• Ming. Jul 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

10 Keutamaan Dzikir Setelah Sholat, Jalan Masuk Surga

10 Keutamaan Dzikir Setelah Sholat, Jalan Masuk Surga

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Setelah ibadah sholat wajib, ada baiknya kamu melanjutkannya dengan berdzikir. Pasalnya, keutamaan dzikir setelah sholat memiliki ganjaran yang sangat besar.

Selain itu, berdzikir setelah menunaikan sholat wajib merupakan salah satu amalan yang paling baik sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Yuk, simak manfaat dan keutamaan dzikir setelah sholat wajib di bawah ini!
10 Keutamaan Dzikir Setelah Sholat, Jalan Masuk Surga

1. Mendapatkan ampunan dan pahala yang besar

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Menyempatkan waktu untuk berdzikir setelah menunaikan sholat wajib dapat memberikan ampunan serta pahala yang besar bagi siapa pun yang menjalankannya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT pada Quran Surat Al-Ahzab ayat 35. “Pria dan wanita yg berpuasa, pria dan wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar” (QS Al-Ahzab: 35)

2. Menjadi jalan untuk masuk ke surga

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, dikatakan bahwa siapa pun yang berdzikir, baik di siang hari maupun malam hari, termasuk penghuni surga. Berikut ini bunyi hadis tersebut: “Barang siapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh keyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelum sore hari, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga. Dan barang siapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga.” (HR. Bukhari)

3. Diampuni seluruh dosa-dosanya
10 Keutamaan Dzikir Setelah Sholat, Jalan Masuk Surga

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Selain merujuk pada firman Allah SWT, keutaamaan dzikir setelah sholat juga dapat menghapus dosa, seperti yang diterangkan dalam hadis riwayat Muslim. Adapun bunyi hadis tersebut antara lain: “Barang siapa yang membaca dzikir Subhanallah di setiap sholat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim)

4. Memberikan ketenangan hati

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Terdapat banyak sekali pendapat yang menerangkan bahwa berdzikir dapat mendatangkan ketenangan hati. Bahkan, hal ini juga dijelaskan dalam Quran Surat Al-Ra’ad ayat 28: “(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Al-Ra’ad: 28).

5. Melembutkan hati
10 Keutamaan Dzikir Setelah Sholat, Jalan Masuk Surga

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Saat menjalani aktivitas sehari-hari, kita pasti selalu terlibat dengan dosa dan maksiat. Hal itulah yang dapat membuat hati kita makin keras dan tidak tenang.

Nah, salah satu cara untuk melembutkan dan membersihkan hati adalah dengan berdzikir, sesuai dengan yang tercantum dalam surah Al-Anfal ayat 45 yang berbunyi, Ya ayyuhallazina amanu iza laqitum fi`atan fasbutu wazkurullaha kasiral la’allakum tuflihun

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman. Apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

Sebab, berdasarkan Quran Surat Al-Anfal, disebutkan bahwa berdzikir dapat melembutkan hati sehingga menjauhkan kita dari perbuatan kotor. Ketika sedang mendapatkan ujian atau permasalahan, cobalah untuk senantiasa berdzikir.

By Admin