• Jum. Feb 23rd, 2024

5 Negara Maju di Asia yang Paling Berpengaruh di Dunia

ByAdmin

Okt 8, 2022 #Israel, #Negara Maju
Negara Maju

Negara Maju

Berita Babe  Negara Maju Asia termasuk salah satu benua terbesar dari limayang ada di bumi dalam hal luas dan populasi. Benua ini memiliki luas sekitar 49,7 juta km² (19.189.277 mil persegi), yang setara dengan sekitar 30 persen dari total luas daratan Bumi.

Seperti benua lainnya, Asia terdapat dua kategori negara yaitu negara maju dan berkembang. Istilah negara maju dan negara berkembang banyak disebutkan untuk menggolongkan negara berdasarkan kondisi sosial ekonominya.

Melansir dari Ensiklopedia, negara maju ditujukan bagi negara-negara yang dinilai mampu mencapai target dalam setiap pembangunan yang dilakukan. Selain itu, tingkat kemakmuran negara maju sangat tinggi yang dapat mensejahterakan warganya.

Adapun seperti dilansir , benua Asia memiliki negara yang tergolong negara maju dan paling berpengaruh di dunia sebagai berikut.

Baca Juga Yah : 5 Posisi yang Mesti Diperbaiki MU di Januari 2023 Usai Dibantai Man City

Negara Maju

1. Singapura

Di Asia Tenggara, ada Singapura yang menjadi kekuatan ekonomi Asia. Wilayah negara ini kecil, tapi berkat kepiawaian para pemimpinnya bisa menjadi salah satu dari negara-negara maju.

Cadangan devisa milik Singapura berada di peringkat kesembilan terbanyak di dunia. Menjadi pelabuhan tersibuk yang disinggahi banyak muatan dari lebih dari 1 benua. Tidak mengherankan pendapatannya dari ekspor pun kian melejit.

Singapura juga menjadi domisili ekspatriat perusahaan-perusahaan besar karena iklim ekonominya yang sehat. Saat ini Singapura memiliki pendapatan perkapita mencapai USD66.176 atau setara Rp1 miliar serta PDB perkapitanga sebanyak USD72,76 juta atau senilai Rp1,1 triliun rupiah.

2. Hongkong

Hong Kong pada hakikatnya merupakan wilayah administrasi khusus yang menjadi bagian dari negara China. Dari perspektif sistem pemerintahan, Hong Kong menganut prinsip “one country-two systems” yang menegaskan posisinya sebagai bagian dari China, sehingga tidak memiliki kewenangan perihal kebijakan luar negeri dan pertahanan-keamanan.

Letaknya yang strategis sebagai pelabuhan laut dan dilintasi oleh penerbangan dari berbagai negara membuat Hong Kong menjadi destinasi yang sangat menarik, baik dari perspektif ekonomi, perdagangan dan investasi, maupun sebagai tempat tujuan wisata. Hong Kong juga memiliki fasilitas dan kelengkapan pelabuhan udara dan laut yang masuk dalam kategori terbaik di dunia.

Pendapatan per kapita Hong Kong yaitu USD62.510 atau setara Rp950 juta dan PDB perkapitanya adalah USD49,8 juta atau senilai Rp757,5 miliar.

3. Jepang

Jepang negara maju  memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia, setelah mencapai pertumbuhan yang luar biasa pada paruh kedua abad ke-20 setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Kemampuan teknologi Jepang sangatnya maju. Mayoritas barang-barang teknologi dan mobil diekspor dari Jepang. Oleh karena itu, pendapatan per kapita Jepang telah mencapai USD35.278 ribu atau setara Rp536,1 juta dan PDB per kapita USD39,3 juta atau senilai Rp598,1 juta.

4. Korea Selatan

Negara paling selatan di Semenanjung Korea ini adalah sebuah negara di Asia Timur yang berbatasan dengan Korea Utara di daratan. Sementara Laut Jepang mendefinisikan perbatasan timurnya, Laut Kuning membentuk perbatasan baratnya. 51,75 juta orangnya tinggal di Kawasan Ibu Kota Seoul, kota metropolitan terbesar kelima di dunia, dengan sekitar setengahnya. Incheon, Busan, dan Daegu adalah beberapa kota besar lainnya.

Negara ini berhasil mendorong pertumbuhan ekonominya tidak hanya lewat pariwisata, tapi dunia yang berkaitan dengan musik, film, dan serial drama. Seperti yang kita ketahui, industri Kpop sudah tidak asing lagi di dunia ini terlebih para grup band seperti BTS, NCT, Blackpink dan lain sebagainya.

5. Israel

Israel terkenal karena memiliki tingkat harapan hidup hingga kelahiran tertinggi di seluruh dunia. Negara ini memiliki infrastruktur jalan yang sangat canggih dan berteknologi tinggi.

Meskipun termasuk negara kecil, Israel memiliki dampak yang signifikan pada politik dunia.Negara yang mengandalkan ekspor permata asli dan agrikultur ini dikenal dengan ekonominya yang kuat.

Selain itu, negara menjadi salah satu yang memiliki pertahanan militer kuat di seluruh dunia. Teknologi radar, drone tempur dan pengintai, pelindung tank, teknologi luar angkasa, dan teknologi mutakhir lainnya adalah beberapa spesialisasi industri militer Israel. Pendapatan per kapita Israel yaitu USD39.913 atau senilai Rp606,9 juta.

BACA JUGA:  Quartararo Optimis Podium Di MotoGP Thailand Minggu Ini, Trek Lebih Cocok Dengan M1

By Admin