• Sel. Sep 26th, 2023

5 Fakta Unik Yarrow Flower, Bunga Daun Seribu yang Kaya Manfaat

5 Fakta Unik Yarrow Flower, Bunga Daun Seribu yang Kaya Manfaat

Fakta Unik Yarrow Flower Pernahkah kamu melihat bunga seperti gambar di atas? Bunga tersebut adalah yarrow. Namun, kebanyakan orang jarang menyebutnya sebagai bunga yarrow. Mereka kerap menyebutnya sebagai bunga daun seribu.

Bukan hanya itu, bunga satu ini juga memiliki banyak nama. Mulai dari old man’s pepper, devil’s nettle, bloodwort, soldier’s woundwort, milfoil, thousand seal, hingga staunch grass. Sangat banyak, bukan?

Selain indah untuk dipandang, bunga yarrow juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, sampai-sampai diolah menjadi teh. Lebih lanjut, berikut lima fakta unik dari bunga yarrow.
5 Fakta Unik Yarrow Flower, Bunga Daun Seribu yang Kaya Manfaat

1. Memiliki filosofi yang berasal dari Yunani Kuno

Fakta Unik Yarrow Flower Bunga dengan nama ilmiah Achillea millefolium ini ternyata memiliki filosofi yang berasal dari Yunani Kuno. Nama achillea diambil dari nama pahlawan mitologi Yunani Kuno, Achilles. Dikatakan, bahwa Achilles kerap menggunakan bunga ini untuk menyembuhkan prajuritnya. Sementara kata millefolium memiliki arti seribu daun, merujuk pada daunnya yang banyak.

Bunga yarrow berasal dari Eurasia, yaitu daratan besar gabungan dari benua Eropa dan benua Asia. Bunga yarrow memiliki banyak variasi warna yang cerah. Warna paling umum ditemukan adalah putih, pink, dan merah. Namun, ada juga warna kuning, oranye, hingga ungu.

2. Telah dikenal oleh khasiatnya sejak berabad-abad lalu

Fakta Unik Yarrow Flower Khasiat dari bunga yarrow ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Khasiatnya yang paling dikenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan luka, juga untuk mengatasi pilek hingga demam.

Tidak hanya itu, bunga satu ini juga dipercaya bermanfaat untuk sistem neurologis (sistem saraf), melancarkan menstruasi, hingga mengatasi eksim pada kulit. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan layanan kesehatan. Terutama bagi ibu hamil dan yang memiliki penyakit tertentu.

 

3. Kerap dijadikan pilihan bunga untuk menjenguk orang sakit

Fakta Unik Yarrow Flower Selain manfaatnya yang baik untuk kesehatan, bunga yarrow juga kerap dijadikan pilihan bunga untuk menjenguk orang yang sakit. Bukan hanya karena tampilannya yang indah, yarrow juga dikenal membawa keuntungan dan memiliki arti yang positif.

Bunga satu ini dipercaya melambangkan harapan akan kebahagiaan dan sebagai pantulan hidup bagi mereka yang menerimanya. Selain itu, bunga yarrow juga memiliki arti akan cinta yang tidak berkesudahan, serta terus bertumbuh secara stabil dan perlahan.

4. Tergolong ke dalam famili Asteraceae dan Herbaceous

Fakta Unik Yarrow Flower Tahukah kamu, bahwa yarrow masih satu famili dengan bunga zinniachamomile, dan matahari? Nah, keempat bunga tersebut termasuk ke dalam famili Asteraceae sebagai tumbuhan berbunga. Bunga satu ini biasanya mekar pada bulan Juni-September, menjelang musim panas.

Memiliki kandungan minyak atsiri, menjadikan bunga satu ini tergolong ke dalam bunga aromatik. Berkatnya, bunga yarrow juga termasuk ke dalam famili Herbaceous atau tanaman herbal, bersama dengan daun kemangi, rosemary, dan juga mint.

 

5. Kaya manfaat sehingga sering diolah menjadi teh
5 Fakta Unik Yarrow Flower, Bunga Daun Seribu yang Kaya Manfaat

Fakta Unik Yarrow Flower Secara umum, sebagai tanaman herbal bunga yarrow dapat digunakan secara internal maupun eksternal. Secara internal, banyak orang yang suka mengolahnya menjadi teh. Mengonsumsi teh bunga yarrow diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, begitu juga dengan peningkatan produksi keringat.

Secara eksternal, ada beberapa yang mengolah bunga yarrow dengan cara dikeringkan, dibuat menjadi bubuk, hingga krim oles. Bunga yarrow dikenal efektif untuk menyembuhkan bagian tubuh yang memar hingga mengatasi mimisan. Namun, sekali lagi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan layanan kesehatan terlebih dahulu.

Hadir dalam pilihan warna yang cerah dan indah, bunga yarrow dapat menjadi pilihan tanaman hias yang tidak kalah menarik untuk menghiasi tampilan depan rumahmu. Mulai dari filosofi hingga manfaatnya untuk kesehatan, itulah beberapa fakta dari bunga yarrow. Ada fakta yang baru kamu ketahui?

By Admin