• Sen. Jul 22nd, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

ByAdmin

Mar 20, 2023
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Layar sama pentingnya dengan bagian HP yang lain. Bila touch screen-nya tidak bisa disentuh, performa HP juga akan berkurang. Atau, HP malah gak bisa digunakan sama sekali karena semua perintah dilakukan dengan menyentuh layar.

Nah, inilah penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang penting kamu ketahui. Jika touch screen HP-mu gak berfungsi, simak penjelasan ini, ya.
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Ponsel pintar kini dioperasikan dengan menyentuh layarnya. Semua perintah akan dijalankan jika kamu menekan tombol operasi yang ada di layar HP. Namun, bagaimana bila layar HP rusak, seperti tidak bisa disentuh?

Jika ini terjadi, maka kamu gak bisa membuka aplikasi sama sekali. Seperti efek domino nih, kamu akhirnya juga gak bisa berkomunikasi dengan orang lain lewat WhatsApp ataupun media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Twitter.

Lantaran HP merupakan kebutuhan penting saat ini, maka segera atasi bila touch screen HP rusak. Ketahui penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh berikut ini.

1. Pemakaian HP terlalu lama

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP HP sudah menjadi kebutuhan penting saat ini. Hampir semua aktivitas memerlukan HP. Sebab, HP bukan sekadar perangkat komunikasi saja.

Sering kali HP digunakan untuk mencari hiburan, mencari informasi, dan bahkan memantau pekerjaan. Pemakaian HP pun bisa jadi meningkat. Ini salah satu penyebab layar HP gak bisa disentuh, apalagi bila usia HP sudah lama.

Makin lama usia HP, kualitas dan performanya makin menurun. Layar HP pun tidak responsif seperti sebelumnya dan ini adalah hal wajar.

Penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini adalah dengan me-restart HP. Ini bisa dilakukan jika HP terlalu lama digunakan sampai nge-lag. Biasanya, layarnya pun gak bisa bekerja optimal.

2. Pelindung layar mengganggu sinyal sentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh berikutnya, yakni mengganti pelindung layar (screen protector). Mengapa? Pelindung ini memang bisa menjaga layar dari goresan ataupun tetesan. Akan tetapi, bahan pelindung layar juga bisa mencegah sinyal sentuh pada HP.

Akibatnya, sinyal sentuh gak mencapai panel layar. Jika ini terjadi, sebaiknya ganti pelindung layar yang lebih efektif dan gak mengganggu layar sentuh HP, ya.

3. Adanya aplikasi pihak ketiga
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Entah sengaja atau tidak sengaja, kamu bisa saja mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini sering kali gak ramah untuk perangkat HP alias berbahaya, Guys. Salah satu akibatnya, layar HP gak bisa disentuh.

Apakah kamu sering mengalami ini setelah mengunduh aplikasi dari pihak ketiga? Jika iya, coba atasi dengan mengaktifkan mode aman atau safe mode. Tujuannya untuk menjalankan HP tanpa aplikasi berbahaya.

Agar makin aman, segera hapus aplikasi atau program yang baru diunduh tersebut. Apabila setelah proses uninstal layar HP masih gak bisa disentuh, pertimbangkan opsi membawa HP ke pusat perbaikan HP, ya.

4. RAM HP penuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Salah satu penyebab layar HP tidak bisa disentuh berikutnya yaitu RAM HP terlalu penuh. RAM HP yang penuh bisa membuat layar sentuh terganggu. RAM HP akan mudah penuh bila banyak aplikasi yang diunduh tapi jarang dipakai.

Untuk itu, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan RAM secara rutin. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan efektif. Hapus aplikasi yang sekiranya tidak penting.

Sama halnya dengan data multimedia. Hapus foto atau video yang kurang penting agar ruang penyimpanan makin longgar dan HP gak nge-hang lagi.

5. HP kena air

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini paling umum, yakni dengan mengeringkan HP akibat terkena air. Terkadang, kita tanpa sengaja menumpahkan air ke atas HP. Atau, HP ikut basah saat kita kehujanan.

Jika terkena air, apalagi dalam jumlah banyak, layar HP bisa error. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengeringkannya. Gunakan kain atau tisu lembut untuk mengusap HP.

Apabila air merembes sampai ke bagian terdalam, sebaiknya bawa HP ke pusat perbaikan HP, ya. Minta bantuan petugas untuk mengeringkan sekaligus memeriksa kerusakan lain yang mungkin ada.

6. Charger HP kurang sesuai
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Sering menggunakan charger orang lain atau charger yang gak asli bisa menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh, Guys. Pasalnya, peringkat ampere berbeda sehingga memicu gangguan pada layar.

Bila penyebabnya adalah charger yang tidak original, mulai ganti charger dengan yang asli, ya. Hindari menggunakan charger lain secara sembarang meski memiliki voltase sama.

Itulah 6 penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan yang gak baik untuk kesehatan HP dan layarnya. Supaya, layar HP tetap berfungsi optimal.

By Admin