• Ming. Apr 2nd, 2023

5 Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Agar Subur dan Rimbun

5 Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Agar Subur dan Rimbun

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Semenjak adanya covid-19, sebagian orang ada yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Sehingga, mereka lebih banyak waktu luang saat berada di rumah. Karena itulah, banyak orang yang mengisi waktu luang mereka dengan merawat tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang banyak diminati adalah tanaman jenis Monstera Adansonii atau yang lebih dikenal dengan nama Janda Bolong.

Tanaman jenis ini banyak diminati penggemar tanaman hias, karena memiliki daun yang berlubang-lubang bahkan ada juga yang daunnya berwarna belang. Tak heran, jika tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan harganya mencapai ratusan juta. Selain bentuk daunnya yang unik, merawat tanaman monstera adansonii juga sangat mudah, loh.

Namun, jangan karena cara merawatnya yang mudah sehingga kamu bisa sembarangan saat merawat tanaman jenis ini. Meski begitu, tak ada salahnya jika kamu mempelajari lebih dalam cara merawat tanaman monstera adansonii yang benar. Ingin tahu bagaimana cara merawat tanaman hias yang benar? Yuk, simak cara merawat tanaman monstera adansonii agar tumbuh subur dan rimbun di bawah ini.
5 Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Agar Subur dan Rimbun

1. Memperhatikan penggunaan media tanam

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan media tanamnya. Sebaiknya, selalu perhatikan kondisi media tanam, baik pada saat awal menanam atau ketika melakukan perawatan. Kamu harus ingat, jika tanaman monstera adansonii merupakan tanaman jenis merambat. Maka dari itu, sudah semestinya kamu memilih tanah yang tepat untuk media tanamnya.

Saat menanam monstera adansonii, kamu harus menggunakan empat campuran media tanam, yakni sekam bakar, kompos, pupuk kandang, dan tanah liat dengan perbandingan 1:1, hal tersebut dilakukan untuk membantu pertumbuhan tanaman ini dengan maksimal.

2. Menyiram secara rutin

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Bagian ini sangatlah penting bagi semua jenis tanaman, termasuk tanaman jenis monstera adansonii ini yang memerlukan air yang cukup agar media tanamnya tidak kering yang menyebabkan tanaman menjadi layu. Meski begitu, jangan terlalu banyak takaran airnya saat menyiramnya, ya. Jika, kelebihan atau menyiram terlalu banyak akan menyebabkan tanah menjadi cepat lembap yang dapat menyebabkan akar mengalami pembusukan.

Maka dari itu, pastikan kamu menyiramnya dengan rutin atau sebanyak dua kali sehari. Perlu diingat, jangan menyiram pada saat siang hari, ya! Karena, hal tersebut dapat mengganggu fotosintesis, jadi kamu bisa menyiramnya saat pagi dan sore hari.

3. Memberi pupuk secara berkala
5 Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Agar Subur dan Rimbun

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Bila, kamu ingin tanaman hias yang kamu rawat tumbuh dengan baik, sebaiknya berikan nutrisi tambahan. Untuk memberikan nutrisi tambahan, kamu bisa memberinya pupuk. Pemberian pupuk bagi tanaman sangatlah penting untuk pertumbuhannya, tetapi jangan terlalu sering diberikan, ya! Kamu, bisa memberinya pupuk pada saat pertama menanam tanaman hiasmu sebagai pupuk dasar.

Jika, tanaman hiasmu sudah tumbuh besar, berikan pupuk lanjutan. Untuk waktu pemberian pupuknya, berikan selama 1 bulan sekali agar nutrisi yang diterima tanaman hias seimbang. Memberikan pupuk yang terbaik dan seimbang yaitu dengan kekuatan setengah menggunakan rasio NPK 20-20-20. Bila, tanaman hiasmu tanpa penambahan pupuk akan menyebabkan daun cenderung menguning, hal tersebut dikarenakan tanaman kekurangan nutrisi.

4. Hindari terkena sinar matahari langsung

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Salah satu penyebab daun monstera adansonii berubah berwarna kuning adalah karena menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut, sangat tidak disarankan untuk tanaman hiasmu, karena dapat menyebabkan tanaman hias menjadi layu dan menguning, bahkan tanahnya juga menjadi kering.

Letakkan tanaman monstera adansonii di tempat teduh atau di bawah pohon yang rindang. Kamu, juga bisa menempatkan tanaman hiasmu di dalam ruangan, loh! Namun, tetap berikan sinar matahari, ya, kamu bisa meletakkannya di dekat jendela.

5. Sediakan tempat untuk merambat
5 Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Agar Subur dan Rimbun

Cara Merawat Tanaman Monstera Adansonii Tanaman monstera adansonii tergolong tanaman jenis merambat, sehingga kamu perlu menyediakan tempat untuk merambat dengan baik. Kamu, dapat merambatkannya ke dasar tembok dengan mendekatkan monstera adansonii yang sudah ada di dalam pot ke sebelah dinding. Dijamin, deh, rumahmu akan terlihat indah dan asri.

Namun, bila kamu menanam monstera adansonii di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan tongkat turus yang khusus untuk tanaman merambat seperti monstera adansonii, lalu letakkan di ruang yang terkena sinar matahari.

Nah, itulah cara merawat yang baik dan benar untuk tanaman monstera adansonii atau janda bolong. Cara merawatnya sangat mudah dilakukan, bukan? Meski begitu, jangan disepelekan, ya, tetap perhatikan cara merawatnya agar tanaman monstera-mu dapat tumbuh dengan baik.