• Jum. Mei 17th, 2024

BERKUNJUNG KE ALASKA? SIMAK 5 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI TEMPAT NAN DINGIN TERSEBUT!

ByAdmin

Jan 18, 2023 #alaska
alaska

Bro, dengan suasana tempat atau tujuan destinasi yang beriklim dingin tentunya merupakan hal yang menyenangkan bukan? Yaap, kalau lo ingin mencari destinasi liburan lo berikutnya yang memiliki iklim dingin serta dengan bola-bola salju, coba saja untuk berlibur ke Alaska bro. Karena di kawasan tersebut terdapat banyak tempat wisata pilihan yang tentunya sangat menarik. Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi tempat-tempat wisata di Alaska yang patut untuk lo kunjungi.

Alaska merupakan salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Bila dilihat dari luas wilayah, Alaska merupakan negara bagian Amerika Serikat yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Uniknya lagi, Alaska tidak tersambung dengan wilayah daratan Amerika Serikat sehingga negara bagian ini merupakan sebuah eksklave.

[readalso url=18286]

Perlu diketahui juga nih bro, ternyata Alaska sendiri merupakan wilayah yang dibeli oleh pemerintah Amerika Serikat pada zaman dahulu dengan biaya sekitar 7,2 juta dollar Amerika. Nah, buat lo yang ingin berkunjung ke sana, tenang saja karena di bawah ini akan terdapat beberapa pilihan tempat unik yang tentunya terdapat di Alaska dan akan mendatangkan sebuah pengalaman yang sangat menarik bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Tempat Wisata Alaska: Denali National Park & Preserve

Suasana di Denali National Park & Preserve. Credit: ohranger.com

Denali National Park & Preserve terletak di perbatasan wilayah Interior dan Southcentral Alaska, dengan luas sekitar 2,4 juta hektar. Puncak tertinggi di Amerika Utara, Mount McKinley, merupakan pusat taman nasional ini. Vegetasi yang hidup disini antara lain hutan taiga dan tundra. Sedangkan jenis fauna, terdapat sekitar 37 spesies mamalia, seperti moose, karibu, serigala, dan beruang grizzly; serta 130 spesies burung termasuk golden eagle.

Setiap tahun, sekitar 432 ribu wisatawan yang datang ke taman nasional ini. Yang menarik dari Denali adalah terdapat jalan di sepanjang area taman nasional, Denali Park Road, yang memudahkan bagi pengunjung untuk mengelilingi tempat ini dengan bis atau mobil. Di sini juga terdapat 4 camping area: Sanctuary River, Teklanika River, Igloo Creek, danWonder Lake. Dari kota Anchorage maupun Fairbanks Denali dapat diakses melalui George Park Highways atau Alaska Railroad.

Tempat Wisata Alaska: Glacier Bay National Park

Suasana di Glacier National Park. Credit: visitglacierbay.com

Glacier Bay National Park terletak di wilayah Inside Passage & Southeast Alaska. Luas wilayahnya sekitar 1,3 juta hektar. Ekosistem yang ada di sini antara lain tundra basah, tundra Alpine, coastal forest (hutan pantai), gletser dan icefield (padang es). Hewan liar yang hidup di sini diantaranya grizzly bear, black bear, moose, stika black-tailed deer, mountain goat, Dall sheep, serigala, lynx Canada, sea otter, harbor seal, Steller sea lion, Pacific white- sided dolphin, orca, minke whale, humpback whale, bald eagle, gull, waterfowl, dan salmon.

Pusat fasilitas terletak di Barlett Cove, yang menyediakan penginapan, restoran, campground, kayak rental dan tour boat dock. Taman nasional ini hanya dapat dijangkau melalui air travel dan cruise ship dari kota terdekat, Gustavus.

Tempat Wisata Alaska: Kobuk Valley National Park

Suasana di Kobuk Valley National Park. Credit: thegreatestroadtrip.com

Taman nasional ini terkenal dengan bukit pasirnya, Great Kobuk Sand Dunes. Terletak di wilayah Far North, sekitar 40 km di sebelah utara Arctic Circle. Vegetasi yang hidup disini adalah tundra dan boreal forest. Jenis fauna utama antara lain caribou, moose, gray wolf, black bear, brown bear, Dall sheep, serta spesies salmon dan sheefish.

Karena terletak di dalam Artic Circle, selama musim dingin suhu udara di sini bisa mencapai minus derajat Celcius. Aurora borealis juga sering terlihat. Taman nasional ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena sulit dijangkau. Satu-satunya cara untuk sampai ke sini adalah dengan berjalan kaki, menggunakan dogsled atau snowmobile dari kota terdekat, Kotzebue dan Nome.

Tempat Wisata Alaska: Wrangell-St. Elias National Park & Preserve

Suasana di Wrangell-St. Elias National Park & Preserve. Credit: travel.mapquest.com

Wrangell-St. Elias National Park & Preserve merupakan taman nasional terluas di USA dengan luas lebih dari 5,3 juta hektar. Terletak di wilayah Southcentral Alaska, meliputi separuh wilayah pegunungan St. Elias dan seluruh wilayah pegunungan Wrangell, hingga ke perairan Gulf of Alaska.

Berbagai macam vegetasi terdapat di sini seperti: black spruce dan willow di dataran rendah; boreal forest dan taiga di dataran kering; subalpine dan alpine di daerah pegunungan. Hewan yang hidup di sini antara lain Dall sheep, black bear, brown bear, wolverine, beaver, lynx, beberapa spesies ikan di aliran Copper River dan Yukon River, serta berbagai spesies burung seperti ptarmigan dan gray jay. Taman nasional ini bisa diakses melalui highway dari Anchorage. Selama tahun 2011, lebih dari 60 ribu pengunjung datang ke sini.

Tempat Wisata Alaska: Gates of The Arctic National

Suasana di Gates of The Arctic National. Credit: nps.gov

Merupakan taman nasional terluas kedua setelah Wrangell-St. Elias National Park, dengan luas sekitar 3,4 juta hektar. Terletak di wilayah Far North Alaska, dan berbatasan dengan Noatak National Preserve di sebelah timur. Sebagian besar area taman nasional ini merupakan deretan pegunungan Brook Range.

Vegetasi yang ada di sini sebagian besar berupa boreal forest. Hewan yang hidup antara lain moose, brown bear, black bear, Dall sheep, serigala, dan caribou. Untuk menuju ke sini, dari Dalton Highway pengunjung harus berjalan sejauh 8 km dan menyeberangi sungai. Pada akhir Mei hingga awal September, Arctic Interagency Visitor Center di dekat Kota Coldfoot, terbuka dan menyediakan informasi bagi pengunjung yang ingin datang ke sini.

[readalso url=18281]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat wisata yang ada di Alaska? Semoga bisa menjadi panduan pada saat lo berkunjung ke sana yaa bro. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi bro!\

baca lainnya: 6 Useful Tips on How to Rent an Apartment in Jakarta for Expats

By Admin