• Sen. Mar 4th, 2024

15 Tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang Wajib di Kunjungi

ByAdmin

Jan 16, 2023

15 Tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang Wajib di Kunjungi

Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki banyak potensi wisata menarik yang patut untuk Anda kunjungi.  Dari banyak potensi pariwisata yang ada di Sulawesi Tenggara, menyimpan sejuta keindahan yang sarat akan budaya dan sejarah. Sudah banyak wisatawan mancanegara yang berlibur untuk menikmati keindahan alam yang ada di Sulawesi Tenggara ini.

Berikut beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, ketika Anda berlibur di provisi Sulawesi Tenggara:

1. Pulau Muna

Pulau MunaPesona palau Muna dapat membuat Anda termanjakan, ketika datang ke tempat ini. Pulau Muna beriklim tropis menjadikanya kaya akan tumbuh-tumbuhan hijau yang tumbuh subur. Selain itu pulau Muna memiliki panorama bawah laut yang tak kalah indahnya. Daratan pulau Muna umunya dataran rendah yang memiliki ketinggian rata-rata 100 meter dpl. Karena kesuburannya, pulau ini terkenal akan kayu jati dan jambu mete. Kayu jati yang dihasilkan dari pulau ini, menjadi salah satu maskot yang sangat terkenal. Pulau Muna berlokasi di bagian tenggara Provinsi Sulawesi Tenggara. Luas area dari pulau ini kurang lebih sekitar 2.889 km persegi dan terletak di selatan garis khatulistiwa.

 

2. Pulau Labengki

Pulau LabengkiDi tempat terdapat beberapa titik spot menyelam dan snokerling. Tidak di pungkiri lagi, Pulau Labengki memiliki pemandangan karang yang cantik serta memiliki air yang jernih. Sebab itulah tempat ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang di buru oleh para wisatawan. Selain itu pantai di Pulau Labengki ini rata-rata berpasir putih. Pulau Labengki terletak di Desa Lebengki tepatnya di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Jika Anda ingin berlibur ke Pulau Lebengki ini, Anda harus membawa makanan dan minuman. Karena di pulau ini tidak menyediakan fasilitas warung makan bahkan penginapan. Jika ingin menginap disarankan agar membawa tenda sendiri.

 

3. Pantai Nambo

Pantai NamboPantai Nambo berada di Kota Kendari tepatnya di Kecamatan Abeli. Pantai ini berjarak kurang lebih 16 km daru pusat Kota Kendari. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda diharuskan untuk ekstra hati-hati karena keadaan jalan cukup berliku serta jurang dan tebing di sisi kanan maupun kiri jalan. Sejauh mata memandang Aanda akan disuguhi dengan keindahan alam yang indah dan udara sejuk menuju Pantai Nambo.

Fasilitas yang ada di pantai Nambo ini, terbilang cukup memadai karena terdapat 31 gazebo, kamar bilas, vila, area parkir, serta warung-warung yang menjajahkan makanan dan dan minuman. Tempat wisata ini sangatlah cocok untuk menghabiskan hari libur Anda bersama kelurga atapun orang terkasih.

Baca juga :

 

4. Pantai Liwutongkidi

pantai LiwutongkidiDi sepanjang Pantai Liwutongkidi di pnuhi hamparan pasir putih yang bersih. Bukan hanya itu saya, kekayaan alam bawah laut dari Pantai Liwutongkidi menjadi daya Tarik wisatawan. Berbagai jenis terubu arang yang unik dapat Anda temui di tempat ini. Pantai ini berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda dapat menempuh menggunakan alat trasnsportasi pesawat dengan durasi tempuh selama 1 jam dari kota Kendari ataupun kapal laut dengan durasi tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan.

Suasana pantai yang berada di sulawesi ini akan membuat anda merasakan kebahagian tersendiri. Dengan pemandangan alam laut dan juga pepohonan yang tinggi sehingga memberikan rasa sejuk dan asri jika anda mengunjungi pantai ini.

Baca juga :

5. Air Terjun Samparona

Air Terjun SamparonaAir terjun ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 45 meter. Keberadaan air terjun Samparona di apit oleh dua tebing dan dikelilingi hutan yang tergolong alami dan sejuk. Air terjun Samparona ini berlokasi di Desa Kalisabu yang terletak di Kecamatan Sorawolio, Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Pejalanan menuju lokasi air terjun sangat memberikan tantangan, serta memacu adrenalin. Namun jangan khawatir rasa lelah yang menghampiri Anda selama perjalanan akan terasa menyenangkan karena terdapat jejeran pohon pinus dan kicauan burung-burung yang memberikan efek alami selama perjalanan.

Baca juga :

6. Air Terjun Tumburano

Air Terjun TumburanoKeindahan Air Terjun Tumburano begitu mempesona sejauh mata memandang. Air terjun ini memiliki tiga tingkat yang masih asri. Anda patut untuk mengunjungi air terjun ini, karena keindahan air terjun ini, dapat memanjakan mata Anda. Namun keindahan air terjun ini, belum sepadan dengan fasilitas di tempat ini. Air Terjun Tumburano, terletak di Kabupaten Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara.

Airt terjun ini berlokasi di dalam hutan, namun rupanya tempat ini menjadi tempat paling indah. Sebab, terdapat tebing yang sangat besar menyerupai atap rumah adat kuno berwarna cokelat. Hal ini memberikan keunikan tersendiri yang dapat disarakan dan dinikmati oleh pengunjung. Anda dapat merasakan langsung kesejukan air terjun ini. Rasa segara, menyenangkan, dan tenang akan Anda rasakan  ketika Anda melipir ke bawah tebing berbatuan.

7. Air Terjun Moremo

AIR TERJUN MOREMOBanyak orang yang mengatakan bahwa air terjun Moremo ini adaah air terjun terindah di Indonesia. Air terjun Moremo berada di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa. Jarak untuk menuju ke tempat ini  kurang lebih sekitar 40 km dari pusat Kota Kendari. Kondisi air di tempat ini sangat jernih dan alami. Berbeda dengan air terjun lainnya, di sini batu marmer yang di aliri oleh air tidak licin.

Hal ini di karenakan wilayah air terjun Moremo berada di daerah bebatuan kapur, sehingga lumut suit tumbuh. Objek wisata indah dan eksotis ini berada di Desa Sumber Sari tepat berada di Kecamatan Moremo Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Bersinggahlah di tempat wisata yang satu ini agar anda bisa menikmati wisata alam yang sangat wajib untuk kalian nikmati.

Baca juga :

8. Danau Biru

Danau BiruDanau Biru terletak di Parambahan, tepatnya di Kecamatan Talawi. Danau ini bah surge di Sulawesi Tenggara. Danau ini terbentuk dari beks galihan tambang batu bara yang lama kelamaan terisi air dan menjadi danau kecil. Dikawasan ini Anda akan disajikan pemandangan yang indah, dengan paduan pepohonan hijau. Tempat ini menjadi destinasi yang patut Anda kunjungi. Jika Anda berniat menuju Danau Biru ini, Anda disusahakan untuk menggunakan kendaraan khusus. Karena medan untuk menuju tempat ini cukup menantang. Batuan cukup tajam, mejadi suatu tantangan tersendiri jika Anda ingin menuju tempat ini. (Baca juga : Tempat Wisata di Palembang)

Dengan suasana danau biru yang menajubkan ini sehingga membuat anda betah berlama – lama menikmati suasana danau ini. Anda bisa menikmati suasana yang benar – benar bernuansa alam sekaligus bisa terjun langsung menikmati suasana danau nya.

9. Sungai Taborasi

Sungai TaborasiSekilas sungai Taborasi, tidak seperti sungai pada umumnya. Kerena sungai ini memiliki panjang hanya 20 meter. Sebab itulah sungai ini sering kali dijuluki sebagai sungai terpendek di dunia. Sungai Taborasi berada di Kecamatan Tamborasi, Kloka, Sulawesi Tenggara. Berbeda dengan sungai-sungai lainnya yang setiap saat mengalami pencemaran akibat limbah. Sungai Taborasi ini masih asri dan alami. Jadi Anda akan merasa tenang dan nyaman saat berada di sungai ini.

Kejernihan air di sungai ini, membuat setiap orang yang datang ingin berenang untu menikati kesegaran air sungai. Tempat ini bukan hanya memencarkan keindahan dan keasrian sungainnya saja, melainkan keindahan pepohonan yang rindang membuat suasana sejuk dan nayaman. Jika Anda ingin datang ke tempat ini, Anda dapat menempuh dengan jalur darat, dengan jarak sekitar 85 km dari Kota Kolaka.

Baca juga :

10. Pemandian Air Panas Wawolesea

Pemandian Air Panas WawoleseaPemandian Air Panas Wawolesea berada di Desa Wawolesea Yang terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Utara. Di tempat ini memiliki ratusan mata air panas yang berasal dari perut bumi. Air panas di tempat ini memiliki perbedaan dengan air panas di tempat lain. Karena Pemandian air panas di sini rasanya asin, seperti halnya air laut dan beraroma belerang.

Kolam pemandian di tempat ini memiliki pola bertangga yang tersusun dari bebatuan kapur. Jika dilihat dari kejauhan Anda akan melihat seperti gradasi air yang membiru. Di sekeliling pemandian ditumbuhi pohon pinus yang membuat tempat ini semakin asri dan nyaman.

11. Taman Laut Wakatobi

taman laut wakatobiTaman Laut Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wisata laut ini menjadi destinasi wisata popular yang sudah dikenal cukup lama. Taman Laut Wakatobi terkenal akan terumbu karang dan biota laut yang beragam. Secara spesifik kawasan Taman laut ini dikelilingi pantai dari puau-pulai karang kurang lebih 600 km. Banyak potensi yang dapat dikelola dari wisata Tamam Laut Wakatobi ini. Daerah ini sangat cocok untuk Anda yang suka aktifitas diving, snokerling, berenang maupun memancing.

Keindahan alam laut yang berada di tempat wisata di sulawesi tengara ini yang membuat anda tidak akan bisa melupakan bagaimana indahnya wisata alam bawah laut yang masih terjaga dengan baik.

Baca juga :

12. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton ButonBenteng Buton berbentuk lingkaran dengan keliling sekitar 2.740 meter. Benteng Buton ini adalah salah satu peninggalan sejarah. Sebelumnya Benteng ini di fungsikan sebagai Ibu Kota Kesultanan Buton yang memiliki arsitek unik, dengan bahan batu kapur yang berasal dari gunung. Benteng Keraton Buton ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 emplasemen meriam. Benteng ini terletak di puncak bukit. Ketika Anda di Benteng Keraton Buton, Anda dapat melihat keindahan kota Buton atau kota Bau-Baudari ketinggian. Sampai saat ini Benteng Keraton Buton masih berdiri kokoh. (Baca juga : Raja Ampat Papua)

Benteng keraton buton ini memiliki ciri khas tersendiri yang di miliki oleh orang sulawesi. Sehingga banyak juga para wisatawan yang ingin melihat benteng Buton ini. Mereka tidak hanya menikmati sejarah – sejarah yang anda tetapi mereka juga akan di berikan pemandangan yang berada di keliling benteng ini.

13. Hutan Suaka Tanjung Paropa

Hutan Suaka Tanjung ParopaHutan Suaka Tanjung Paropa ditetapkan sebagai kawasan suaka margastwa, karena di dalam hutan ini terdapat berbagai ekosistem butam tropis, hutan bakau, hutan belukar, dan hutan pantai. Jika Ada berkunjung ke hutan ini, maka Anda akan menemui tumbuhan liar dan satwa liar seperti anoa, rusa, kuskus, monyet hitam, dan bermacam-macam burung.

Hutan ini memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, selain itu kawasan ini di fungsikan sebagai pengatur tata air untuk daerah Tanjung Peropa dan sekitarnya. (Baca juga : Taman Wisata Matahari)

14. Kendari Beach

Kendari BeachPantai yang masih berada di Teluk Kendari ini menawarkan keindahan tersendiri untuk para wisatawan. Selain sebagai tempat wisata, Kendari Beach ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat nongkrng favorit untuk masyarakat sekitar. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat tenda-tenda bulat. Tenda-tenda ini menyediakan fasilitas karaoke dan menjual makanan serta minuman.

Dengan menikmati keindahan alam yang ada di tambah dengan pemandangan perahu para nelayan yang mulai minggir yang akan menambah keindahan yang di pandang.

15. Taman Walikota Kendari

TAMAN WALIKOTA KENDARIBerikut ini adalah salah satu tempat wisata di sulawesi tenggara yaitu walikota kendari yang memiliki taman. Di taman walikota kendari ini terdapat tanah yang memiliki luas 4 hektar, di lahan ini memang di khusus kan untuk sarana dan prasarana. Disini juga sudah di lengkapi dengan listrik yang gratis, jalan setapak yang bisa anda nikmati, meja serta kursi beton yang di buat secara permanen. Taman walikota kendari ini juga memiliki ratusan pohon yang masih berukuran kecil dan ada juga pohon yang sudah berukuran besar sehingga menjadikan taman ini terlihat sejuk.

Taman walikota kendari yang memiliki kawasan sejuk dan indah sehingga membuat anda betah untuk menikmati wisata anda di taman walikota kendari ini bersama keluarga atau sahabat anda. Anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk memasuki taman ini. Dengan budget yang standar anda sudah bisa menikmati suasana alam yang di sediakan. Pepohonan yang berada di taman walikota ini sudah ada yang memiliki umur belasan tahun yaitu pada masa pemerintahan Loade Kaimoeddin pohon – pohon ini di tanam.

Itulah beberapa objek wisata yang ada di Sulawesi Tenggara. Sebenarnya masih ada objek wisata lainnya, yang dapat Anda jumpai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa abadikan moment berharga Anda selama berlibur di Sulawesi Tenggara.

By Admin