• Sen. Mar 27th, 2023

9 Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent: Spain

9 Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent: Spain

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Sering marah-marah? Awas tekanan darah tinggi atau hipertensi! Bagi yang belum paham, hipertensi adalah keadaan di mana tekanan darah dalam pembuluh arteri terus naik.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan hipertensi adalah saat tekanan darah sistolik dan diastolik melewati masing-masing 140 mmHg/90 mmHg. Selain itu, WHO mencatat pada 2019 bahwa sekitar 1,13 miliar orang di dunia mengidap hipertensi.

Untuk mencegahnya, kamu dapat mencoba tensi darah setiap waktu mulai dari usia 18 tahun. Agar sehat, kamu harus menjaga tekanan darah setidaknya lebih rendah dari 120 mmHg/80 mmHg.

Jika kamu mengidap hipertensi atau keluargamu memiliki riwayat hipertensi, segera cek. Kalau tidak dikontrol, hipertensi dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Walaupun obat-obatan adalah salah satu cara untuk mengobati hipertensi, tetapi ada banyak teknik alami lain yang dapat membantu, termasuk mengonsumsi makanan tertentu, rutin olahraga, dan menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan. Nah, inilah beberapa cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

9 Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent: Spain

1. Rutin berolahraga

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Cukup 150 jam olahraga ringan seperti joging (30 menit per hari) dan 75 jam olahraga berat seperti lari saja sudah membantu mencegah hipertensi. Dengan menantang diri untuk berolahraga lebih lagi, kamu telah menyelamatkan dirimu dari penyakit parah.

2. Kurangi garam

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Bagi kamu yang memang memiliki riwayat hipertensi turunan, kurangi atau batasi konsumsi garam, entah garam dapur atau garam dari makanan olahan. Sebagai alternatif sehat, cobalah untuk membumbui makanan dengan rempah.

3. Hindari atau batasi alkohol
9 Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent: Spain

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Faktanya, minuman beralkohol berkontribusi pada 16 persen kasus hipertensi di dunia. Meskipun beberapa minuman alkohol memiliki khasiat untuk peredaran darah, konsumsinya tetap ada batasnya, yaitu satu gelas per hari untuk perempuan dan dua gelas untuk laki-laki.

4. Penuhi kebutuhan kalium

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Senyawa kalium atau potasium dapat mengusir sodium dan membuat pembuluh darah lebih rileks.

Jadi, daripada makanan olahan yang kaya sodium, lebih baik konsumsi makanan segar dan bergizi serta kaya akan kalium. Beberapa sumber kalium yang baik di antaranya:

  • Sayur-mayur: Terutama sayuran berdaun hijau dan tomat.
  • Umbi-umbian: Misalnya kentang dan ubi jalar.
  • Buah-buahan: Termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot.
  • Produk susu: Seperti susu dan yoghurt.
  • Ikan: Seperti tuna dan salmon.
  • Kacang dan biji-bijian.

5. Konsumsi kafein, tetapi…

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Sebenarnya, kafein dalam kopi, cokelat, atau teh memiliki khasiat terhadap kesehatan jantung dan peredaran darah. Namun, pastikan untuk tidak meminumnya secara berlebihan.

Jika kamu memiliki riwayat hipertensi dan sensitif terhadap kafein, sebaiknya kurangi konsumsi kafein.

6. Kelola stres dengan baik

Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Pikiranmu mempengaruhi tekanan darahmu. Jadi, sebisa mungkin kelola stres dengan baik. Saat stres, detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Selain itu, kebiasaan buruk saat stres adalah makan berlebih dan konsumsi alkohol, sehingga berbahaya untuk tekanan darah!

Kamu bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan yang bikin stres dan mendengarkan alunan melodi yang menenangkan.

7. Konsumsi dark chocolate

9 Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent: Spain
Fakta Variety Show Korea Europe Outside Your Tent Dark chocolate memiliki senyawa antioksidan flavonoid yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks. Dengan kata lain, tekanan darah melandai dan jantung lebih sehat. Akan tetapi, tetap jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!