• Sab. Mar 2nd, 2024

Arhan Siap Buktikan Diri di Piala Asia

Al Rayyan: Bek kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan, bersyukur menjadi salah satu pemain yang selalu diandalkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Arhan bertekad menjawab kepercayaan dari Shin dengan penampilan terbaik di Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Berdasarkan catatan, Arhan menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad timnas Indonesia saat ini. Arhan mencatatkan 38 penampilan, unggul dari Witan Sulaeman (37), Asnawi Mangkualam Bahar (36), Ricky Kambuaya (34) dan Rizky Ridho (29).

“Alhamdulillah, coach Shin (Tae-yong) kasih kepercayaan ke saya, jadi saya harus bisa kasih yang terbaik juga untuk Timnas Indonesia. Saya harus lebih kerja keras untuk kasih hasil terbaik untuk Indonesia,” kata Arhan, Jumat (12/1).

Arhan mengatakan dirinya sudah sangat siap tampil di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan melakoni laga pertama di Grup D melawan timnas Irak pada Senin 15 Januari.

Setelah itu, Skuad Garuda menjamu Vietnam di laga kedua, Jumat 19 Januari. Dan terakhir menantang salah satu kandidat juara, Jepang pada 24 Januari.

“Persiapan saya pribadi sangat baik, terus kondisi saya juga sangat baik sekarang. Saya juga akan ikuti instruksi dari coach Shin Tae-yong,” tutur eks pemain Tokyo Verdy tersebut.

Arhan mengakui saat masa persiapan, ada beberapa kendala yang harus dihadapi. Timnas Indonesia sempat melakukan pemusatan latihan di Turki pada 21 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

Skuad Garuda juga menjalani tiga kali uji coba dengan hasil selalu kalah. Tim Merah-Putih dua kali dikalahkan timnas Libya dengan skor 0-4 dan 1-2, serta dibantai 0-5 oleh timnas Iran.

“Kami melakukan persiapan untuk Piala Asia juga dengan sangat baik, semoga di pertandingan nanti kami bisa menghasilkan yang terbaik. Lalu, kendala pasti ada. Jadi kita perbaiki satu per satu kendala itu,” tutur pemain asal Blora, Jawa Tengah, tersebut.

Asnawi Sudah Bisa Dimainkan saat Timnas Indonesia Hadapi Irak

Jakarta: Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, membeberkan perkembangan kondisi kebugarannya jelang laga menghadapi Irak pada laga pembuka Grup D Piala Asia 2023. Menurutnya, cedera yang dialami saat menjalani pemusatan latihan (TC) sudah membaik.

Sebelumnya, Asnawi hanya tampil 20 menit dari bangku cadangan saat Indonesia kalah telak dari Iran pada laga uji coba di Qatar. Sedangkan saat Indonesia kalah dua kali dari Libya di Turki, Asnawi malah tidak dimainkan sama sekali.

Baca juga: Pebulu Tangkis Indonesia Habis di Perempat Final Malaysia Open 2024

Menurut situs resmi PSSI, bek sayap Jeonnam Dragons itu memang sengaja diistirahatkan agar kondisinya bugar sempurna ketika mengarungi Piala Asia 2023. Dan kini, Asnawi menegaskan bahwa dirinya sedang dalam kondisi fit untuk dimainkan menghadapi Iral pada laga perdana Grup D, Senin 15 Januari.

“Ya, kondisi saat ini sudah baik, karena beberapa minggu sebelumnya saya mengalami cedera otot ringan. Tetapi di pertandingan pertama melawan Irak, saya sudah siap untuk ikut ke pertandingan,” kata Asnawi dalam jumpa pers jelang laga Indonesia vs Vietnam.

“Tentunya (saya) selalu siap (untuk bermain), karena semua pemain dalam kondisi yang baik dan tentunya saya pribadi juga siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tambahnya.

Pertandingan kontra Irak berarti penting buat Timnas Indonesia yang memasang target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Asa itu cukup realistis, mengingat ada jalur peringkat tiga terbaik untuk ke fase gugur. (pssi.org)

Irak Diperkuat Pemain Utrecht, Ivar Jenner Makin Termotivasi Bela Timnas Indonesia

Jakarta: Ivar Jenner punya motivasi lebih untuk membantu Timnas Indonesia menghadap Irak pada pertandingan pertama Grup D Piala Asia 2023, Senin 15 Januari mendatang. Sebab, Ivar berpotensi bentrok dengan rekan setimnya di FC Utrecht, Zidane Iqbal, yang tergabung dengan Timnas Irak.

Seperti dilansir situs resmi PSSI, Ivar yang bisa bermain sebagai gelandang bertahan bakal bertugas untuk mengawal pergerakan Iqbal. Sebab, lulusan akademi Manchester United itu dikenal sebagai gelandang yang kreatif.

“Ya, dia teman saya. Saya bermain dengan dia di tim yang sama, di Utrecht. Saya pikir dia pemain yang berbahaya. Tapi, saya (bermain di posisi) nomor 6, dan dia di nomor 10. Jadi, kita lihat saja,” kata Ivar.

Selain itu, ada alasan lain yang membuat Ivar sangat bersemangat menyambut laga melawan Irak. Pasalnya, Ivar dan Iqbal sama-sama absen saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Singa Mesopotamia pada laga pertama Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 16 November tahun lalu.

Namun, Ivar bercerita kalau saat itu Iqbal sempat menghubunginya melalui telepon dan membahas pertandingan tersebut yang berakhir dengan skor telak 5-1 untuk kemenangan Irak.

“Dia melontarkan candaan tentang pertandingan karena dia menang dan saya kalah. Jadi, sekarang giliran kami yang menang dari Irak,” ucap Ivar.

Kemudian kini, gantian Ivar yang mengirim pesan kepada Iqbal jelang laga Timnas Indonesia melawan Irak. Dalam kesempatan itu, Ivar mengingatkan Iqbal dan rekan-rekan setimnya untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Skuad Garuda.

“Tentu saja, (pesannya) semoga beruntung. Dan, ya, persiapkan diri Anda sebaik mungkin,” tutup pemain berusia 20 tahun tersebut.

By Admin