Bagi para diver dan penggemar aktivitas snorkeling, Raja Ampat adalah surga. Keindahan alam bawah lautnya luar biasa bahkan seluruh dunia mengakui hal itu. Tidak salah jika banyak orang ingin menjadi saksi langsung keindahan tersebut meski akses transportasi untuk bisa menikmati destinasi wisata di Raja Ampat masih sangat terbatas, dan harganya cukup menguras kantong.

Namun, jika kamu termasuk salah satu traveller yang membulatkan tekad, mengencangkan ikat pinggang dan siap menghabiskan tabungan untuk bisa menikmati pesona Raja Ampat, maka kamu harus tahu bahwa bukan alam bawah airnya saja yang istimewa. Tidak sedikit wisata menarik di permukaan yang wajib kamu kunjungi.

Tertarik melihat dan menjelajahi destinasi wisata di Raja Ampat yang memesona itu, simak tempat-tempat yang harus kamu kunjungi di salah satu kota di Papua Barat ini, ya!

1. Menjelajahi keindahan Misool raja ampat

Ke Misool, berarti kamu sudah menyentuh Raja Ampat. Ya, dari sini perjalanan dan petualangan Indonesia Timur kamu bisa dimulai.

Selami setiap relung perairan di salah satu dari empat pulau besar di Raja Ampat ini dan kamu akan mendapati pemandangan, yang tidak hanya luar biasa, tapi juga istimewa.

Sulit menggambarkan salah satu destinasi wisata di Raja Ampat yang paling hits ini secara pasti, jadi sebaiknya kamu menuju langsung ke lokasi!

2. Laguna indah di tempat yang luar biasa – Star Lagoon

BACA LAINNYA: 7 TEMPAT WISATA DI PULAU BINTAN YANG HARUS ANDA KUNJUNGI

Ya, ada laguna berbentuk bintang di Raja Ampat, tepatnya di pulau Pianemo. Pemandangan dari bukit karangnya saja sudah menggambarkan betapa indahnya tempat ini.

Namun untuk lebih memperjelas seperti apa panorama bawah laut di Star Lagoon, mengapa tidak langsung menyelaminya. Dijamin tidak akan kecewa!

3. Monumen alami yang ikonik Batu Pensil

Karang yang menjulang, dan sendirian di tengah Teluk Kabui ini menjadi ikon tersendiri.

Saking terkenalnya, Batu Pensil selalu menjadi jujukan untuk berfoto. Kamu tidak boleh melewatkan spot ini bila liburan ke Raja Ampat, ya!

4. Ikon Raja Ampat  Wayag

Wayag juga termasuk salah satu ikonnya Raja Ampat. Jejeran batu karang berbalut warna hijau di tengah lautan biru yang menyajikan panorama luar biasa indah membuat Raja Ampat begitu mendunia.

Tidak sulit untuk bisa mendapatkan momen yang mengesankan di Wayag. Berpose dengan latar belakang pemandangan yang aduhai pun sudah menjadi keharusan tersendiri.

5. Desa wisata dan spot diving yang asyik Desa Arborek

Jika kamu ingin bertemu dengan warga lokal, sekaligus menikmati panorama yang indah, Pulau Arborek adalah yang harus kamu kunjungi. Hampir semua warganya memiliki keramahan dan senyuman yang lebar, siap menyambut dengan tangan terbuka siapa pun yang datang ke kampung mereka.

Satu peringatan untuk kamu yang ingin berkunjung ke kampung Arborek, jangan sampai tercuri hati karena ketulusan yang ditunjukkan warganya. So sweet banget!

6. Pulau yang hanya berpasir putih Pasir Timbul

Alam Raja Ampat yang sudah luar biasa masih ditambahi dengan keajaiban yang istimewa, pasir timbul. Lokasi ini akhirnya menjelma menjadi sebuah pulau pasir, yang lokasinya berada dekat dengan Pulau Mansuar.

Seperti layaknya pulau pasir lainnya, pulau di salah satu destinasi wisata di Raja Ampat paling hits ini akan menunjukkan pasir putihnya jika air laut sedang surut.
Inilah momen yang pas buat kamu berselfie dan menjejakkan kaki sebelum pulau hilang disapu air laut saat pasang.

7. Kearifan lokal dan tulusnya keceriaan Desa Wisata Sauwandarek

Satu lagi desa wisata Raja Ampat yang boleh kamu kunjungi – Desa Sauwandarek. Kearifan lokal yang ditunjukkan warganya membuat kamu mungkin malas pulang.

Selain itu, di sekitar kampung Sauwandarek, juga terdapat beragam spot asyik untuk menikmati terumbu karang khas Raja Ampat. Bahkan di dermaganya pun, pemandangan bawah lautnya sudah sangat istimewa.

8. Melihat langsung Cenderawasih Desa Sawinggrai
Nah, bagi kamu yang ingin melihat hewan asli Papua, burung Cenderawasih, di habitat aslinya, langsung saja menuju ke desa Sawinggrai. Namun kamu harus rela bangun awal dan menyiapkan celana panjang serta sepatu serta tidak berisik untuk bisa mendapatkan keberuntungan menyaksikan burung Cenderawasih ini.
Jika pun kamu tidak berhasil melihat burung ini, jangan kecewa karena banyak hal asyik bisa kamu temukan di Sawinggrai. Bukan hanya panorama alamnya, tapi juga keramahan warganya.

9. Spot asyik menikmati panorama Raja Ampat Pianemo

Ingin sekadar menikmati pemandangan alam Raja Ampat dari ketinggian, Pianemo adalah spot yang pas untuk itu. Gugusan batu karang dan birunya laut bisa dilihat dari ketinggian.
Karena potensi yang ditawarkan, tidak sedikit juga yang menyebut Pianemo sebagai Wayag mini.

10. Penyejuk yang menyegarkan Air Terjun Batanta

Air Terjun Batanta menjadi kejutan lain di Raja Ampat. Air terjun ini juga menjadi bukti bahwa keindahan alam di Raja Ampat tidak hanya didapat di sisi laut saja.
Tidak hanya menyuguhkan pemandangan air terjun yang aduhai, nuansa dan segarnya air juga istimewa. Air terjun Batanta juga bisa menjadi penyejuk setelah kamu seharian berendam di air asin.