• Ming. Jun 16th, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

9 Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar DIY Masker Wajah

9 Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar DIY Masker Wajah

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Tomat biasanya jadi bahan makanan untuk beberapa menu masakan hingga bisa dibuat sebagai jus. Tomat adalah makanan super padat nutrisi dan telah terbukti menjadi buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit bila dikonsumsi maupun digunakan langsung ke kulit.

Dapat mengembalikan kesehatan kulit seperti memperbaiki jaringan kulit serta memberi cahaya alami, tomat mengandung banyak likopen dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Tomat juga memiliki sifat asam dan astringen yang juga baik untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Punya banyak manfaat untuk kulit, ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mengaplikasikan masker wajah dengan bahan dasar tomat. Biar kamu nggak penasaran, langsung simak artikel di bawah ini yuk!
9 Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar DIY Masker Wajah

1. Melembapkan kulit

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Tomat membantu mengurangi minyak pada kulit, tetapi tidak mempengaruhi minyak alami yang dibutuhkan untuk kulit. Faktanya, tomat sangat menyeimbangkan kelembapan yang dibutuhkan kulit, jadi bahkan jika kamu memiliki kulit yang relatif kering, menggunakan tomat di wajah dapat menghidrasi dan membuatnya bercahaya alami.

2. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Jika kamu berada di lingkungan yang tercemar terutama jika kamu tinggal di kota metropolitan, mungkin saja kulitmu akan menyerap banyak kotoran dan minyak setiap kali berada di luar rumah. Hal ini tentu membuat kulit menjadi tidak rata, dan kotoran menyumbat pori-pori.

Tidak mudah untuk menghilangkan ini hanya dengan pembersihan biasa, kamu tentu harus melakukan eksfoliasi kulit dengan benar. Tomat penuh dengan enzim yang menjadikannya bagus sebagai exfoliator yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Kamu bahkan tidak perlu khawatir jika memiliki kulit sensitif, karena tomat ringan di kulit.

3. Mengurangi minyak pada kulit
9 Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar DIY Masker Wajah

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Salah satu manfaat terbesar tomat untuk perawatan kulit adalah dapat mengurangi sifat minyak pada wajah. Kulit berminyak bisa sangat mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan. Bahkan riasan  tidak tahan dengan semua minyak yang menghambatnya.

Menggunakan tomat sebagai masker wajah bisa kamu lakukan dengan potong tomat menjadi dua bagian, ambil satu bagian dan gosokkan secara menyeluruh pada wajah dan bilas dengan air setelah 10-15 menit untuk mendapatkan kulit yang halus dan bebas minyak.

4. Mencegah jerawat

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Jerawat adalah kondisi yang sangat umum pada orang-orang di berbagai kelompok umur. Biasanya disebabkan oleh kotoran atau bakteri yang terperangkap di kulit atau bahkan minyak yang menempel di pori-pori.

Tomat mengandung vitamin A, C, dan K, dan juga memiliki sifat asam yang membantu menjaga tingkat pH yang tepat untuk kulit dan memiliki sifat pembersihan mendalam. Menggunakan tomat mungkin tidak cukup untuk menyembuhkan akar penyebab jerawat jika sudah dalam keadaan parah, tetapi itu tomat membantu meminimalkannya dan mencegah berjerawat.

5. Mengencangkan pori-pori

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Ketika memiliki pori-pori besar dan terbuka, hal ini dapat berfungsi sebagai penarik hal-hal seperti kotoran, debu, dan polusi, pada dasarnya semua yang tidak diinginkan pada kulit. Ketika polutan ini bercampur dengan minyak alami pada kulit, hal ini tentu dapat menyebabkan jerawat. Tomat bekerja sebagai obat alami untuk mengecilkan pori-pori dan bahkan mengecilkan tampilannya.

6. Menunda penuaan

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Tinggal di kota dengan tingkat polusi yang tinggi dapat menghambat kesehatan kulit dalam berbagai cara. Selain membuat kulit terlihat kusam dan tidak bernyawa, hal ini juga dapat menyebabkan penuaan dini. Meskipun tetap terhidrasi dan makan sehat itu penting, menggunakan produk dan bahan yang melawan tanda-tanda penuaan juga sama pentingnya.

Tomat sangat kaya akan Vitamin B. Vitamin B dan kompleksnya memiliki sifat anti-penuaan dan sangat membantu dalam melawan tanda-tanda yang terlihat, dan mengembalikan keremajaan kulit. Tomat dikemas dengan vitamin B kompleks yang memerangi tanda-tanda awal penuaan.

7. Membuat kulit bercahaya

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Semua orang menginginkan kulit bercahaya dan awet muda yang kadang-kadang hampir mustahil untuk dicapai. Menggunakan tomat di wajah dapat membantu dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberi struktur pada kulit. Ini membuat kulit  memiliki tekstur yang jernih dan membuatnya tetap lembut dan bercahaya bahkan saat  mulai menua.

8. Menenangkan kulit yang iritasi
9 Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar DIY Masker Wajah

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Banyak orang memiliki kulit yang sangat sensitif, dan sangat mudah bagi kulit sensitif untuk bereaksi negatif terhadap produk makeup atau perawatan kulit tertentu. Ini biasanya karena satu atau lebih bahan di dalamnya yang mungkin tidak cocok dengan kulit. Tomat memiliki sejumlah senyawa anti-inflamasi di dalamnya seperti beta karoten, lutein, vitamin C dan E, yang membantu menenangkan kulit.

9. Mengobati kulit terbakar matahari

Manfaat Buah Tomat sebagai Bahan Dasar Terkadang sebanyak apa pun kita melakukan usaha pada kulit untuk melindunginya dari sinar matahari namun tetap saja masih bisa mengalami sunburn. Sunburn bisa sangat menyusahkan, mereka meninggalkan begitu banyak kemerahan pada kulit, memanaskan kulit, dan dapat menyebabkan ruam yang sangat gatal.

Banyaknya vitamin A dan C yang ada dalam tomat. Tomat dapat mengurangi efek sengatan matahari pada kulit. Ini menenangkan kulit dan menghilangkan kemerahan pada kulit.

DIjamin aman dan efektif untuk kulit wajah, tomat juga mudah untuk didapatkan, lho. Baik dikonsumsi sebagai makanan atau minuman serta dijadikan sebagai bahan masker DIY, tomat baik untuk kesehatan kulit dari dalam maupun dari luar.

By Admin