bentuk rangkaian bunga imitasi yang kamu buat.

Lakukan dengan hati-hati dan hindari memberi lem terlalu banyak karena bisa membuatnya terlihat tidak rapi saat sudah kering. Keringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat terbuka.

Ukuran tiap kuntum bunga boleh saja tidak sama sebagaimana bunga di alam bisa berukuran berbeda karena masa tumbuh yang juga tidak sama. Pastikan kamu mengerjakannya dengan rapi dan hati-hati.

5. Percantik dengan warna
5 Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu

Cara Membuat Bunga Imitasi dari Serutan Kayu Setelah kelopak bunga terpasang sempurna, kamu bisa mulai mewarnai bunga imitasi buatanmu. Kamu bisa berkreasi sesuka hati dengan pilihan warna yang kamu sukai. Namun sebaiknya kamu mempertimbangkan faktor keserasian atau keharmonisan tampilan rangkaian bunga secara keseluruhan.

Lakukan proses pewarnaan dengan hati-hati dan teliti agar tak belepotan. Jangan lupa juga untuk mewarnai bagian daun agar lebih menarik. Pilihlah cat yang aman dan tidak berbahaya baik bagi manusia maupun lingkungan.

Nah, cukup mudah bukan cara untuk membuat bunga imitasi dari bahan serutan kayu dan  ilalang?  Melakukan DIY bunga imitasi ini bisa bermanfaat untuk dirimu loh. Selain bisa memicu kreativitas kamu, rumah kamu juga bisa menjadi lebih indah dan menarik untuk dilihat.

Tetapi jangan lupa ya untuk selalu mengutamakan penggunaan bahan-bahan yang sudah ada sehingga tak perlu keluar banyak biaya. Pastikan kamu selalu menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

By Admin