• Jum. Mar 22nd, 2024

9 Fungsi Melon, Jauhkan Hipertensi sampai Sehatkan Mata

ByAdmin

Mei 21, 2023
Melon

9 Fungsi Melon, Jauhkan Hipertensi sampai Sehatkan Mata

9 Fungsi Melon, Jauhkan Hipertensi sampai Sehatkan Mata termasuk tipe buah yang kerap dimakan selaku makanan intermezo atau penutup. Banyak orang kebanyakan menggemari buah ini karena rasanya yang manis dan fresh. Akan tetapi, tahukah Anda kalau mempunyai banyak kandungan dan kegunaan?

Kandungan nutrisi melon

Melon yakni buah berwujud bundar yang dari macam Cucumis melo. Ciri-ciri uniknya nampak pada warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang hijau jelas. Selainnya model ini, ada juga jingga yang diketahui selaku cantaloupe.

Kandungan nutrisi tergolong yang paling banyak kalau diperbandingkan buah-buahan semacamnya. Buah berdaging halus ini tinggi kandungan air. Bahkan juga, nyaris 90% dari daging buah melon yakni air.

Dengan memakai sepotong seberat 100 g, Anda dapat mendapat kandungan nutrisi berikut ini.

Energi: 36 kkal
Protein: 0,5 gr
Lemak: 0,15 gr
Karbohidrat: 9 gr
Serat: 9 gr
Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram
Niasin (vitamin B3): 0,4 miligram
Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 miligram
Vitamin B6: 0,09 miligram
Vitamin C: 18 miligram
Kalsium: 6 miligram
Besi: 0,17 miligram
Fosfor: 11 miligram
Kalium: 228 miligram
Natrium: 18 miligram
Zinc: 0,09 miligram

Faedah melon buat kesehatan

Karena kandungan gizinya yang beraneka, buah miliki potensi memberinya kegunaan untuk kesehatan. Berikut ini daftar manfaat yang demikian bervariatif.

1. Menghindari dehidrasi

Dehidrasi terjadi apabila badan Anda kekurangan cairan hingga tidak dapat jalankan kegunaannya. Kecuali minum air putih, satu kembali trik simpel buat menahan dehidrasi yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan air seperti melon.

Dua potong memiliki kandungan 159 gr air, atau sama dengan 1/2 gelas air. Bermacam mineralnya lantas bisa mengembalikan elektrolit pada badan Anda . Maka, biar Anda tidak kekurangan cairan, janganlah lupa bikin jadi buah ini sebagai cemilan harian.

2. Penuhi kepentingan nutrisi ibu hamil

Sepanjang kehamilan, ibu membutuhkan konsumsi mineral dan vitamin yang tambah lebih tinggi dari umumnya. Ibu hamil mungkin saja tengah tidak ada di situasi terbaik sebab mekanisme imun yang condong lebih kurang kuat.

Buah berfaedah untuk ibu hamil. Kalium di buah ini menolong mempertahankan kesehatan pembuluh darah serta jantung, vitamin C memperkokoh struktur imun, dan vitamin B6 memberikan dukungan perkembangan tulang belakang janin.

3. Fungsi melon untuk pencernaan

Buah bisa jadi pemecahan buat Anda yang sulit berak. Faedah ini tak lain asal dari kandungan air dan serat . Konsumsi air serta serat bakal membuat feses lebih berisi, tetapi cukup lunak buat dikeluarkan dari badan.

Kandungan serat  memanglah tidak dengan tinggi buah-buahan lain, tetapi ini malahan baik buat orang yang masih belum terlatih konsumsi makanan tinggi serat. Dengan memperbanyak konsumsi serat sedikit-sedikit, perut akan memulai terlatih keluarkan feses dengan teratur.

4. Turunkan tekanan darah

Skema makan yang banyak terkandung sayur serta buah bisa menolong turunkan tekanan darah dan penyakit jantung. Ditambah lagi apabila makanan yang Anda konsumsi rendah natrium dan kaya kalium.

Natrium dalam tubuh bisa mengikat cairan serta menambahkan volume darah maka dari itu tekanan darah jadi naik. Kalium dalam bisa menolong menyetarakan ulang volume darah. Dengan demikian, tekanan darah berangsur jadi menurun.

5. Menguatkan prosedur imun serta menahan infeksi

Melon termaksud buah dengan vitamin C yang berfaedah untuk imun badan. Menurut analisis dalam jurnal Nutrients, vitamin C percepat peralihan beberapa sel imun ke ruang infeksi dan menstimulasi sel khusus untuk makan bakteri.

Vitamin C pun perkuat sel imun yang membuat perlindungan kumpulan sel badan dari kerusakan sepanjang menantang kuman. Supaya mekanisme imun Anda semakin kuat dan badan selalu terjaga dari infeksi, konsumsilah sedikitnya satu potong melon tiap hari.

6. Membikin tidur lebih pulas

Melon punya kandungan vitamin B6 yang menolong menggairahkan penciptaan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak dengan sejumlah manfaat, salah satunya membikin suasana hati konstan, menyebabkan rasa berbahagia, serta membuat Anda tidur lebih lelap.

Vitamin B6 menyebabkan produksi melatonin, hormon yang membikin Anda mengantuk saat malam hari . Sehingga, apabila Anda mempunyai kasus tidur, kemungkinan Anda dapat coba konsumsi sejumlah potong sebelumnya memutuskan untuk meminum obat tidur.

7. Kegunaan melon untuk kulit

Bila Anda pengin bikin cerah kulit dengan alami, coba mengkonsumsi tiap-tiap hari. memiliki kandungan vitamin C yang terpenting buat pembuatan collagen. Collagen ialah protein yang membuat, memiara, serta membenahi jaringan kulit Anda.

Tidak hanya itu, vitamin C pada melon punyai manfaat sebagai anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan akan buat perlindungan sel-sel kulit Anda dari kerusakan karena cahaya matahari dan radikal bebas. Hasilnya, kulit lantas masih kenyal, sehat, serta ceria.

8. Menolong memeriksa gula darah

Meski rasanya manis, termasuk buah yang aman dimakan pasien diabetes. Ini lantaran kandungan air dan serat di meperlambat peresapan gula pada tubuh hingga menghindari serta turunkan gula darah secara sekejap.

Suatu laporan study di Tiongkok juga sebutkan, konsumsi buah secara teratur dapat turunkan resiko diabetes sejumlah 12 %. Di pasien diabetes, tradisi sehat ini pula bisa turunkan dampak kompleksitas pada jantung, ginjal, dan saraf.

9. Kegunaan melon untuk mata

Tidak kalah atas wortel, buah nyatanya pula mempunyai potensi bikin sehat mata Anda. Fungsi yang ini datang dari lutein serta zeaxanthin. Ke-2 nya termasuk selaku karotenoid, yaitu zat yang disebut bahan baku vitamin A.

Lutein serta zeaxanthin sebagai anti-oksidan yang dapat membuat perlindungan jaringan mata. Pelindungan ini kemungkinan bisa kurangi dampak kerusakan mata karena cahaya matahari, bertambahnya umur, dan lingkungan.

Melon mempunyai manfaat yang bermacam, dari sehatkan mata, menghindari dehidrasi, sampai mempertingkat kwalitas tidur. Anda bahkan juga tidak pakai ribet memproses buah ini untuk mendapatkan faedahnya. Cukup menjadikan menjadi cemilan harian Anda.

 

BACA JUGA YAH : 7 Yang menimbulkan Migrain Samping Kiri dan Langkah Menanggulanginya

By Admin