• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

5 Manfaat Kesehatan dari Okra Merah, Bermanfaat untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Kesehatan dari Okra Merah, Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah akhir-akhir ini sangat terkenal karena manfaatnya yang luar biasa. Selain okra hijau yang banyak kamu lihat di pasaran, ada juga okra merah. Okra merah berbentuk seperti torpedo dan panjangnya dua sampai lima inci.

Okra merah memiliki rasa dan tekstur yang unik karena rasanya agak mirip terong dan asparagus. Saat okra merah matang, warna merahnya akan hilang dan polongnya akan berubah menjadi hijau.

Okra merah adalah sumber vitamin C, vitamin A, folacin, magnesium, potasium, dan kalsium yang baik. Banyak juga manfaat kesehatan okra merah yang mungkin membuat kamu mulai berpikir untuk mengkonsumsinya. Kamu penasaran? Yuk, ketahui!
5 Manfaat Kesehatan dari Okra Merah, Bermanfaat untuk Ibu Hamil

1. Menurunkan gula darah

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah Gula darah merupakan salah satu faktor penting yang harus kita jaga agar selalu dalam keadaan sehat. Seperti yang kita ketahui, gula darah tinggi dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Ada penelitian yang dilakukan pada tikus untuk mengetahui dampak dari memakan okra. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi okra merah atau ekstrak okra dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ada juga penelitian lain yang menemukan bahwa tikus yang diberi gula cair dan okra murni mengalami lebih sedikit lonjakan gula darah dibandingkan hewan lain dalam kelompok kontrol.

Namun, ada peringatan untuk mengonsumsi okra bagi penderita diabetes. Okra dapat mengganggu beberapa obat diabetes, seperti metformin. Tidak disarankan bagi orang yang mengonsumsi obat ini untuk mengonsumsi okra.

2. Kaya nutrisi, tapi rendah kalori

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah Okra merah memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Dalam secangkir okra merah, terdapat 33 kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, 3 gram serat, 14 persen dari nilai harian magnesium, 15 persen dari nilai dari vitamin A, 26 persen dari nilai harian vitamin C, 26 persen dari nilai harian vitamin K, dan 14 persen dari nilai harian vitamin B6.

Selain itu, okra merah rendah kalori dan karbohidrat serta mengandung beberapa protein dan serat. Inilah yang membuat okra merah unik karena banyak buah dan sayur yang kekurangan protein. Mengonsumsi okra merah dalam jumlah cukup juga b

3. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
5 Manfaat Kesehatan dari Okra Merah, Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol yang tinggi. Kabar baiknya adalah makan okra merah dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Hal ini disebabkan karena okra merah mengandung zat kental seperti gel yang disebut mucilage. Zat ini membantu mengikat kolesterol selama proses pencernaan sehingga akan dikeluarkan bersama feses alih-alih terserap ke dalam tubuh. Dilansir WebMD, okra juga memiliki polifenol yang dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke dengan mencegah penggumpalan darah dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

4. Baik untuk ibu hamil

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah Ibu hamil perlu memiliki kontrol yang baik terhadap apa yang dikonsumsi. Mereka harus memasukkan folat ke dalam makanan mereka, yang sangat penting untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf memengaruhi otak dan tulang belakang janin yang sedang berkembang.

Dilansir Specialty Produce, folat ekstra yang disediakan oleh sayuran ini bermanfaat bagi wanita hamil. Dalam 1 cangkir okra (100 gram), terdapat 15 persen kebutuhan harian perempuan akan nutrisi ini. Dianjurkan bagi semua perempuan usia subur untuk mengonsumsi 400 mcg folat setiap hari.

5. Sumber antioksidan yang melindungi tubuh

Manfaat Kesehatan dari Okra Merah Antioksidan adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan yang membantu menangkis kerusakan dari molekul berbahaya, yang dikenal sebagai radikal bebas. Uniknya, okra merah kaya akan banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatanmu.

Dilansir Power of Greens, warna merah tanaman ini karena kandungan antosianin dan fenoliknya, yang memberikan sifat antioksidan. Okra merah memang mengandung antioksidan, seperti capsaicin dan alkaloid yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya polifenol dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena menurunkan risiko pembekuan darah dan kerusakan oksidatif. Selain itu, polifenol juga bermanfaat bagi kesehatan otak karena dapat masuk ke otakmu dan melindungi dari infeksi.

Okra merah sangat bergizi karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Okra merah mengandung nutrisi yang kaya, seperti magnesium, folat, vitamin, antioksidan, dan serat. Sudahkah kamu mempertimbangkan untuk memilikinya di rumah?

By Admin