• Kam. Mei 16th, 2024

5 Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga, Bantu Jaga Keluarga Kita

5 Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga, Bantu Jaga Keluarga Kita

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kita berinteraksi dengan orang lain, salah satunya tetangga. Mereka merupakan orang-orang yang tinggal paling dekat dengan kita, sehingga wajib untuk membangun silaturahmi dan melakukan kebaikan.

Berbuat kebaikan kepada tetangga adalah hal yang dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi kita maupun mereka. Lalu, apa saja manfaat yang dimaksud? Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

5 Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga, Bantu Jaga Keluarga Kita

1. Suasana lingkungan tempat tinggal menjadi hangat

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Ketika kamu berbuat baik kepada tetangga di sekeliling rumah, maka mereka juga akan menyambutmu dengan tangan terbuka. Hal ini bakal menumbuhkan rasa saling mengasihi antar tetangga, sehingga suasana lingkungan menjadi hangat.

Oleh sebab itu, jangan segan untuk melakukan kebaikan, sekecil apa pun itu. Kehidupan bermasyarakat akan terasa lebih damai dan timbul perasaan nyaman untuk tinggal di tempat tersebut.

2. Mudah untuk mencari bantuan

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Melakukan perbuatan baik kepada para tetangga dapat menjadikan mereka menaruh hormat padamu. Ketika kamu sedang berada dalam kesulitan, mereka seakan-akan merasakan hal yang sama, sehingga dengan senang hati memberikan bantuan.

Berbeda cerita ketika kamu tidak peduli dengan tetangga dan terkesan menutup diri. Tentu saja mereka akan merasa ragu untuk mendekatimu. Walaupun kamu memerlukan pertolongan, mereka enggan untuk mengulurkan tangan.

3. Dapat meringankan beban tetangga
5 Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga, Bantu Jaga Keluarga Kita

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Mengerjakan kebaikan, walaupun kecil, ternyata dapat berkontribusi dalam meringankan beban yang sedang ditanggung oleh tetanggamu. Sebagai contoh, tetangga termasuk keluarga kurang mampu yang bahkan untuk makan saja sulit. Sedikit makanan atau uang tunai darimu dapat benar-benar menolong menyambung hidup mereka.

Oleh karena itu, jangan menjadi orang yang pelit dan abai terhadap tetangga. Berikan perhatian dan pertolongan karena membantu mereka sama dengan membantu diri sendiri agar tidak terjebak dalam keburukan.

4. Rumah selalu aman karena ada yang mengawasi

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Salah satu hal menguntungkan yang bakal kamu peroleh ketika berbuat baik kepada tetangga adalah mendapatkan “kamera pengawas” yang canggih secara gratis. Tanpa diminta, mereka akan membantu mengawasi suasana rumah. Bila dirasa ada yang mencurigakan, tetangga akan memberitahumu sehingga bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal semacam ini tidak akan pernah terjadi kalau kamu tidak berbuat baik padanya. Jangankan turut menjaga, mereka bahkan mungkin tidak akan peduli bila ada yang mengusik kediamanmu tersebut sehingga pasti kamu mengalami kerugian.

5. Mendatangkan rasa bahagia
5 Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga, Bantu Jaga Keluarga Kita

Manfaat Berbuat Baik kepada Tetangga Kamu tentu sepakat bahwa berbuat baik selalu bisa mendatangkan rasa bahagia yang mendalam. Hal ini juga dapat diperoleh ketika kamu melakukan tindakan-tindakan terpuji terhadap para tetangga.

Tidak hanya kamu, mereka juga akan merasa senang karena keberadaannya sangat dihargai dan dihormati olehmu. Pada akhirnya, kehidupan bertetangga menjadi selalu rukun, damai, dan menyenangkan.

Sudah seharusnya kita berbuat baik kepada para tetangga, terutama yang rumahnya berada paling dekat. Dengan begini, timbul keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat yang menenteramkan jiwa.

By Admin