• Rab. Jul 24th, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

Mengenal 5 Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice, Tahu?

Mengenal 5 Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice, Tahu?

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Dilansir Education Cornerretrieval practice adalah teknik belajar yang berfokus untuk mengingat materi yang dipelajari berulang kali, tanpa melihat catatan. Ada beberapa alat yang bisa digunakan dalam teknik ini, yaitu flashcard, peta konsep, kuis, worksheet, dan lain-lain.

Retrieval practice bagus untuk mengidentifikasi konsep atau materi yang dirasa menyulitkan dalam belajar. Teknik ini juga cocok mendorong ingatan jangka panjang daripada hanya hafalan saja. Nah, berikut manfaat lain dari retrieval practice yang bisa kamu coba untuk membantu proses belajarmu. Simak sampai akhir, ya!
Mengenal 5 Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice, Tahu?

1. Mengetahui kelemahan materi saat belajar

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Menggunakan teknik retrieval practice dapat membantu kamu mengetahui titik lemah dalam sesi belajarmu. Misalnya, sudah membaca materi di buku catatan, tetapi saat mencoba menjelaskan konsep tersebut secara lisan ternyata kamu masih belum terlalu menguasainya.

Dari sini kamu bisa tahu bahwa masih ada kekurangan dalam memahami materi belajar. Retrieval practice bisa meningkatkan kemampuan untuk menerapkan materi yang dipelajari ke dalam situasi atau permasalahan yang berbeda.

 

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Retrieval practice adalah cara belajar secara aktif yang membutuhkan banyak kemampuan kognitif. Dengan mengikuti teknik belajar ini, kamu bisa mengeksplorasi dan berpikir lebih mendalam tentang materi yang ingin dipelajari.

Dalam retrieval practice, kamu diminta menggabungkan setiap informasi dalam setiap materi, lalu menarik kesimpulan penting. Cara ini bermanfaat agar pemahamanmu gak sekadar jangka pendek saja.

3. Belajar menjadi lebih efisien dan maksimal menggunakan kuis
Mengenal 5 Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice, Tahu?

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Salah satu alat dalam retrieval practice adalah menggunakan kuis untuk membantu mengidentifikasi apa yang belum dipahami. Dari kuis ini bisa dijadikan tolak ukur untuk mengetahui seberapa baik pemahamanmu tentang materi tertentu.

4. Membantu meningkatkan ingatan materi dalam situasi apa pun

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Fokus perhatian saat belajar mungkin bisa terganggu saat kamu sedang cemas atau stres. Gak perlu khawatir, dengan retrieval practice kamu bisa lebih fokus dan mengingat informasi penting dari setiap materi yang dipelajari..

5. Memudahkan belajar materi-materi baru
Mengenal 5 Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice, Tahu?

Manfaat Belajar dengan Teknik Retrieval Practice Semakin sering menggunakan konsep retrieval practice dalam belajar, semakin terbiasa pula kamu belajar memahami banyak materi. Retrieval practice sendiri pada dasarnya adalah mengingat materi dengan beragam metode menarik agar kamu memiliki pemahaman dan ingatan jangka panjang.

Cara ini juga berguna sebagai landasan untuk pembelajaran materi-materi baru di kemudian hari. Secara keseluruhan, retrieval practice merupakan strategi belajar yang lebih efisien dengan beragam manfaat.

Retrieval practice bisa membantu belajarmu dengan berbagai cara, mulai dari mengidentifikasi kelemahan belajar hingga meningkatkan ingatan jangka panjang terhadap materi yang dipelajari. Semoga ulasan mengenai retrieval practice ini bisa dijadikan pilihan teknik pembelajaranmu, ya!

By Admin