• Sab. Mei 18th, 2024

Indahnya 8 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun

ByAdmin

Jan 18, 2023 #tanjung balai

Indahnya 8 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun


 Fida   January 18, 2023   0 Comment

 

Saat berkunjung ke kawasan Tanjung Balai Karimun, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke beberapa tempat wisata yang ditawarkan. Kamu dapat menjumpai berbagai pilihan wisata mulai dari wisata alam berupa pantai dan air terjun, hingga wisata religi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 8 rekomendasi wisata di Tanjung Balai Karimun yang menarik untuk kamu datangi.

1. Pantai Pongkar

pantai pongkar
lifestyle.okezone.com

Salah satu destinasi wisata di Tanjung Balai Karimun yang populer dan direkomendasikan untuk kamu datangi adalah Pantai Pongkar. Sesuai dengan sebutannya, pantai yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Pongkar, Kabupaten Karimun. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami.

Saat berlibur ke Pantai Pongkar, kamu juga dapat sekaligus mengunjungi indahnya Pulau Karimun Anak dan Pulau Tekong Hiu. Karena keindahannya, pantai ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Untuk menyusuri kawasan Pantai Pongkar, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per orang.

baca lainnya : Ini 14 Tempat Wisata di Mexico Menguak Keindahan Asli Amerika Selatan

2. Pantai Pelawan

pantai pelawan
tempatwisata.pro

Destinasi wisata di Tanjung Balai Karimun berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Pantai Pelawan. Pantai yang satu ini terletak di kawasan Kelurahan Pangke, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga, pantai ini menjadi pilihan tepat untuk kamu datangi.

Saat tiba di Pantai Pelawan, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang jernih. Kamu dapat bersantai sembari mendengarkan suara deburan ombak yang keras. Udara sejuk khas pantai juga akan membuatmu betah dan enggan pulang. Bagi pecinta foto, Pantai Pelawan menawarkan cukup banyak spot menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya wisatawan lokal, sampai ini juga banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara. Selain dapat menikmati keindahan pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti adanya restoran hingga resort atau penginapan di dekat pantai. Akses jalan yang mudah dilalui juga menjadikan pantai ini sayang untuk tidak kamu datangi.

baca lainnya : BERKUNJUNG KE ALASKA? SIMAK 5 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI TEMPAT NAN DINGIN TERSEBUT!

3. Air Terjun Pongkar

air terjun pongkar
news.detik.com

Selain pantai, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata di Tanjung Balai Karimun berupa air terjun. Salah satu air terjun yang populer dan dikenal menawarkan pemandangan indah adalah Air Terjun Pongkar. Air terjun yang satu ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Pongkar, tepatnya berada di kaki Gunung Jantan.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus pengunjung harus melakukan tracking selama beberapa menit. Meskipun begitu, tetap banyak pengunjung yang datang dan penasaran dengan indahnya wisata Air Terjun Pongkar. Suasananya yang masih sangat alami menjadikan air terjun ini sangat menarik untuk kamu datangi.

Air Terjun Pongkar menyuguhkan aliran air yang berasal dari gunung sehingga sangat jernih dan segar. Adanya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan alam, tetapi juga dapat mencoba untuk bermain air hingga berenang di kolam bawah air terjun. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

4. Pantai Ketam

tanjung balai
tanjung balai
tribunpekanbarutravel.tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan wisata di tanjung balai Karimun yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Pantai Ketam. Pantai yang satu ini memiliki lokasi yang bersebelahan dengan Pantai Pongkar, tempatnya berada di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Pantai ini diberi sebutan Pantai Ketam karena dulunya merupakan kawasan penangkaran ketam. Meskipun terbilang cukup sederhana jika dibanding dengan pantai lainnya, tapi keindahan serta sejuknya suasana khas pantai tentu akan membuatmu betah. Kamu dapat teman maupun keluarga sembari menikmati keindahan laut. Menarik sekali bukan?

5. Pantai Tanjung Ambat

pantai tanjung ambat
melayupedia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa kawasan Tanjung Balai Karimun didominasi oleh tempat wisata pantai. Pantai Tanjung Ambat menjadi salah satu destinasi wisata di Tanjung Balai Karimun yang banyak didatangi oleh wisatawan. Pantai yang satu ini terletak di kawasan Pulau Buru, Kampung Teluk Dalam, Desa Lubuk Puding, Kecamatan Buru, Karimun.

Lemparan pasir putih yang luas serta indahnya pemandangan pantai tentu akan menyambut kedatangan pengunjung. Lokasinya yang masih sangat alami menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana sejuk dan segar. Selain bersantai, kamu juga dapat mencoba untuk bermain pasir hingga berenang di sekitar pantai. Asik sekali bukan?

6. Pantai Gading

pantai gading
wisatago.com

Tidak kalah indah jika dibanding dengan wisata di Tanjung Balai Karimun lainnya, Pantai Gading juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki tumpukan batu granit di sepanjang garis pantai. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain memiliki bebatuan yang unik, pantai ini juga dikenal dengan adanya tangga yang dikenal cukup misterius bagi warga setempat. Hal itu dikarenakan jumlah anak tangga yang selalu berubah-ubah.

Dibalik cerita tersebut, tidak sedikit wisatawan yang datang karena penasaran dan ingin membuktikan kebenaran pada anak tangga Pantai Gading. Meskipun memiliki cerita misterius, tetapi pemandangan indah khas Pantai Gading juga berhasil memanjakan wisatawan. Jika ingin datang dan menghabiskan waktu berlibur di pantai ini, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun.

7. Masjid Agung Karimun

masjid agung karimun
news.detik.com

Tidak hanya dapat mengunjungi wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi wisata religi saat berada di Tanjung Balai Karimun. Masjid Agung Karimun yang merupakan salah satu wisata religi yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Tidak hanya dengan tujuan beribadah, masjid ini juga banyak didatangi karena arsitekturnya yang indah dan khas.

Karena memiliki lokasi yang luas, maka tidak heran jika masjid ini mampu menampung banyak jamaah maupun wisatawan. Untuk mengunjunginya, kamu dapat datang ke Jalan Jenderal Sudirman – Poros, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

8. Pantai Batu Limau

pantai batu limau
wisato.id

Satu lagi rekomendasi wisata dekat Tanjung Balai Karimun yang wajib kamu datangi yakni Pantai Batu Limau. Pantai yang satu ini menyuguhkan suasana indah dengan pemandangan yang masih sangat alami. Kamu dapat mengunjungi indahnya Pantai Batu Limau di kawasan Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun.

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi wisata di Tanjung Balai Karimun yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang paling populer dan menarik untuk kamu datangi?

By Admin