• Rab. Mei 22nd, 2024

13 Tips dan Cara Keramas yang Benar, Rambut Makin Sehat Terawat!

13 Tips dan Cara Keramas yang Benar, Rambut Makin Sehat Terawat!

Tips dan Cara Keramas yang Benar Kebanyakan dari kita memiliki cara mandi yang berbeda, seperti anggota tubuh mana yang duluan dibasuh dan dibersihkan dan keramas jadi bagian yang paling penting serta memerlukan perhatian cukup spesial untuk mendapatkan rambut yang bersih dan sehat.

Tak jarang dari beberapa orang mengalami perubahan tekstur rambut hingga kerusakan akibat dari perawatan yang salah, dan semua ini dimulai dari keramas yang benar. Jadi, berikut adalah beberapa tips dan cara keramas yang benar untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Langsung cek yuk!

13 Tips dan Cara Keramas yang Benar, Rambut Makin Sehat Terawat!

1. Steam rambut sebelum keramas

Tips dan Cara Keramas yang Benar Jika pori-pori di kulit kepala sering tersumbat oleh minyak dan kotoran, salah satu cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan mengukus rambut. Caranya adalah dengan  merendam handuk dalam air panas dan peras kelebihan airnya. Bungkus handuk ini di sekitar kepala dan biarkan selama 20 menit sebelum ke kamar mandi.

2. Pijat kulit kepala setelah melakukan steam

Tips dan Cara Keramas yang Benar Setelah mengukus rambut, pijat lembut kulit kepala dengan jari selama beberapa menit, kegiatan ini dapat membantu melonggarkan kotoran dan penumpukan pada rambut serta  mencabut helai rambut yang lemah dari kulit kepala.

3. Gunakan air dingin atau suam-suam kuku

13 Tips dan Cara Keramas yang Benar, Rambut Makin Sehat Terawat!

Tips dan Cara Keramas yang Benar Sama halnya dengan menggunakan alat penata rambut yang panas bisa merusak rambut, begitu pula dengan air panas. Menggunakan air panas untuk keramas dapat menghilangkan minyak alami dan membuat kutikula rambut terbuka, sehingga memungkinkan semua kelembapan keluar.

Di sisi lain, mencuci rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku dapat membantu menutup kutikula dan mengunci kelembapannya, sehingga memberi rambut yang lebih berkilau dan halus serta membantu mengurangi rambut kusut.

4. Gunakan sampo bebas paraben dan sulfat

Tips dan Cara Keramas yang Benar Paraben ditambahkan sebagai pengawet, sulfat atau SLS membantu membentuk busa. Telah diketahui bahwa kedua bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi. Tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa paraben juga dapat bersifat karsinogenik dan penelitian pada hewan telah menghubungkan sulfat dengan kerusakan mata yang parah. Jadi, sebaiknya gunakan sampo organik yang bebas SLS dan paraben.

5. Oleskan sampo hanya pada kulit kepala

Tips dan Cara Keramas yang Benar kepalaTujuan sampo adalah untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran, sel kulit mati, hingga penumpukan produk dari kulit kepala. Menggosok sampo di sepanjang rambut hanya akan menghilangkan minyak alaminya dan membuatnya tampak kering, kusam, dan tidak bernyawa. Jadi, ambil sampo ukuran seperempat dan pijat ke akar dan kulit kepala sampai berbusa.

6. Pijat lembut saat keramas

Saat menyabuni dengan sampo, pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan jari-jari, pijat dengan gerakan melingkar. Ini akan memudahkanmu membersihkan kotoran dari kulit kepala. Pijatan juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut

7. Jangan keramas setiap hari

Tips dan Cara Keramas yang Benar Sebagian besar sampo mengandung bahan kimia yang dapat membuat rambut kamu sangat kering dan rapuh jika digunakan setiap hari. Sebaiknya kegiatan keramas tidak dilakukan lebih dari dua atau tiga kali seminggu sehingga rambut memiliki tingkat kelebapan yang optimal juga sehat.

8. Jangan meregangkan waktu keramas
13 Tips dan Cara Keramas yang Benar, Rambut Makin Sehat Terawat!

Tips dan Cara Keramas yang Benar Rambut berada dalam kondisi paling rapuh saat basah, idealnya untuk tetap menjaga rambut terhindar dari kerusakan, kamu harus keramas dan mengkondisikan rambut dalam waktu 15 menit setelah membasahinya untuk meminimalkan kerusakan.

9. Kondisikan rambut dengan minyak sebelum keramas

Tips dan Cara Keramas yang Benar Kondisikan rambut dengan minyak setelah mandi bertujuan untuk menghilangkan rambut kusut setelah mandi. Untuk melembapkannya, pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak rambut, bisa dengan menggunakan sedikit minyak kelapa, almond, atau zaitun ke rambut dan kulit kepala selama satu jam sebelum keramas.

Minyak ini akan menembus batang rambut dan menutrisi dari dalam untuk memberi rambut yang lebih lembut, berkilau, dan bebas kusut.

10. Gunakan handuk kering untuk mengeringkan

Tips dan Cara Keramas yang Benar Langkah yang satu ini mungkin terdengar klasik, namun inilah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rambut bebas kusut setelah mandi. Setelah keramas, bungkus kepala dengan handuk kering untuk menyerap semua kelebihan air dan kemudian oleskan kondisioner.

Kondisioner akan lebih mudah terserap ke dalam rambut yang dikeringkan dengan handuk dan mencegahnya kusut. Mirip dengan spons, semakin sedikit air yang terserap ke dalam rambut, semakin banyak ruang yang tersedia di rambut untuk menyerap kondisioner yang menghidrasi.

11. Jangan menggunakan terlalu banyak kondisioner

Tips dan Cara Keramas yang Benar Menerapkan terlalu banyak kondisioner akan membebani rambut dan membuatnya terlihat sangat berminyak dan akan menyebabkan banyak residu yang tertinggal sehingga menimbulkan masalah rambut yang lain seperti ketombe dan sulit untuk menjaga rambut tetap lurus setelah mandi.

12. Jangan oleskan kondisioner pada kulit kepala

Tips dan Cara Keramas yang Benar Jangan mengoleskan kondisioner pada kulit kepala karena ini akan membentuk penumpukan di kulit kepala hingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan berkurangnya pertumbuhan rambut hingga meningkatkan rambut rontok. Jika terlanjur mengoleskannya ke kulit kepala, pastikan untuk membilasnya hingga bersih.

13. Jangan biarkan kondisioner terlalu lama

Tips dan Cara Keramas yang Benar Membiarkan kondisioner terlalu lama dapat membuat rambut lebih berminyak. Kondisioner bekerja cukup instan saat kutikula rambut yang basah membengkak dan terbuka. Jadi, membiarkan kondisioner terlalu lama juga tidak memiliki manfaat besar, karena tidak mungkin kondisioner dapat menembus folikel rambut lebih jauh dari yang sudah semestinya.

Buat rambutmu sehat dan terawat dengan langkah-langkah kecil namun penting saat keramas seperti pada artikel di atas, mulai terapkan deh!

By Admin