• Rab. Mei 22nd, 2024

7 Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha, Penuh Berkah!

7 Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha, Penuh Berkah!

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha merupakan salah satu salat sunah yang sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Salat duha sama seperti salat sunah pada umumnya, namun hanya dilaksanakan di pagi hari ketika matahari telah terbit. Jumlah rakaatnya beragam, namun dilaksanakan dalam dua rakaat-dua rakaat dan salam.

Banyak hadis yang telah menjelaskan tentang keutamaan mengamalkan salat duha ini. Kalau kamu belum tahu, mari kita sama-sama belajar di bawah ini yuk!
7 Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha, Penuh Berkah!

1. Melancarkan rezeki

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha Hadis di atas menjadi salah satu bukti bahwa salat duha dapat melancarkan rezeki kita. Allah SWT akan mencukupi segala kebutuhan hanya dengan dua atau empat rakaat di pagi hari.

Namun, perlu kita pahami bahwa rezeki yang dimaksud tidak selalu dalam bentuk harta, tapi juga bisa dalam bentuk kesehatan, waktu luang, urusan yang dipermudah, kebahagiaan, dan lain sebagainya.

2. Memperoleh pahala setara haji dan umroh

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha “Barang siapa yang melaksanakan salat subuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan salat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Manfaat berikutnya adalah kamu akan memeroleh pahala yang setara dengan ibadah haji dan umroh hanya dengan melaksanakan dua rakaat di pagi hari, lho! Jadi, kalau kamu belum mampu melaksanakan ibadah haji dan umroh, jangan khawatir. Allah SWT meringankan hal tersebut dengan adanya salat duha di pagi hari. Jadi, tunggu apa lagi?

3. Sarana untuk bersedekah
7 Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha, Penuh Berkah!

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat duha sebanyak dua raka’at.” (HR. Muslim).

Manfaat selanjutnya adalah salat duha menjadi sarana untuk bersedekah atas setiap anggota tubuh yang telah Tuhan berikan. Tuhan telah menciptakan makhluk dalam bentuk sebaik-baiknya sesuai porsinya masing-masing. Maka, sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kita kepada Sang Pencipta, kita hanya perlu rajin melaksanakan salat duha saja.

4. Dibuatkan pintu khusus di surga

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha Tahukah kamu bahwa orang-orang yang rajin mengamalkan salat duha selama di dunia akan dibangunkan pintu khusus di surga? Mereka akan masuk melalui pintu tersebut sebagai ganjaran atas amal kebaikan yang rutin dilaksanakan.

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu duha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan salat duha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah SWT.” (HR.Thabrani).

HR. Thabrani dan Al Bazzar menyebutkan bahwa Allah SWT memberikan kedudukan istimewa bagi hamba-Nya yang mengamalkan salat duha secara rutin berdasarkan jumlah rakaatnya, yaitu:

  1. Orang yang mengerjakan dua rakaat salat duha akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai.
  2. Orang yang mengerjakan empat rakaat salat duha tercatat sebagai orang yang muhsinin (berbuat baik).
  3. Orang yang mengerjakan emam rakaat salat duha akan tercatat sebagai hamba yang taat.
  4. Orang yang mengerjakan salat duha delapan rakaat tercatat sebagai hamba yang sukses.
  5. Orang yang mengerjakan dua belas rakaat salat duha akan dibuatkan sebuah rumah yang indah di surga.

5. Diampuni dosa-dosanya

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha “Siapa yang membiasakan (menjaga) salat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manusia bukanlah makhluk sempurna. Melakukan kesalahan termasuk kelalaian yang menghasilkan dosa adalah hal yang sering ditemukan dalam diri manusia. Namun, sebaik-baik makhluk ciptaan Tuhan adalah mereka yang menyadari dan meminta ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu cara memohon ampunan tersebut adalah dengan melaksanakan salat duha. Salat duha dapat menggugurkan dosa yang kita miliki tak peduli seberapa banyak dan besar dosa tersebut.

6. Dibangunkan rumah di surga
 7 Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha, Penuh Berkah!

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha Manfaat berikutnya ketika kamu rajin mengamalkan salat duha di pagi hari ialah Allah SWT akan membangunkan rumah bagimu ketika di surga kelak.

“Barangsiapa yang salat duha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al Jami’ No. 634).

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, rajin melaksanakan salat di pagi hari!

7. Tidak dianggap orang lalai

Manfaat Rajin Melaksanakan Salat Duha “Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai.” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Kamu tentu ingin dianggap sebagai makhluk saleh di hadapan Tuhan, bukan? Dianggap sebagai makhluk taat, sehingga memperoleh ganjaran yang sesuai adalah hal yang pastinya diinginkan oleh sebagian besar dari kita. Ketika kamu konsisten mengamalkan salat duha di pagi hari, Allah SWT akan memasukkanmu ke dalam golongan orang-orang yang tidak lalai.

Kalau disimak secara sekilas, melaksanakan salat duha adalah hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Kita hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit lalu dapat memeroleh pahala dan manfaat yang begitu besar. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak semudah yang kita bayangkan. Selalu ada godaan yang berusaha menghalangi kita dalam melaksanakan berbagai amal kebajikan, termasuk salat duha ini.

Tujuh manfaat di atas semoga dapat menjadi pendorong dan motivasi bagi kita untuk dapat mengamalkan salat duha secara konsisten dan rutin meski banyak godaan. Semoga kita semua dapat menjadikan salat duha sebagai sebuah kebiasaan atau rutinitas yang kalau ditinggalkan akan membuat diri menjadi gelisah. Semoga bermanfaat!

By Admin