• Sab. Apr 1st, 2023

6 Tempat Bahaya untuk Berenang di Indonesia karena Angker!

ByAdmin

Jan 17, 2023

6 Tempat Bahaya untuk Berenang di Indonesia karena Angker!

Wajib waspada, sebaiknya hindari tempat bahaya untuk berenang di Indonesia ini!

Indonesia dikenal sebagai negara yang banyak memiliki berbagai macam wisata alam, salah satunya adalah tempat berenang seperti sungai dan danau.

Namun, tidak semua tempat aman, salah satu faktornya adalah karena tempat-tempat tersebut berbahaya dan angker.

Inilah 6 Tempat Bahaya untuk Berenang di Indonesia

tempat bahaya untuk berenang di Indonesia

Berikut ini beberapa tempat bahaya untuk berenang di Indonesia yang harus kamu hindari karena berbahaya dan angker.

1. Kolam Renang Cinta Bandung

tempat bahaya untuk berenang di indonesia - kolam renang cinta bandung
Source: boombastis.com

Kolam renang cinta ini berada di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Kolam renang ini berada di kawasan Gunung Puntang yang merupakan lembah pohon hutan pinus dengan aliran air sungai yang deras serta jernih karena berada di puncak gunung.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini untuk berlibur dan menikmati indahnya pemandangan dari atas gunung. Tempat ini juga biasanya digunakan untuk berkemah, lho!

Namun, ada sisi gelap dari tempat wisata ini. Kolam Cinta merupakan salah satu tempat bahaya untuk berenang di Indonesia karena angker. Terdapat banyak bekas bangunan yang merupakan peninggalan Belanda.

tempat bahaya untuk berenang di indonesia - kolam renang cinta gunung puntang
Source: tempo.co

Fakta uniknya, tempat ini merupakan bekas tempat Radio Malabar yang dimiliki oleh pemerintah kolonial Belanda serta rumah-rumah pekerjanya.

Menurut warga sekitar, kolam renang ini memiliki beberapa kisah mistis karena dulunya kolam renang ini digunakan untuk mandi bagi para noni-noni Belanda.

Bahkan, terdapat potongan tubuh manusia yang pernah ditemukan di tempat ini. Itulah yang menjadikan tempat ini berbahaya karena kisah angkernya.

2. Sungai Bengawan Solo

sungai bengawan solo
Source: jawapos.com

Sungai Bengawan Solo menjadi salah satu tempat bahaya berenang di Indonesia karena angker setelah Kolam Cinta yang ada di Bandung. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Sungai tersebut melintasi dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun bergitu, sungai ini juga tidak terlepas dari mitos warga sekitar.

Ada tujuh mitos yang beredar tentang Sungai Bengawan Solo yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Beberapa di antaranya akan dibahas di artikel ini.

sungai bengawan solo
Source: tribunnewswiki.com

Konon katanya, terdapat ratu ular yang berada di sungai tersebut. Bahkan, sang ratu ular tersebut meminta tumbal untuk dijadikan budak di kerajaannya.

Selain itu, terdapat mitos tentang bahayanya melintasi Jembatan Bacem yang melintang di atas sungai tersebut.

Masyarakat percaya bahwa jembatan tersebut adalah lokasi pembunuhan para tahanan anggota PKI. Selanjutnya adalah mitos pohon donoloyo yang memilliki penunggu yang biasa dijuluki ‘Setan Merah’.

Selain itu, sosok lain yang menunggu Sungai Bengawan Solo adalah siluman buaya putih. Siluman tersebut mengincar wisatawan yang berenang di sungai tersebut.

3. Sungai Musi di Palembang

sungai musi palembang - tempat renang berbahaya di indonesia
Source: liputan6.com

Sungai Musi yang berada di Palembang ini merupakan salah satu tempat mata pencahariaan masyarakat setempat. Meskipun begitu, terdapat mitos atau kisah angker yang membuat sungai ini menjadi salah satu tempat bahaya berenang di Indonesia.

Kisah horor tersebut adalah tentang Hantu Banyu yang dipercayai berbentuk setengah manusia dan siamang disertai rambut panjag yang berlendir.

Hantu Banyu tersebut sering membuat jebakan untuk warga setempat dengan memanfaatkan lendir dari rambut panjangnya.

sungai musi palembang
Source: wikipedia.org

Hantu Banyu tersebut menunggu warga yang turun ke Sungai Musi menggunakan tangga yang sudah dilumuri oleh lendir agar warga tersebut jatuh dan terpeleset ke dalam Sungai Musi.

Biasanya, yang menjadi korban penumbalan adalah para pendatang dari keluarga masyarakat setempat.

Namun, jika tidak ada pendatang, maka warga sekitarlah yang menjadi incaran Hantu Banyu tersebut. Setidaknya, setiap tahun hantu tersebut selalu meminta tumbal.

BACA JUGA: Hati-Hati! 8 Jenis Petir Ini Berbahaya Meski Terlihat Menakjubkan

4. Sungai Brantas

sungai brantas - tempat bahaya untuk berenang di indonesia
Source: nusadaily.com

Sungai Brantas yang berada di kota Kediri, Jawa timur adalah tempat bahaya untuk berenang di Indonesia selanjutnya.

Sungai yang melewati berbagai daerah di Jawa Timur (Mojokerto. Nganjuk. Jombang, dan Malang) ini memiliki mitos adanya sosok misterius yang berupa buaya putih hingga air yang berubah menjadi merah.

Buaya putih tersebut biasanya didampingi oleh ‘Nyai Ratu’ sebagai pemimpinnya. Hantu-hantu tersebut konon katanya bertugas untuk menjaga kelesetarian serta keamanan di sepanjang Sungai Brantas.

Selain itu, Sungai Brantas juga pernah menelan banyak korban saat perang dunia kedua dengan adanya pembantaian massal yang mayatnya dibuang di sungai tersebut.

Sedangkan air merah yang muncul di sungai tersebut diyakini adalah darah para korban yang dibantai dan dibuang ke dalam sungai tersebut.

5. Sungai Siak di Riau

tempat bahaya untuk berenang di indonesia sungai siak
Source: kompas.com

Sungai Siak yang ada di Riau ini menjadi tempat bahaya untuk berenang di Indonesia lainnya. Sungai ini merupakan sungai yang mengandung banyak misteri yang dipercayai oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Terdapat beberapa mitos atau kisah horor yang ada di sungai ini. Yang pertama adalah masyarakat percaya bahwa adanya sesosok buaya putih yang sering muncul dan menampakkan diri di permukaan.

tempat bahaya untuk berenang di indonesia
Source: batiqa.com

Bahkan kabarnya, buaya putih tersebut pernah memakan korban jiwa. Yang menjadi korbannya adalah wisatawan yang sedang berenang di sungai tersebut.

Selain itu, ada makhluk halus yang merupakan penunggu Sungai Siak tersebut. Konon katanya, makhluk halus tersebut suka menarik orang ke dalam sungai hingga orang tersebut tewas. Lalu, mayat korbannya akan muncul ke permukaan sungai beberapa hari setelahnya.

sungai siak riau
Source: batiqa.com

Mitos kedua adalah terdapat seorang wanita yang biasanya muncul tengah malam dan berniat untuk bunuh diri dari Jembatan Siak. Hantu tersebut biasanya mengecoh pengendara motor maupun mobil yang melintasi Jembatan Siak.

Selanjutnya, ada fakta yang mengatakan bahwa Sungai Siak adalah tempat favorit bagi orang-orang yang ingin bunuh diri.

Mirisnya, tidak hanya orang yang bunuh diri, namun juga pembuangan bayi yang sering dilakukan oleh orang tua yang tidak bertanggung jawab hingga bayi tersebut tewas dalam Sungai Siak.

6. Sungai Kapuas

Source: kalbar.inews.id

Sungai Kapuas merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat yang menjadi tempat bahaya untuk berenang di Indonesia. Terdapat sosok makhluk misterius yang dipercayai oleh masyarakat sekitar bernama Puake atau raksasa yang menjaga sungai tersebut.

Beberapa orang percaya bahwa Puake tidak mengganggu manusia namun ada juga yang percaya bahwa Pauke akan meminta tumbal di waktu-waktu tertentu.

Puake sendiri diyakini terdiri dari beberapa jenis makhluk halus, yakni sebagai buaya putih dan kura-kura, hingga ular yang berukuran raksasa. Puake dipercayai akan muncul ketika masyarakat sekitar menggelar pernikahan dan di malam takbiran hari raya Idul Fitri.

Namun, beberapa orang percaya bahwa Puake sendiri adalah hewan-hewan air biasa yang berukuran raksasa dan biasanya selalu bersembunyi di bagian dalam sungai sehingga keberadannya tidak bisa ditemukan.


Itulah enam tempat bahaya untuk berenang di Indonesia yang patut kamu ketahui. Pada intinya, tetaplah berhati-hati jika berkunjung ke tempat wisata, khususnya wisata alam seperti sungai atau danau.

Selain itu, jangan lupa untuk menghormati peraturan atau adat sekitar dari tempat wisata tersebut, ya!

Kamu tahu tempat berenang berbahaya di Indonesia lainnya? Coba bagikan di kolom komentar, yuk.

Kamu lagi cari kost eksklusif dengan kantor atau kampus mulai dari Rp1 jutaan? Yuk, pindah ngekost di Rukita saja!

Kamu bisa menemukan Rukita di berbagai area strategis, di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang. Fasilitasnya yang lengkap dan modern akan membuatmu merasa #SenyamanDiRumah.