• Sen. Mar 4th, 2024

5 Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh, Bisa Bikin Kulit Glowing

5 Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh, Bisa Bikin Kulit Glowing

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh merupakan salah satu jenis buah-buahan dari tanaman yang termasuk ke dalam kelompok cucurbitaceae. Buah ini banyak digemari oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia seperti Eropa, Amerika, bahkan Asia Tenggara. Labu kuning memiliki rasa yang lezat. Buahnya yang manis dan lembut serta teksturnya halus membuat buah ini banyak dijadikan sebagai bahan utama berbagai masakan.

Selain rasanya yang lezat, tahukah kamu kalau labu kuning juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan? Dilansir Healthline, buah ini mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga fungsi organ tubuh. Lalu apa saja manfaat tersebut? Yuk simak, berikut enam manfaat tersembunyi labu kuning bagi kesehatan!
5 Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh, Bisa Bikin Kulit Glowing

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh Labu kuning selain lezat, juga bisa memberi banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Labu kuning memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten yang berperan dalam pembentukan pigmen visual pada retina mata.

Selain itu, labu kuning juga membantu menjaga kelembaban lapisan luar mata serta membantu mencegah degenerasi makula, penyebab umum kebutaan pada orang tua. Bahkan, dalam jurnal medis menyebutkan konsumsi labu kuning juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penurunan fungsi penglihatan dan gejala katarak.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh Labu kuning memiliki manfaat yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut jurnal penelitian, kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan penyakit.

Mineral Zinc yang terkandung di dalamnya juga memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu mengoptimalkan produksi sel darah putih. Selain itu, kandungan beta-karoten dalam labu kuning diketahui dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mencegah penyakit jantung
5 Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh, Bisa Bikin Kulit Glowing

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh Kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Risiko penyakit jantung bisa sangat membahayakan dan dapat mengancam nyawa. Beberapa jenih buah seperti labu kuning dipercaya dapat memberikan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Labu kuning memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat dalam labu kuning juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga peredaran darah menjadi semakin lancar dan jantung dapat berfungsi secara normal.

4. Menyehatkan pencernaan

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh Buah-buahan diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam meningkatkan fungsi pencernaan. Labu kuning juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk percernaan.

Kandungan serat dalam labu kuning dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan sensitivitas insulin, membantu proses penyerapan pada usus serta memperhalus pencernaan.

5. Menjaga kesehatan kulit
5 Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh, Bisa Bikin Kulit Glowing

Manfaat Tersembunyi Labu Kuning bagi Tubuh Selain berperan mendukung fungsi organ dalam tubuh, ternyata labu kuning juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit kita, loh. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C serta antioksidan alpha-carothene dan beta-carothene. Dalam jurnal penelitian menyebutkan bahwa vitamin dan antioksidan tersebut dapat membantu merangsang produksi kolagen, yang sangat penting untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit sehingga membuat kulit kita tampak lebih glowing dan sehat. Selain itu, antioksidan juga dipercaya dapat mencegah kerusakan pada sel kulit akibat paparan sinar matahari serta mengurangi resiko terkena kanker.

Labu kuning adalah salah satu jenis buah-buahan dengan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengolah labu kuning menjadi berbagai jenis makanan yang lezat seperti kolak, puding, atau pun sup. Walaupun mengandung banyak nutrisi, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi juga jenis buah lain atau pun sayur-sayuran agar mendapatkan asupan nutrisi yang lebih beragam. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan perilaku hidup sehat dan olahraga yang teratur agar manfaat kesehatan dari labu kuning ini bisa kamu rasakan secara maksimal.

By Admin