• Jum. Apr 19th, 2024

7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala

ByAdmin

Feb 12, 2023 #Sakit Kepala
Sakit Kepala

7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Ada beragam cara menghilangkan sakit kepala yang bisa Anda coba lakukan, baik dengan cara alami maupun obat-obatan medis. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, terlebih jika sakit kepala yang dialami telah memicu rasa tidak nyaman dan menghambat akitivitas.

Sakit kepala dapat dialami siapa saja dan terjadi kapan saja. Cara yang paling umum dilakukan dan cukup efektif untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, misalnya paracetamol, ibuprofen, atau aspirin.

Selain obat-obatan medis, cara alami seperti mengonsumsi jahe dan minuman berkafein hingga menggunakan aromaterapi juga bisa dilakukan untuk meredakan . Bahkan, beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa menghilangkan sakit kepala.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala wajar dialami siapa saja dan kapan pun. Saat sakit kepala datang, Anda akan merasakan sakit atau nyeri di kepala atau wajah. Ada banyak jenis  dengan penyebab yang berbeda-beda.  kadang-kadang juga bisa dikaitkan dengan penyakit atau cedera serius. Seringkali,  bersifat jangka pendek dan ringan. Namun, beberapa juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena tidak segera diatasi.

Begini Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Salah satu hal penting untuk dapat menghilangkan  dengan mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat melakukan perawatan yang tepat. Terdapat ragam cara menghilangkan , sebagai berikut. Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada beragam cara menghilangkan sakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Minum air putih

Saat Anda mengalami sakit kepala, coba ingat kembali apakah Anda sudah minum air yang cukup saat itu. Hal ini karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa memicu sekaligus memperparah keluhan  yang dialami. Jadi, guna mencegah dan mengatasinya, biasakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

2. Istirahat dan tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk menyebabkan . Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang dengan membandingkan frekuensi dan keparahan sakit kepala pada mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam dan mereka yang tidur lebih lama. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur mengalami sakit kepala lebih sering dan parah. Jadi, perbaiki pola tidur Anda juga menjadi salah satu cara menghilangkan . Selain itu, memiliki pola tidur yang cukup juga dapat mencegah sakit kepala di masa mendatang.

Tak hanya kurang minum, kurang tidur juga bisa menyebabkan . Oleh karena itu, saat  menyerang, Anda dianjurkan untuk istirahat dan memenuhi waktu tidur guna meringankan keluhan yang diderita. Setidaknya Anda perlu tidur selama 7–9 jam setiap harinya.

Saat hendak tidur, pastikan lampu ruangan sudah diredupkan atau dimatikan. Ini dilakukan agar Anda dapat segera tertidur dan tidak terkena paparan cahaya yang menyilaukan dan justru bisa memperparah keluhan sakit kepala.

3. Kompres hangat atau dingin

Cara menghilangkan  selanjutnya adalah mengompres kepala dengan kompres hangat atau dingin. Kompres hangat mampu mengendurkan otot yang tegang sehingga bisa meredakan sakit kepala, sedangkan kompres dingin bisa meredamkan rasa nyeri yang muncul.

4. Pijat kepala yang sakit

Pijatan lembut bagian dahi, leher, dan pelipis selama beberapa menit untuk meredakan. Pasalnya, tekanan lembut yang diberikan dapat meringankan ketegangan otot sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

5. Lakukan peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang akibat stres. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan peregangan, relaksasi, atau meditasi guna meredakan ketegangan otot yang terjadi. Dengan otot yang rileks, keluhan sakit kepala umumnya bisa segera teratasi.

6. Hirup uap aromaterapi

Meski perlu diteliti lebih lanjut, sebagian orang merasa  dapat mereda saat menghirup uap aromaterapi. Ini karena kandungan tertentu yang ada dalam minyak esensial umumnya bersifat menenangkan, sehingga dapat meredakan .

Jenis minyak esensial yang kerap dijadikan sebagai obat sakit kepala adalah peppermint, chamomile, dan lavender.

7. Minum vitamin B kompleks

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B kompleks bisa mengurangi gejala . Vitamin B kompleks juga dianggap aman untuk dikonsumsi secara teratur karena termasuk dalam vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihannya bisa dikeluarkan melalui urine.

Efektivitas cara menghilangkan  di atas akan berbeda pada setiap orang. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda dan bisa saja menderita jenis  yang berbeda pula.

Jadi, jika berbagai cara di atas telah Anda terapkan, tetapi keluhan  belum juga mereda, sering kambuh, atau disertai gejala lain, cobalah periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab  dan menentukan penanganan yang tepat.

8. Menggunakan Kompres Hangat

Gunakan kompres hangat dianggap dapat membantu meredakan sakit kepala. Kompres hangat akan membantu mengurangi rasa nyeri dan meredakan tegang otot yang terjadi akibat kepala. Anda bisa menggunakan bantalan pemanas (heating pad) dan menempelkannya ke leher atau bagian belakang kepala. Namun, jika Anda tidak memiliki heating pad, Anda bisa menggunakan handuk hangat yang direndam dalam air hangat. Selain dengan mengompres, Anda juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat untuk dapat menghilangkan kepala.

 

BACA JUGA YAH :  Cara Membuat Detergen Cair, Wajib Dicoba 2023

By Admin