• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

9 Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

9 Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan FleksibilitasStretching menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebelum kamu memulai olahraga. Stretching atau lebih dikenal sebagai peregangan adalah kegiatan meregangkan otot yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh agar tetap lentur, kuat, dan sehat.

Stretching mungkin terlihat sepele, padahal stretching perlu dilakukan secara teratur, seharusnya setiap hari. Anjuran ini hadir karena setelah ditelisik lebih jauh, ternyata stretching memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan stretching? Yuk, simak sembilan manfaat stretching untuk kesehatan tubuh.

9 Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Dengan melakukan stretching secara teratur, kamu dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu sehingga dalam melakukan kegiatan sehari-hari akan terasa jauh lebih enteng.

Selain itu, fleksibilitas tubuh pun menjadi salah satu hal yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Fleksibilitas tubuh yang meningkat pun akan membantu kamu menunda mobilitas berkurang yang dapat menyertai penuaan.

2. Meningkatkan jangkauan gerak

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tidak berbeda jauh dengan poin sebelumnya, stretching dapat membuat kamu memiliki jangkauan gerak, yaitu suatu kemampuan untuk menggerakan sendi sehingga dapat meningkatkan rentang gerak.

Peregangan statis maupun dinamis dianggap efektif untuk meningkatkan rentang gerak. Namun, meski begitu, peregangan tipe prioseptif neuromuskular facilitation (PNF), dimana seseorang meregangkan otot hingga batasnya, dianggap jauh lebih efektif.

3. Meningkatkan kinerja dalam aktivitas fisik
9 Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Stretching atau peregangan untuk otot-otot tubuh dapat membantu meningkatkan kinerja dalam melakukan aktivitas fisik karena sebelumnya otot telah dipersiapkan untuk kegiatan tersebut.

Selain itu, stretching dapat membantu juga meningkatkan kinerja da

lam melakukan suatu kegiatan atau olahraga atletik.

4. Meningkatkan aliran darah ke otot

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Manfaat stretching selanjutnya adalah dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Jika kamu melakukan peregangan secara rutin, maka sirkulasi darah dalam tubuh kamu akan meningkat, khususnya aliran darah ke otot.

Melakukan stretching secara rutin juga akan membantu mempersingkat pemulihan serta membantu mengurangi nyeri otot.

5. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Jika kamu tidak rutin melakukan stretching, maka akan mengakibatkan otot tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini akan membuat postur tubuh kamu menjadi buruk.

Kombinasi antara penguatan dan peregangan kelompok otot akan dapat mengurangi nyeri muskuloskeletal. Selain itu, stretching juga akan mendorong keselarasan yang tepat sehingga dapat memperbaiki postur tubuh.

6. Membantu menyembuhkan dan mencegah sakit punggung

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Sakit punggung ternyata dapat dicegah apabila kamu melakukan stretching dengan rutin. Otot yang tegang karena jarang melakukan peregangan akan menyebabkan penurunan rentang gerak. Saat hal ini terjadi, kemungkinan ketegangan otot-otot di punggung akan semakin meningkat.

Stretching dengan konsisten akan membantu menangani hal ini karena peregangan dengan rutin akan membantu mencegah nyeri punggung di masa mendatang dengan memperkuat otot punggung dan juga mengurangi risiko ketegangan otot.

7. Menghilangkan stress

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan FleksibilitasTernyata stretching dapat menghilangkan stress juga. Bagi kamu yang kerap kali merasa stress, kamu dapat mengecek apakah otot kamu dalam posisi tegang? Karena jika otot cenderung menegang, hal itu adalah sebuah respons terhadap stres fisik dan emosional.

Kamu bisa fokus melakukan peregangan pada bagian-bagian yang cenderung menahan stress tersebut. Beberapa bagian biasanya terletak di leher, bahu, ataupun punggung bagian atas.

8. Menenangkan pikiran

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Manfaat stretching selanjutnya adalah dapat menenangkan pikiran. Kamu bisa mulai stretching secara teratur sehingga kamu bisa merasakan manfaat yang satu ini.

Ketika melakukan peregangan, kamu dapat fokus pada latihan kesadaran serta meditasi. Pada akhirnya, hal ini akan membuat pikiran kamu beristirahat sejenak dan menjadi jauh lebih tenang.

9. Membantu mengurangi sakit kepala tegang
9 Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat Stretching Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Stretching juga dapat membantu mengurangi sakit kepala tegang yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa hal yang bisa membantu mengurangi sakit kepala tegang adalah diet yang tepat, hidrasi yang cukup, banyak istirahat serta lakukan stretching secara rutin.

Nah, itu tadi merupakan sembilan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan stretching. Jangan lupa untuk lakukan stretching juga ya biar kamu bisa langsung merasakan manfaatnya sendiri.

By Admin