• Jum. Apr 19th, 2024

Perhatikan 7 Tips Berikut Sebelum Memilih Travel Agent

ByAdmin

Jan 18, 2023 #travel

Travel agent adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa pemesanan terkait sarana wisata dan pengurusan dokumen perjalanan. Pihak travel agent akan memberikan Anda pelayanan maksimal agar perjalanan terjamin nyaman. Oleh karena itu harus mengikuti tips memilih travel agent sebagai berikut!

1. Pastikan Rute Perjalanan

pastikan rute perjalanan
rumah123.com

Hal yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan jasa travel agent yakni memastikan rute perjalanan. Tanpa rencana perjalanan, apa yang mau Anda lakukan dengan tips memilih travel agent? Tentu saja tidak ada. Jadi, pastikan terlebih dahulu tujuan perjalanan yang akan dilakukan, lalu pikirkan rute pilihan Anda.

Penyedia jasa travel agent biasanya menyediakan tour leader dan tour guide yang akan membantu memberikan bimbingan kepada klien. Apabila Anda sudah tahu ingin mengambil rute perjalanan mana untuk bepergian tentu akan lebih mudah. Hal itu dapat membuat Anda memperkirakan waktu dan jarak yang akan ditempuh selama perjalanan.

Hindari memilih travel agent yang memberikan penawaran wisata ke lokasi terpencil dengan jumlah pengunjung rendah. Meskipun destinasi wisata seperti ini biasanya masih sangat alami, tapi Anda perlu menghindari apalagi Anda hanya melakukan perjalanan seorang diri atau berdua saja.

Indahnya 8 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun

2. Jangan Terlena Harga Ekonomis

jangan terlena harga ekonomis
review.bukalapak.com

Tips memilih travel agent selanjutnya. Ada banyak penawaran yang dilakukan oleh para agen perjalanan demi menarik minat calon klien. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga ekonomis setiap perjalanan. Namun Anda perlu berhati-hati karena tidak sema harga ekonomi yang ditawarkan itu menjamin kenyaman dan keamanan.

Pastikan Anda memilih travel agent yang lebih mengutamakan kualitas dan profesionalitasnya dibandingkan penawaran harga ekonomis. Tidak masalah selama perjalanan Anda terjamin dengan kenyamanan meskipun harganya lebih tinggi sedikit dibandingkan penawaran harga ekonomis dari travel lainnya.

Travel agent dengan penawaran harga ekonomis juga bukan berarti salah, hanya saja ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan seperti kualitas dan kenyamanan perjalanan. Apalagi harga BBM mengalami kenaikan yang signifikan sehingga perlu diwaspadai apabila ada penawaran di bawah harga standar.

3. Travel Agent Profesional

travel agent profesional
travel.okezone.com

Tingkat profesionalitas sebuah travel agent dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan. Mengapa perlu untuk tips memilih travel agent profesional? Pasalnya apabila Anda memilih travel agent yang tidak profesional akan menghasilkan pengalaman berlibur yang buruk. Meskipun tidak semua travel agent profesional dapat memberikan kenyamanan bagi kliennya, tapi setidaknya Anda sudah mencoba memilih agen yang tepat.

Agen perjalanan yang profesional mampu menjelaskan tentang lokasi tujuan Anda dengan lugas sehingga mudah dipahami dan jelas. Mereka juga akan membangun hubungan yang baik dengan klien agar dapat berkomunikasi senyaman mungkin.

Anda bisa menemukan travel agent Indonesia yang profesional dengan menanyakan rekomendasi kepada teman, rekan kerja, saudara atau website resmi. Jangan lupa untuk mencari tahu mengenai legalitas travel agent pilihan Anda sebelum menjalin kesepakatan.

Bukankah perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan apabila Anda mempercayai travel agen yang tepat? Jadi, cobalah untuk berpikir lebih logis saat memilih jasa travel agent. Itulah fungsi dari tips memilih travel agen.

4. Hindari Promo Bodong

hindari promo bodong
finance.detik.com

Travel agent memang sering mengadakan event promo bagi calon kliennya. Hal itu bertujuan agar para klien merasa lebih tertarik untuk berlangganan dengan travel tersebut. Biasanya promo yang diadakan cenderung pada jenis tawaran harga terjangkau.

Seperti yang diketahui bahwa masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia memang lebih tertarik dengan harga promo. Namun Anda perlu waspada dan jangan gegabah dalam menentukan pilihan. Pastikan Anda tahu paket yang tersedia sebelum memilih. Lalu coba untuk menghitung secara kasar total biaya yang akan dihabiskan.

Apabila total harga yang Anda perkirakan masih wajar maka bisa dipertimbangkan kembali untuk memilih atau tidak paket promo tersebut. Lain halnya jika harga sudah berada pada batas tidak wajar, Anda perlu menghindarinya. Biasanya ada beberapa travel agent yang hanya mengemas kata promo untuk harga paket perjalanan padahal harganya bisa jadi lebih mahal atau murah tapi tidak sesuai kualitas.

5. Pastikan Travel Agent Punya Jaringan Luas

 Tips Memilih Travel Agent
jttc.co.id

Travel agent dengan jaringan yang luas dapat dinilai berkualitas. Pasalnya ada banyak hal yang memudahkan Anda untuk melakukan pemesanan tiket, rental mobil, saranan transportasi dan lainnya. Jasa yang memiliki koneksi luas ini juga bisa dinilai lebih kompeten dibandingkan jasa agen travel lain.

Penilaian kompeten berasal dari banyaknya cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Klien bisa dengan mudah menjangkau kantor wilayah untuk melakukan pendaftaran. Selain itu klien juga akan lebih percaya kepada travel yang memiliki kantor dekat domisilinya.

Klien menilai bahwa travel agen dengan kantor wilayah yang tersebar di seluruh kota tidak mungkin melakukan tindakan penipuan. Oleh karena itu sebagai calon klien, Anda harus mampu memilih travel agent dengan tingkat kredibilitas tinggi. Salah satunya dengan memastikan jaringannya luas dan memiliki kantor cabang.

6. Perhatikan Testimoni Pelanggan

perhatikan testimoni pelanggan
ekonomi.bunghatta.ac.id

Saat ini testimoni pelanggan memang tidak dapat dipercaya sepenuhnya karena ada beberapa jasa yang menggunakan review bayaran dari non klien. Biasanya review bayaran ini dapat dilihat dari website resmi travel agent. Namun bukan berarti Anda dapat mengabaikan testimoni pelanggan travel agen sebelumnya.

Seluruh data yang Anda temukan pada website masih bisa dipertimbangkan, hanya saja Anda harus meminta review dari pelanggan sebelumnya secara langsung. Anda bisa melihat review dari pelanggan sebelumnya di luar website seperti rekan, saudara atau tetangga. Review yang mereka berikan biasanya lebih murni tanpa embel-embel tertentu sehingga Anda bisa mempercayai 100%.

Apabila testimoni yang diberikan bagus, maka Anda bisa menggunakan travel agent terbaik Indonesia. Sebaliknya jika testimoni yang diberikan tidak begitu bagus, maka segera cari travel agent lainnya untuk rencana perjalanan Anda.

7. Pikirkan Kembali Sebelum Persetujuan

pikirkan kembali sebelum persetujuan
health.detik.com

Apabila sudah yakin menggunakan sebuah travel agent untuk menemani perjalanan Anda, maka jangan langsung melakukan kesepakatan. Cobalah untuk memikirkannya sekali lagi dengan banyak pertimbangan agar tidak menyesal nantinya.

Mulai dari pelayanan, jaringan luas, profesionalitas, tenaga berkompeten dan lain sebagainya. Pastikan Anda yakin sepenuhnya tanpa keraguan sedikitpun mengingat harga yang harus dibayar untuk setiap perjalanan tidaklah murah.

Setelah mempertimbangkan kembali dan sudah benar-benar yakin, langsung hubungi pihak travel agent dan lakukan kesepakatan. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap informasi dari perusahaan terkait lokasi tujuan, transportasi, lama perjalanan dan lainnya.

Packing seluruh bawaan sebaik mungkin, jangan masukkan barang yang tidak perlu. Sesuaikan dengan lamanya perjalanan yang akan Anda tempuh.

Tulislah daftar barang bawaan agar tidak ada yang ketinggalan saat melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk membawa alat dokumentasi agar Anda tidak ketinggalan momen terbaik saat berlibur.

Sekian penjelasan singkat mengenai tips memilih travel agen. Semoga dapat dipahami dengan baik sehingga perjalanan Anda memberikan kesan nyaman dan menyenangkan.

By Admin