• Sen. Mar 4th, 2024

5 Penalti Timnas Indonesia yang Bikin Dunia Heboh, Nomor 1 Dilakukan Pemain Naturalisasi

5 penalti

5 Penalti Timnas Indonesia yang Bikin Dunia Heboh, Nomor 1 Dilakukan Pemain Naturalisasi

Berita Babepenalti yang bikin dunia heboh menarik untuk dibahas. Dalam pertandingan , adu penalti sendiri menjadi salah satu momen yang paling mendebarkan.

Pemain yang ditunjuk untuk menjadi seorang eksekutor penalti tentunya akan mendapatkan beban mental yang tinggi. Sebab, ia mempertaruhkan nasib tim dan juga reputasi dirinya sendiri.

Meski demikian, sejumlah pemain ada yang merasa percaya diri dan sangat santai dalam menjalani peran sebagai eksekutor bola penalti. Hal tersebut kerap melahirkan momen yang tak terlupakan, seperti yang dilakukan oleh penggawa Timnas Indonesia ini. Berikut 5 penalti Indonesia yang bikin heboh dunia.

5 Penalti Timnas Indonesia yang Bikin Heboh Dunia

5. Arkhan Kaka

Arkhan Kaka

Pemain muda yang menjadi salah satu tulang punggung Timnas Indonesia U-17 ini kerap menunjukkan performa yang apik selama kompetisi berlangsung. Hal itu dibuktikannya dari banyaknya gol yang telah ia torehkan, sebagian dibukukan dari titik putih penalti.

Dalam menjalani perannya sebagai eksekutor, Arkhan Kaka rupanya mengadopsi gaya permainan Paul Pogba. Dia kerap melakukan langkah-langkah kecil dan sedikit ancang-ancang sebelum menendang bola ke gawang lawan.

Gawang Myanmar pernah terbobol karena aksi tendangan penalti Kaka. Selain itu, di kesempatan lain, Arkhan Kaka juga berhasil memebobol gawang Guam lewat adu pelati saat Kualifikasi Piala Asia U-17.

4. Figo Dennis

Figo Dennis

Selain Arkhan Kaka yang kerap mengadopsi gaya bermain pemain Eropa, Figo Denis juga demikian. Figo rupanya berkiblat pada gaya santai Jorginho saat melakukan eksekusi bola penalti.

Salah satu aksi terbaiknya terjadi saat partai semifinal Piala AFF U-16 2022. Kala itu, Timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan Myanmar U-16.

Dalam ajang Aceh World Solidarity Cup 2017, Timnas Indonesia mampu menaklukkan Mongolia dengan hasil akhir 3-2. Pertandingan yang dilaksanakan pada Desember 2017 itu rupanya membuat nama pemain naturalisasi asal Montenegro, Ilija Spasojevic, melambung.

Pasalnya, Spasojevic berhasil mencetak satu gol melalui titik penalti pada menit ke-42+2. Yang menjadi perbincangan adalah hal unik yang Spasojevic lakukan.

Dalam kesempatan itu, Spasojevic mengepel lapangan yang berlumpur dan terasa tak rata sebelum mengeksekusi bola. Ia bahkan sempat meminta para pemain Mongolia untuk mundur agar memudahkannya.

2. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Salah satu pemain legendaris Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, juga tak luput dari tendangan penalti yang menghebohkan. Momen tersebut terjadi saat babak penyisihan Grup A Piala AFF 2010.

Timnas Indonesia yang bersua dengan Thailand sejak awal sudah kewalahan akibat digempur terus-menerus. Timnas Indonesia vs Thailand sempat meraih skor imbang 1-1. Namun, Timnas Indonesia bangkit dari tendangan penalti yang dilakukan Bepe -sapaan akrab Bambang Pamungkas.

Penalti terjadi pada menit ke-88 dan Bepe dengan santai melesakkan bola ke gawang Thailand. Gol yang tercipta membuat kedudukan berbalik, Indonesia unggul 1 gol dari Thailand. Skor pun menjadi 2-1 dan Indonesia keluar sebagai juara Grup A.

Baca juga ya : Hotel Terbaik di Dunia Ada di Sumba Barat! Ini Dia 5 Kelebihannya

Stefano Lilipaly menyumbang kontribusi yang apik saat Timnas Indonesia melawan Timor Leste dalam ajang Grup B Piala AFF 2018. Pemain yang dinaturalisasi pada 2013 itu membukukan golnya pada menit ke-69 lewat kotak penalti.

Sebelumnya, penalti tersebut diberikan kepada Timnas Indonesia setelah Gumario Augusto Fernandes da Silva Moreira menjatuhkan Andik Vermansah di dalam kotak penalti. Gol yang tercipta akhirnya bisa membuat Timnas Indonesia unggul 2-1 dari Timor Leste.

Itulah momen 5 penalti Timnas Indonesia yang bikin heboh dunia.

pergantian pemain Timnas Indonesia yang berhasil mengubah jalannya pertandingan menarik untuk dibahas. Dalam pertandingan sepakbola, pergantian pemain dianggap sebagai momen penting karena bisa memberi pengaruh besar dalam pertandingan.

Pergantian pemain bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya untuk memberikan waktu pada pemain untuk beristirahat dan memulihkan energinya.

Nama Todd Rivaldo Ferre pernah menjadi pahlawan bagi Timnas Indonesia U-19 kala melawan Timnas Qatar U-19. Sempat tertinggal 6-1, Timnas Indonesia U-19 hanya butuh keajaiban untuk lolos dari fase grup.

Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-19- yang kala itu ditukangi oleh Indra Sjafri akhirnya memasukan Todd Ferre pada babak kedua. Meski sering digempur, Indonesia akhirnya berhasil membuat gol dari tendangan Todd Ferre.

Ide untuk memasukkan pemain Persipura Jayapura tersebut ternyata menghasilkan perubahan. Todd Ferre berhasil menyumbang satu gol dan disusul gol Saddil Ramdani. Kedudukan pun menjadi 3-6.

By Admin