• Sel. Sep 26th, 2023

5 Manfaat Batasi Screen Time, Produktivitas Kamu Jadi Meningkat

5 Manfaat Batasi Screen Time, Produktivitas Kamu Jadi Meningkat

Manfaat Batasi Screen Time Burnout, overwhelmed, distraction atau istilah lainnya menjadi alasan untukmu mengambil jeda sejenak dari tugas yang harus dikerjakan. Bukannya balik dari istirahat langsung menyelesaikan secepat kilat, hal ini malah membuatmu tetap lamban seperti kungkang.

Kalau kamu istirahatnya sambil main media sosial yang katanya sebentar, tapi berakhir jadi berjam-jam, itu malah bikin dirimu terjebak lebih lama yang membuat pekerjaan kamu terbengkalai berakhir tidak selesai.

Mungkin, kamu harus mulai coba membatasi screen time gadget-mu. Selain membuatmu tidak terjebak di lubang yang sama, membatasi screen time punya manfaat lain untuk meningkatkan produktivitasmu.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!
5 Manfaat Batasi Screen Time, Produktivitas Kamu Jadi Meningkat

1. Membuat tidurmu lebih berkualitas

Manfaat Batasi Screen Time Penggunaan gadget sebelum tidur bisa menghambat proses tidurmu. Cahaya biru dari layar gadget memproduksi hormon melatonin yang membuat otakmu seharusnya istirahat menjadi susah untuk terlelap. Hal ini yang menyebabkan kamu merasa lemas tidak berenergi walau sudah tidur selama 8 jam.

Mengurangi penggunaan gadget satu jam sebelum tidur bisa bikin kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jauhkan perangkat digital dari area tidurmu.

Membaca buku juga bisa jadi alternatif lain untuk membuatmu mudah mengantuk. Memiliki tidur yang berkualitas akan meningkatkan produktivitas dan menjaga fokusmu di keesokan harinya.

2. Fokusmu menjadi bertambah dan pekerjaan lebih cepat selesai

Manfaat Batasi Screen Time Membatasi screen time membuat kamu tidak terjebak terlalu lama di media sosial. Kamu juga jadi lebih fokus untuk bisa mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan.

Kamu jadi bisa melihat hal sederhana disekelilingmu yang bisa dilakukan. Sambil beristirahat, kamu bisa berjalan kaki untuk meregangkan persendian atau minum air putih dan menikmati cemilan.

3. Produktivitasmu jadi lebih meningkat

Manfaat Batasi Screen Time Saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk menunda-nunda pekerjaan. Faktanya, memiliki waktu yang sedikit bermain gadget bisa membuatmu lebih produktif dan terhindar dari masalah menunda-nunda. Selain itu, kamu bisa punya kesempatan untuk melakukan aktivitas lain dan mencoba hal baru.

Penelitian dari San Diego University tentang pengaruh screen time terhadap peningkatan produktivitas seseorang menyatakan, jika dengan membatasi screen time bisa membuatmu jadi lebih bersemangat untuk mencapai goal yang sudah ditentukan. Juga, membuat dirimu memiliki pribadi yang positif.

4. Berolahraga jadi bagian dalam keseharianmu
5 Manfaat Batasi Screen Time, Produktivitas Kamu Jadi Meningkat

Manfaat Batasi Screen Time Terlalu lama duduk di depan layar bisa memberikan dampak negatif bagi badanmu. Penelitian dari American Academy of Pediatrics menyatakan, jika kurangnya aktivitas fisik akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Agenda berolahrga menjadi penting untuk ada dalam jadwal keseharianmu. Dengan membatasi screen time kamu bisa punya waktu untuk melakukan aktivitas fisik, seperti jogging, jalan kaki, atau pergi ke gym untuk membuat badanmu menjadi lebih bugar.

5. Terhindar dari stres dan banyak pikiran

Manfaat Batasi Screen Time Saat bermain media sosial kamu akan banyak mengonsumsi informasi dari berbagai sumber. Hal ini yang terkadang membuat otakmu menjadi lamban berproses, sehingga kamu akan merasakan burnout, stres dan kehilangan fokus.

Membatasi screen time bisa membuat dirimu punya kendali penuh untuk membuat keputusan dalam memilih informasi mana yang ingin dikonsumsi. Cara ini juga mengurangi ketergantunganmu terhadap gadget. Kamu bisa punya banyak waktu untuk keluarga, teman, dan bisa melakukan hobi kesenanganmu.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Membatasi screen time pada gadget bukan berarti benar-benar tidak membutuhkannya.

Kamu hanya perlu tahu kapasitasmu dalam menggunakannya agar tetap sesuai dengan fungsinya. Alih-alih terjebak terlalu lama, lebih baik mengurangi agar kegiatanmu berjalan sempurna.

By Admin