• Sab. Apr 27th, 2024

Fakta Arkeolog Turki Temukan Medali Medusa Berusia 1.800 Tahun

Fakta Arkeolog Turki Temukan Medali Medusa Berusia 1.800 Tahun

Arkeolog Turki

Berita Babe – Arkeolog Turki Sebuah medali militer berbentuk dewi Medusa yang diyakini berusia 1.800 tahun ditemukan tim arkeolog saat sedang melakukan penggalian di kota kuno Perre, Provinsi Adiyaman, Turki.

Arkeolog Turki Medali militer itu berbahan perunggu dengan ukiran Medusa yang menonjol.

Mehmet Alkan, direktur Museum Adiyaman Turki mengungkap jika medali Medusa itu adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada seorang prajurit Romawi.

“Medali berkepala Medusa itu muncul sebagai penghargaan yang diberikan kepada seorang prajurit atas keberhasilannya. Ini adalah medali yang dikenakan seorang prajurit pada atau di perisainya selama upacara militer. Kami menemukan diploma militer perunggu berusia 1.800 tahun di sini selama penggalian tahun lalu, dan kami juga mengaitkan medali itu dengan dinas militer,” jelas Alkan, dikutip dari laman Arkeonews, Jumat (7/10).

Dalam mitologi Yunani, Medusa yang juga dikenal sebagai Gorgon, adalah salah satu dewi yang digambarkan sebagai wanita bersayap dan helaian rambutnya adalah ular berbisa. Mitologi Yunani menjelaskan jika mereka yang memandang mata Medusa akan berubah menjadi batu.

Baca Juga Yah : Tanda Konsumsi Kopi Berlebih Serta Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Ketahui 2022

Namun dalam bahasa Yunani, Medusa diartikan sebagai pelindung. Jadi dalam dunia seni Yunani kuno, Medusa adalah simbol perlindungan yang dapat menghindarkan seseorang dari ancaman.

Medali-medali pun dibentuk menyerupai Medusa. Kala itu pemilik medali percaya jika Medusa dapat menjadi jimat perlindungan yang dirancang untuk mengusir kekuatan jahat.

Arkeolog Turki Ukiran-ukiran Medusa pun sering ditemukan di berbagai lantai mosaik dari Inggris hingga Mesir dan di dinding Pompeii, Italia. Bahkan gambaran Medusa dapat ditemukan pada baju besi milik Aleksander Agung. Mitologi juga menjelaskan jika dewi Athena menempatkan gambar Medusa di perisainya untuk membuat dirinya menjadi prajurit yang menakutkan

Arkeolog Turki

Baca Juga Yah : Detik-Detik Lesti Kejora Dibanting 2 Kali Oleh Rizky Billar Hingga Luka di Leher

Arkeolog Turki Wajah Medusa makin terkenal ketika Athena menempatkan gambar kepala Medusa ke perisai dan pelindung dadanya. Mitologi Yunani juga menjelaskan jika Athena, Zeus, dan dewa-dewi lainnya juga menggunakan gambar yang menampilkan Medusa.

Kini dengan ditemukannya medali Medusa, penggalian masih tetap dilanjutkan di wilayah kota kuno itu.

By Admin