• Sab. Mar 23rd, 2024

7 Manfaat Minum Kopi Tiap Hari, Panjang Umur dan Cegah Kanker

7 Manfaat Minum Kopi Tiap Hari, Panjang Umur dan Cegah Kanker

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Sudah sejak lama, kopi menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia. Terlebih lagi sekarang kopi berubah menjadi minuman yang “keren”. Tak heran karena coffee shopspecialty coffee, dan bahkan kopi susu kemasan memiliki andil dalam mengemas minuman tersebut agar disukai oleh Millennials dan Gen Z.

Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan performa kerja, kopi ternyata juga memiliki khasiat lain yang baik untuk kesehatan kita. Terutama jika dikonsumsi setiap hari. Apa sajakah itu? Yuk, simak 7 manfaat minum kopi setiap hari untuk kesehatan berikut ini.
7 Manfaat Minum Kopi Tiap Hari, Panjang Umur dan Cegah Kanker

1. Membantu turunkan berat badan

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Kafein yang ada di dalam kopi ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan. Bahkan zat tersebut pun banyak ditemukan di dalam suplemen diet. Ini terjadi karena kafein mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh secara keseluruhan. Proses tersebut esensial untuk membakar lemak ekstra.

Dilansir dari Healthline, studi pada tahun 2004 menemukan bahwa kafein juga bisa meningkatkan pembakaran lemak.  Proses tersebut akan meningkat sebanyak sepuluh persen pada orang yang obesitas dan 29 persen pada orang dengan berat badan normal.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat sedunia. Menurut data dari Diabetes Research, diperkirakan setidaknya 23,1 juta orang di dunia menderita penyakit tersebut.

Ternyata salah satu obatnya ada dekat dengan kita, yakni kopi. Ini karena kopi bisa menurunkan sensitivitas insulin, hormon yang mengatur metabolisme gula darah. Studi pada tahun 2009 menemukan bahwa risiko terkena diabetes pada seseorang bisa menurun hingga tujuh persen dalam setiap kopi yang diminumnya.

Sementara, studi lain melaporkan bahwa risiko tersebut dapat turun hingga 50 persen untuk orang yang mengonsumsinya setiap hari. Namun perlu diingat bahwa meminumnya dengan gula dan pemanis tambahan lainnya sama saja dengan menghilangkan khasiat tersebut.

3. Kopi baik untuk hatimu
7 Manfaat Minum Kopi Tiap Hari, Panjang Umur dan Cegah Kanker

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Minum kopi memang bisa membahagiakan hati kita. Tidak hanya secara konotatif, tetapi juga secara harfiah. Dilansir dari One Medical, kopi ternyata bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan hati kita.

Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi kopi setiap hari dengan penurunan risiko sirosis hingga 20 persen. Ini bisa terjadi karena kandungan yang ada di dalam kopi bisa menurunkan enzim hati yang mampu menyebabkan inflamasi di organ tersebut.

4. Kesehatan otak tetap terjaga

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Sudah bukan rahasia lagi kalau kafein yang ada di dalam kopi bisa meningkatkan kerja otak kita. Itulah kenapa banyak orang yang mengonsumsinya di pagi hari dengan tujuan bisa produktif seharian.

Ternyata manfaat tersebut tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek saja, lho. Faktanya, jika kita mengonsumsi kopi secara rutin, otak akan tetap terjaga hingga tua nanti. Bagaimana bisa, ya?

Dilansir dari jurnal Frontiers in Neuroscience, zat bernama phenylindanes dalam kopi bisa memproteksi otak dari protein beracun penyebab penyakit otak. Hal ini akan menghindarkan kita dari alzheimer, parkinson, dan penyakit degeneratif lainnya.

5. Mencegah pertumbuhan sejumlah kanker

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Jika kamu masih belum tergugah untuk minum kopi setiap hari, kamu harus tahu bahwa minuman tersebut memiliki khasiat besar lainnya, yaitu mencegah kanker. Pada laki-laki, kopi mampu menurunkan risiko kanker prostat. Untuk kaum hawa, minuman tersebut bisa menurunkan risiko kanker endometrium hingga 25 persen.

Bukan itu saja, masih banyak jenis kanker lain yang dapat dicegah dengan minum kopi secara rutin. Dilansir dari laman CDC, di antaranya adalah kanker payudara, pankreas, kandung kemih, usus, hati, hingga leukemia. Hebat, kan?

6. Membantu menurunkan asam urat

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Kopi juga bisa menurunkan dan menekan pertumbuhan asam urat dalam tubuh kita. Menurut penelitian Nurses’ Health Study, perempuan yang mengonsumsi kopi setiap hari akan mengalami penurunan asam urat dari 23 hingga 57 persen. Sedangkan pada laki-laki, kadar asam urat menurun sebanyak 40 hingga 60 persen.

Ternyata hal ini bisa terjadi berkat kandungan antioksidan kopi yang sangat kuat. Zat tersebut mampu mengurangi kadar insulin yang akhirnya berdampak pada penurunan asam urat dalam tubuh kita.

7. Peminum kopi hidup lebih lama menurut penelitian

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Itulah 7 manfaat minum kopi setiap hari bagi kesehatan kita. Selain memproteksi kita dari berbagai penyakit berbahaya, kopi secara general mampu membuat kita hidup lebih lama. Ini dibuktikan melalui studi dari New England Journal of Medicine tahun 2012.

Penelitian yang dilakukan selama 13 tahun tersebut berhasil menguak seberapa besar peran kopi dalam menurunkan risiko kematian pada manusia. Hasilnya pun beragam tergantung pada seberapa banyak kopi yang diminum dalam sehari.

  • Satu cangkir: risiko kematian menurun hingga lima persen.
  • Dua hingga tiga cangkir: risiko kematian menurun 10 (laki-laki) hingga 13 persen (perempuan).
  • Empat hingga lima cangkir: risiko kematian menurun 12 (laki-laki) hingga 16 persen (perempuan).
  • Lebih dari enam cangkir: risiko kematian menurun 10 (laki-laki) hingga 15 persen (perempuan).

Lalu seberapa banyak konsumsi kopi yang dianjurkan dalam sehari?

Manfaat Minum Kopi Tiap Hari Kopi memang sangat baik untuk kesehatan. Namun konsumsi yang terlalu banyak pun tidak disarankan. Sebab, minuman tersebut dapat membuat kita kecanduan, meningkatkan kolesterol jika tidak diolah dengan baik, serta mengganggu pola tidur.

Maka dari itu, kita harus mengonsumsinya sesuai dengan jumlah yang disarankan. Jika dilihat dari studi New England Journal of Medicine di atas, puncak dari khasiat kopi dapat dirasakan jika kita meminum empat hingga lima cangkir sehari. Jadi itu adalah batas konsumsi yang disarankan.

Penting pula diketahui bahwa sebaiknya tidak terlalu banyak menambahkan gula atau perasa manis lainnya untuk mencegah peningkatan gula darah. Selain itu, tidak ada efek samping lainnya yang perlu dikhawatirkan kok. Selamat minum kopi, ya!

By Admin