• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

5 Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual, Bagus untuk Otak!

ByAdmin

Mar 17, 2023
5 Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual, Bagus untuk Otak!

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Multilingual atau multibahasa adalah istilah bagi mereka yang menguasai dua bahasa atau lebih. Konteksnya merujuk pada penggunaan bahasa yang ada di seluruh dunia.

Orang yang memiliki kemampuan multilingual ini sangat beruntung karena hal tersebut memiliki banyak manfaat. Lantas, apa saja ya manfaatnya? Yuk, intip lewat ulasan di bawah ini!
5 Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual, Bagus untuk Otak!

1. Memperlambat penurunan kognitif

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Selain otot, otak juga memerlukan latihan. Salah satu cara untuk melatih otakmu adalah melalui pembelajaran bahasa. Ketika mempelajari bahasa baru, kamu tidak hanya menjaga otakmu tetap aktif, tetapi juga meningkatkan jumlah koneksi saraf yang terbentuk, serta meningkatkan kemampuan berpikir dan memorimu.

Semakin banyak otak aktif, maka otakmu juga akan semakin berkembang. Hal ini juga membantu memperlambat proses penuaan otak yang mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan kognitif awal.

2. Meningkatkan pengambilan keputusan

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Dilansir Mondly, sebuah studi Universitas Chicago menemukan bahwa proses pengambilan keputusan lebih mudah bagi orang-orang multilingual. Ini karena seorang pembelajar bahasa harus mempelajari aturan dan kosakata bahasa baru. Mereka juga harus mempelajari intonasi, suara dan ekspresi regionalnya.

Pembelajar bahasa harus terus menerus menilai kesesuaian dan makna tersembunyi dalam suatu kata atau kalimat. Hasilnya, orang multilingual lebih percaya diri dalam pilihan pengambilan keputusan dan tidak hanya dalam penggunaan bahasa mereka, tetapi di seluruh bidang kehidupan mereka.

Hal tersebut karena orang multilingual lebih mampu menangkap intonasi suara, arti, dan ekspresi dalam situasi tertentu serta bagaimana cara berbicara. Oleh sebab itu, orang multilingual mungkin terlibat dalam pengambilan keputusan yang lebih rasional.

3. Meningkatkan bahasa pertama
5 Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual, Bagus untuk Otak!

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Mempelajari bahasa baru sebenarnya mempertajam pengetahuanmu tentang bahasa utamamu, dengan membuatmu lebih sadar akan aturan dan seluk-beluknya. Ketika istilah-istilah seperti konjungsi, tata bahasa, dan struktur kalimat menjadi frasa sehari-hari saat mempelajari bahasa baru, kamu mulai menerapkan istilah-istilah ini ke bahasa utama dan memikirkan struktur dasar bahasamu. “Kami tidak akan pernah bisa memahami satu bahasa sampai kamu memahami setidaknya dua bahasa,” ujar seorang penulis, Geoffrey Willans, dilansir Mondly. Dengan apresiasi dan pengetahuan yang lebih baik tentang bahasa pertama, kamu bisa menjadi penulis, pembicara, dan komunikator yang lebih baik. Penutur bahasa juga mengembangkan telinga yang lebih baik untuk mendengarkan, karena mereka terampil dalam membedakan makna dari suara yang berbeda.

4. Meningkatkan multitasking dan fokus

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Bertahun-tahun beralih di antara bahasa-bahasa yang berbeda mempersenjatai orang-orang multilingual dengan ketangkasan mental yang dibutuhkan untuk menjadi multi-tasker yang sangat baik. Saat mempelajari dan mempraktikkan bahasa baru, belahan otak kiri dan kanan bekerja bersama. Ini berarti bahwa otak multilingual secara konstan menyulap dan berganti-ganti bahasa, atau dikenal sebagai code-switching. “Orang dwibahasa adalah juggler alami,” jelas ilmuwan Viorica Marian, Ph.D., ketua departemen ilmu dan gangguan komunikasi di Northwestern University, dilansir Multilingual Connections.

Mempelajari bahasa lain tidak hanya membantu keterampilan multitasking, tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmu. Saat kamu mempelajari bahasa baru, otak ditantang untuk tetap fokus dan hal itu membuat otak berfungsi lebih baik.

5. Kesadaran secara global dan budaya
5 Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual, Bagus untuk Otak!

Manfaat Menjadi Orang yang Multilingual Bahasa adalah salah satu hal yang paling penting dan kuat di dunia. Sebab, hal tersebut bisa membantu menyampaikan pikiran, emosi, dan segala sesuatu di antaranya. Semakin banyak bahasa yang kamu pelajari, semakin banyak kamu terpapar pada budaya yang berbeda di sekitarmu.

Hasilnya, kamu menjadi orang yang berpikiran lebih terbuka. Kamu mulai melihat berbagai hal dengan cara berbeda yang tidak pernah kamu bayangkan. Kamu menjadi pengamat yang lebih sadar akan lingkungan sekitar dan memahami bagaimana dan mengapa segala sesuatunya seperti itu.

Itu dia manfaat yang bisa kamu rasakan saat menjadi orang yang bisa dua atau lebih bahasa, atau biasa disebut multilingual. Tertarik mempelajari bahasa lain selain bahasa pertamamu?

By Admin