• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

Sudah Tahu Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks?

ByAdmin

Mar 20, 2023
Sudah Tahu Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks?

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks Kalau kamu masih menganggap kehidupan seks dan kebiasaan sehat adalah dua hal yang terpisah, saatnya mengubah mindset itu.

Dengan kebiasaan sehat seperti tidur yang berkualitas, mampu mengelola stres dengan baik, memenuhi kebutuhan nutrisi lewat pola makan seimbang, dan rutin berolahraga dapat mendukung libido dan stamina pada performa puncak.

Ternyata kadar vitamin D dalam darah (yang secara teknis merupakan hormon) juga dapat memengaruhi kehidupan seks kamu. Tingkat vitamin D dalam tubuh bisa menentukan pengalaman seksualmu menjadi lebih baik, atau sebaliknya.

Dari studi reproduksi dan kesehatan seksual, ada bukti menarik yang menunjukkan kalau vitamin D memiliki peran penting dalam kehidupan intim laki-laki maupun perempuan. Selengkapnya kita bongkar di sini.
Sudah Tahu Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks?

Manfaat vitamin D untuk perempuan

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks Beberapa penelitian banyak menguatkan fakta kalau kadar vitamin D memengaruhi kesuburan perempuan. Merujuk studi dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2014, kekurangan asupan vitamin D berdampak negatif bagi kesuburan perempuan.

Memastikan kecukupan vitamin D dianggap bisa menunjang kesuburuan. Terbukti dalam studi dalam jurnal Nutrients Scientific Review tahun 2022, suplementasi dan kadar vitamin D yang optimal dapat mendukung kehamilan yang sehat bagi ibu maupun bayi.

Selain berdampak signifikan pada kesehatan reproduksi, vitamin D juga dikatikan dengan kenikmatan seksual. Menurut riset bertajuk Sexual Function and Depressive Symptoms in Young Women with Low Vitamin D status: A Pilot Study tahun 2016, kadar vitamin D yang sehat pada tubuh berhubungan dengan hasrat seksual, orgasme, dan kepuasan intim yang lebih tinggi pada perempuan.

Kaitan antara estrogen dengan vitamin D

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks Estrogen adalah hormon reproduksi yang dibuat di ovarium dan testis yang diperlukan untuk kehamilan, dorongan seksual, serta produksi sperma.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perempuan menopause (penurunan estrogen) yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengalami sindrom metabolik, yang bisa berpengaruh terhadap kesejahteraan seksual.

Memiliki sindrom metabolik berarti berpotensi mengalami sekelompok kondisi seperti tekanan darah tinggi, gula darah, kolesterol, dan kelebihan lemak perut.

Menurut studi dalam jurnal Current Urology tahun 2018, perempuan yang merasakan sindrom metabolik terdampak negatif dalam hal penurunan libido, kesulitan orgasme, dan kepuasan seks yang lebih rendah.

Menurut para peneliti, vitamin D bisa meningkatkan sistem kardiovaskular, sistem saraf, dan fungsi hormon, yang semua itu mendukung hasrat seksual.

Penuhilah kebutuhan vitamin D setiap hari. Menurut laman Kemenkes, dosis vitamin D biasanya disarankan pada 600 IU per hari (15 mcg) dan ini dapat didapat baik melalui matahari, makanan, maupun suplemen.

Manfaat vitamin D untuk laki-laki
Sudah Tahu Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks?

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks Laki-laki dengan kadar vitamin D yang cukup memperoleh skor lebih tinggi dalam fungsi ereksi, orgasme, dan hasrat seksual dibanding laki-laki yang kekurangan vitamin D.

Itu menyatakan secara eksplisit bahwa terpenuhi kebutuhan vitamin D bisa memberikan kepuasan seksual yang lebih baik bagi laki-laki, menurut hasil studi dalam International Journal of Impotence Research tahun 2018.

Manfaat vitamin D untuk kesehatan seks laki-laki tidak berakhir di situ. Tinjauan ilmiah Vitamin D and Male Fertility: An Updated Review tahun 2020 menemukan kegunaan vitamin D untuk meningkatkan molititas sperma (metrik vital untuk kesuburan laki-laki).

Konsumsi suplemen vitamin D harian diketahui bisa meningkatkan level testosteron pada laki-laki yang obesitas, berdasarkan riset dalam jurnal Hormone and Metabolic Research tahun 2010.

Peningkatan hormon testosteron sejauh ini terbukti mendorong kemampuan seksual yang lebih baik, mengingat testosteron adalah hormon seks utama pada laki-laki.

Merujuk riset dalam jurnal The Aging Male tahun 2017, konsumsi vitamin D bisa meningkatkan fungsi ereksi bila dikaitkan dengan kenaikan level testosteron.

Kaitan antara testosteron dengan vitamin D

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks Menurut studi dalam jurnal Scientific Reports tahun 2021, laki-laki yang kekurangan vitamin D lebih cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih rendah. Sayangnya, penurunan level testoreon berarti kemunduran dalam kehidupan seksual.

Kabar baiknya, meningkatkan asupan vitamin D bisa membantu. Riset bertajuk Vitamin D and Male Sexual Function: A Transversal and Longitudinal Study tahun 2018 menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat meningkatkan fungsi seksual.

Laki-laki yang mengonsumsi vitamin D merasakan peningkatan kadar testosteron dan melaporkan lebih mampu untuk mendapatkan serta mempertahankan ereksi. Mengapa itu bisa terjadi?

Sebab, vitamin D memengaruhi kesehatan pembuluh darah, dan ereksi butuh aliran darah yang tepat. Fakta lainnya, vitamin D juga merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel pelapis pembuluh darah. Ini berperan penting dalam membantu rileks yang akhirnya memperkuat aliran darah.

Namun, harus diingat bahwa vitamin D tidak berhubungan langsung dengan gairah seksual, melainkan dikaitkan dengan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi yang bisa mengganggu ereksi bila tubuh mengalami defisiensi vitamin D.

Mengoptimalkan kehidupan seks dengan pemenuhan kebutuhan vitamin D
Sudah Tahu Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan Seks?

Manfaat Spesial Vitamin D buat Kesehatan SeksTingkat vitamin D yang kurang optimal secara konsisten menunjukkan hasil respons seksual yang tidak diinginkan. Ini dikonfirmasi oleh banyak studi, terlepas dari apakah partisipan penelitian adalah laki-laki atau perempuan.

Ini bukan pertanda baik untuk kehidupan seks rata-rata orang dewasa, karena dilansir laman Rumah Sakit Olahraga Nasional, jumlah orang yang mengalami defisiensi vitamin D mencapai satu miliar secara global.

Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki kekurangan vitamin D. Cara yang efektif memang berjemur di luar ruangan pada jam-jam tertentu, karena sebagian besar vitamin D diproduksi oleh kulit sebagai respons terhadap sinar matahari. Namun, pastikan untuk memakai sunscreen di bawah 30 SPF dan pakaian yang mendukung agar tidak menghalangi penyerapan sinar matahari.

Cara kedua untuk meningkatkan kadar vitamin D adalah melalui makanan yang tinggi nutrisi seperti salmon, telur, susu, tahu, atau jus jeruk. Kamu juga bisa melengkapi kebutuhan harian vitamin D lewat suplemen. Namun, bicarakan penggunaan suplemen terlebih dulu dengan dokter.

Memenuhi kebutuhan harian vitamin D bisa menjadi upaya untuk menjaga kehidupan seks yang optimal. Berbagai studi telah membuktikan bahwa kadar vitamin D yang tercukupi dikaitkan dengan gairah seks yang sehat, orgasme yang lebih baik, dan peningkatan hasil kesuburan. Jadi, vitamin D dapat membantu kamu dan pasangan mencapai kehidupan seks yang berkualitas.

By Admin