• Sel. Feb 27th, 2024

Piala Asia Kick Off Malam Ini 2024

Jakarta: Ajang Piala Asia 2023 mulai kick off pada malam ini, Jumat, 12 Januari 2024. Tuan rumah Qatar akan menghadapi Lebanon dalam laga pembuka sekaligus laga perdana Grup A di Stadion Lusail, Qatar pukul 23.00 WIB.

Piala Asia 2023 akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Turnamen sepak bola tertinggi di benua Asia ini akan dimainkan di sembilan stadion, tujuh di antaranya pernah dipakai untuk Piala Dunia 2022.

Kesembilan stadion tersebut tersebar di lima kota di Qatar yaitu Al Khor, Lusail, Al Rayyan, Doha, dan Al Wakrah.

Timnas Indonesia juga turut andil dalam ajang ini. Mereka akan kembali tampil di Piala Asia setelah terakhir kali pada 15 tahun lalu.

Skuad Garuda tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Tim asuhan Shin Tae-yong akan melakoni pertandingan perdana pada 15 Januari 2024 melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali pukul 21.30 WIB.

Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia

Doha: Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, resmi memilih 26 pemain yang akan bermain untuk Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar.

Dua pemain yakni Arkhan Fikri (Arema FC) dan Saddil Ramdani (Sabah FA) akhirnya dipulangkan oleh pelatih asal Korea Selatan karena pertimbangan teknis.

Sebelum berlaga di Piala Asia, timnas Indonesia melakoni tiga laga uji coba di Turki dan Qatar. Saat di Turki, dua kali melawan Libya dan harus mengakui keunggulan mereka dengan skor 0-4 dan 1-2. Setelah itu melawan Iran di Qatar kalah 0-5.

Uji coba tersebut tentu menjadi patokan dan bahan evaluasi pelatih Shin Tae-yong dalam memilih pemain. Apalagi di Piala Asia 2023 yang berlangsung mulai tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang, Indonesia ditarget lolos ke babak 16 besar.

Pada ajang bergengsi tersebut, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari, lalu Vietnam 19 Januari dan terakhir melawan Jepang pada 24 Januari.

26 Pemain Timnas Indonesia Piala Asia 2023

Kiper:

1. Syahrul Trisna – Persikabo

2. Muhamad Riyandi – Persis Solo

3. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

Belakang:

4. Justin Hubner – Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah – Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang

7. Rizky Ridho – Persija Jakarta

8. Jordi Amat – Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott – Ipswich Town

10. Sandy Walsh – KV Mechelen

11. Shayne Pattynama – Viking FK

12. Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan – Tokyo Verdy

Tengah:

14. Adam Alis – Borneo FC

15. Marc Klok – Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya – Dewa United

17. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

18. Egy Maulana – Dewa United

19. Yakob Sayuri – PSM Makassar

20. Marselino Ferdinan – KMSK Deinze

21. Ivar Jenner – Jong Utrecht

Depan:

22. Hokky Caraka – PSS Sleman

23. Ramadhan Sananta – Persis Solo

24. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara Presisi FC

25. Dimas Drajad – Persikabo

26. Rafael Struick – ADO Den Haag

Timnas Indonesia Punya Fisio Baru

Doha: Ada sosok baru di timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Ya, dia adalah Choi Ju-young yang dipercaya sebagai fisioterapis skuad Garuda.

Ju-young merupakan orang kepercayaan Park Hang-seo saat masih menukangi timnas Vietnam. Kedua orang tersebut berkolaborasi sejak 2019 sampai 2021.

Namun, selepas Hang-seo tidak lagi menjabat sebagai pelatih Vietnam, Ju-young memilih pulang ke negara asalnya, Korea Selatan.

Keputusan Ju-young mau membantu timnas Indonesia tidak lepas dari adanya Shin Tae-yong. Mereka pernah bekerja sama di Korea Selatan U-20 pada Piala Dunia U-20 2017.

“Dia (Tae-yong) ingin kita bekerja bersama untuk membantu Indonesia di Piala Asia. Maka dari itu saya datang ke sini,” kata Ju-young.

“Timnas Indonesia berjuang keras, dan menyambut saya dengan baik. Saya senang dengan hal itu,” pria berusia 71 tahun tersebut.

Ju-young sudah bergabung sejak pemusatan latihan di Turki. Ia pun menjelaskan kondisi para pemain jelang mengikuti Piala Asia 2023.

“Beberapa pemain tidak berada dalam kondisi terbaik. Ada yang masih mengalami cedera ringan. Saya coba mengatur perawatan mereka. Sekarang mereka (pemain Indonesia) sudah lebih baik kondisinya, dan siap bertanding di Piala Asia,” ucapnya.

Piala Asia 2023 dilangsungkan di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari. Dalam ajang tersebut Indonesia berada Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Indonesia sudah melakukan tiga kali uji coba jelang Piala Asia 2023 yakni melawan Libya dua kali (0-4) dan (1-2) dan Iran (0-5).

By Admin