• Sab. Apr 20th, 2024

5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik Tanpa Obat

5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik Tanpa Obat

Cara Mengatasi Asam Lambung Apakah kamu sering merasakan mual, kerongkongan terbakar, dan perut begah? Jika iya, itu menandakan kalau asam lambungmu sedang naik.

Lantas, apakah yang menyebabkan asam lambung naik? Dilansir Journal of Missouri Medicine, naiknya asam lambung dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman asam, berminyak, mengandung kafein, dan lemak tinggi. Selain itu, dapat juga disebabkan karena terlambat makan atau ke kenyangan.

Asam lambung yang naik sangat mengganggu aktivitas dan kualitas hidup. Bahkan, hal itu dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara mengatasi asam lambung yang naik tanpa obat. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini
5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik Tanpa Obat

1. Melonggarkan pakaian

Cara Mengatasi Asam Lambung Beberapa kondisi dapat memengaruhi naiknya asam lambung, di antaranya adalah tekanan berlebih pada perut. Dilansir Healthline, ikat pinggang, celana, dan pakaian yang ketat dapat menyebabkan penekanan daerah perut.

Maka dari itu, jangan menggunakan baju dan celana yang ketat jika asam lambungmu tidak mau naik. Sebab, baju yang longgar membuat perut tidak mengalami penekan secara berlebih sehingga asam lambungmu tidak naik.

2. Mengunyah permen karet
5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik Tanpa Obat

Cara Mengatasi Asam Lambung Apakah kamu senang mengunyah permen karet? Nah, jika asam lambungmu naik, cobalah mengunyah permen karet dapat mengatasinya.

Dilansir Journal of Dental Research, mengunyah permen karet menghasilkan banyak air liur di mulut. Dengan demikian, hal itu dapat membantu mengurangi atau menetralkan asam di kerongkongan dan mulutmu. Saat asam lambungmu naik, mengunyah permen dapat sebagai salah satu cara untuk meredakan.

3. Mengonsumsi jahe

Cara Mengatasi Asam Lambung Jahe dikenal sangat banyak manfaatnya karena kandungan antiinflamasinya yang dapat meredakan peradangan akibat asam lambung. Dilansir Food Science and Nutrition, sejak dahulu, jahe sudah dikenal sebagai pengobatan alternatif mengatasi asam lambung.

Kamu dapat mengonsumsi jahe dengan cara diiris, lalu dimasukkan dalam sayur, diparut diseduh dengan teh, atau mengonsumsi permen jahe. Saat ini banyak ditemukan jahe dalam bentuk suplemen yang dapat dikonsumsi secara rutin. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

4. Minum cuka sari apel

Cara Mengatasi Asam Lambung Cuka sari apel adalah cairan fermentasi dari apel, bakteri baik, dan ragi. Bahan alami ini kaya akan protein dan enzim yang membantu membasmi bakteri jahat dalam makanan. Maka mengonsumsi sari cuka apel jadi salah satu cara untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Hal ini dibuktikan dalam penyelidikkan yang dilakukan Journal of Nutrients. Dalam penyelidikkan tersebut juga membuktikan jika cuka sari apel dapat meredakan rasa mual akibat asam lambung.

Cara penggunaan cuka sari apel sebagai pereda asam lambung yaitu dengan  mencampurkan satu hingga dua sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air. Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya karena dapat merusak email gigi dan gunakan sedotan agar sari cuka apel tidak kena gigi.

5. Mengonsumsi madu

5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik Tanpa Obat

Cara Mengatasi Asam Lambung Cara mengatasi asam lambung yang terakhir adalah mengonsumsi madu murni karena madu mengandung antimikroba. Mengonsumsi madu adalah cara terbaik mengurangi sensasi terbakar pada kerongkongan. Madu membantu melapisi esofagus dari naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Cara mengonsumsinya cukup mudah. Tinggal campurkan satu sendok teh madu pada segelas air hangat, lalu diminum. Minum larutan madu secara rutin agar asam lambungmu tidak kambuh.

Jika kamu menderita penyakit asam lambung, hendaknya menghindari pemicunya. Selain yang telah disebutkan di atas, hindari juga makanan olahan, kebiasaan merokok, minum alkohol, dan kurangi porsi serta memperbanyak frekuensi makan. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari naiknya asam lambung yang dapat berakit fatal.

By Admin