• Jum. Mei 17th, 2024

7 Yang menimbulkan Migrain Samping Kiri dan Langkah Menanggulanginya

ByAdmin

Mei 13, 2023
Migrain

7 Yang menimbulkan Migrain Samping Kiri dan Langkah Menanggulanginya

Migrain  Yang memicu sakit di kepala samping kiri dapat beraneka, dimulai dengan pola hidup, makanan, sampai penyakit spesifik. Supaya rasa sakitnya dapat terpecahkan secara pas dan untuk memperhitungkan situasi yang beresiko, pahami apa pemicu sakit di kepala samping kiri bersama-sama ciri-cirinya.

Sakit pada kepala sisi kiri dapat hadir secara perlahan-lahan atau mendadak dan sering berasa seperti ngilu yang top atau berdenyut. Rata-rata keadaan ini dapat sembuh dalam beberapa saat. Tapi, bila sakitnya tidak juga lenyap, ini menjadi penanda situasi yang tambah lebih serius.

Mengenal Yang menimbulkan Sakit Kepala Samping Kiri

Ada sejumlah yang memicu sakit pada kepala sisi kiri. Satu diantaranya ialah life-style yang kurang sehat, seperti rutinitas minum alkohol, menangguhkan makan, kekurangan tidur, dan depresi.

Tidak hanya itu, sejumlah makanan spesifik pun bisa menyebabkan sakit di kepala samping kiri, seperti makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet, kacang-kacangan, dan daging olahan. Konsumsi garam berlebih bisa juga menimbulkan seorang lebih ringan alami sakit di kepala.

Ada juga sejumlah situasi klinik yang bisa menyebabkan sakit pada kepala samping kiri, salah satunya:

1. Sakit di kepala klaster serta migrain

Sakit pada kepala dapat dirasa di semua sisi kepala, tetapi juga bisa berasa lebih berat atau terkonsentrasi pada sisi khusus, seperti segi kanan atau kiri kepala. Sakit di kepala yang dirasa lebih menguasai di salah satunya segi kepala rata-rata disebabkan dari sakit pada kepala klaster atau migrain.

Situasi ini rata-rata amat sering tampil di saat kepayahan, depresi, kekurangan tidur, atau rangsangan spesifik, seperti wewangian yang kuat atau sinar yang silau. Waktu sakit pada kepala samping kiri sebab migrain atau sakit di kepala klaster pun banyak ragam, dari yang cuman beberapa waktu sampai sepanjang hari.

2. Infeksi dan alergi

Migrain  Infeksi aliran pernafasan, seperti flu, acapkali diikuti tanda-tanda demam, batuk, pilek, serta sakit pada kepala. Saat itu, reaksi alergi bisa memacu aliran napas dan rongga sinus alami pemersempitan, maka mengakibatkan sakit pada kepala samping kiri. Situasi ini biasanya lebih sering ada ke orang yang mempunyai sinusitis.

3. Trigeminal neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah problem saraf trigeminus yang berperan mengantarkan kesan atau rangsang fisik dari ruangan muka ketujuan otak. Migrain  Keadaan ini dapat disinyalir merasa sakit di satu segi muka, maka dari itu barangkali untuk menimbulkan sakit pada kepala samping kiri.

4. Tekanan darah tinggi

Biarpun tidak miliki tanda-tanda fisik yang unik, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan munculnya kesan tegang di leher, sampai sakit di kepala, termasuk sakit di kepala samping kiri.

5. Stroke

Sakit di kepala secara tiba-tiba dan kronis menjadi penanda terdapatnya gempuran stroke. Maka dari itu, Anda butuh siaga kala Migrain mengenyam tanda-tanda ini dan selekasnya komunikasikan ke dokter, bila terlebih disertai kekurangan di satu segi badan serta kesusahan menelan atau bicara.

6. Gegar otak

Gegar otak umumnya dikarenakan oleh bentrokan  Migrain  atau pukulan keras yang membuat luka dalam otak. Gegar otak bisa menyebabkan gejela, terhitung sakit pada kepala samping kiri.

7. Tumor otak

Tumor otak adalah keadaan Migrain sewaktu sel tumor atau kanker tumbuh di jaringan otak. Tumor bisa sebabkan sakit di kepala yang sungguh-sungguh, tiba-tiba, berulang-ulang, dan bersama dengan tanda-tanda lain, seperti kehilangan pandangan, masalah berbicara, persoalan jalan, kerap muntah, dan kejang.

Trik Menyelesaikan Sakit Kepala Sisi Kiri
Buat membantu rasa sakit pada kepala samping kiri, Anda dapat coba kerjakan bermacam penyembuhan di dalam rumah, contohnya:

Kompres hangat atau dingin di kepala yang berasa sakit.
Mandi air hangat.
Istirahat yang cukup, yaitu tidur waktu 7 sampai 9 jam tiap hari.
Dengar musik yang merehatkan.
Bila memang perlu, Anda dapat konsumsi obat Migrain  yang bisa diperoleh bebas di apotek, seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin.

Akan tetapi, bila sakit pada kepala disamping kiri atau sisi mana saja yang Anda rasai malahan Migrain bertambah kronis, seharusnya singgahi dokter biar keluhkesah ini dapat selekasnya diobati. Untuk menurunkan keluhkesah sakit pada kepala sisi kiri atau sakit pada kepala yang tidak juga pulih, dokter dapat memberi obat sakit di kepala sisi sebagaimana berikut:

NSAIDs atau obat antiinflamasi nonsteroid, seperti naproxen, buat menolong menurunkan rasa sakit pada kepala yang kronis

Beta blocker, seperti atenolol, metoprolol, serta propranolol, untuk sebagai obat tekanan darah tinggi dan menghindari migrain episodik

Obat antikejang, seperti topiramate, sodium divalproex, dan gabapentin, buat menahan dan menyembuhkan migrain dan sakit di kepala akut

Obat antidepresan, seperti amitriptyline, untuk menolong sebagai obat stres, kegundahan, dan masalah tidur yang mengikuti sakit pada kepala parah

Botulinum toxin, atau suntikan onabotulinumtoxin A (Botox) untuk menolong menurunkan Migrain kemelut otot-otot kepala dan bisa jadi alternatif untuk orang yang tak pas dengan beberapa obat yang lain

Penting untuk dikenang jika beberapa obat itu cuma bisa dipakai sesuai sama resep dokter. Oleh karenanya, Kalau Anda merasakan sakit pada kepala samping kiri secara mendadak, intensif, tidak juga lenyap, atau Migrain sampai mengacaukan pekerjaan keseharian, baiknya selekasnya kontrol diri ke dokter.

 

BACA JUGA YAH : Cermati 10 Bahaya Dehidrasi, Dapat Akibatkan Kerusakan Organ

By Admin