• Sab. Sep 23rd, 2023

Kenali 5 Manfaat Mengenakan Sport Bra saat Berolahraga, Lebih Nyaman!

Kenali 5 Manfaat Menggunakan Sport Bra saat Berolahraga, Lebih Nyaman!

Manfaat Mengenakan Sport Bra Bagi perempuan yang gemar berolahraga, tentunya tidak asing lagi dengan istilah sport bra. Seperti namanya, sport bra adalah pakaian yang dirancang khusus untuk dikenakan saat berolahraga. Sport bra tidak diciptakan hanya untuk gaya-gayaan, melainkan untuk mendukung kesehatan.

Payudara memiliki jaringan fibrosa yang disebut ligamen Cooper yang menempel pada dinding dada. Ligamen ini tidak kencang dan karenanya sangat sensitif terhadap gerakan. Payudara juga terdiri dari banyak saraf sensitif yang dapat terpengaruh oleh aktivitas dan gerakan agresif. Mengenakan sport bra saat berolahraga dapat menopang payudara dengan baik dan mencegah cedera. Sebaliknya, tidak mengenakan sport bra yang pas dapat memicu kerusakan permanen pada jaringan payudara.

Di sini, kita akan membahas lebih dalam apa saja manfaat mengenakan sport bra saat berolahraga.
Kenali 5 Manfaat Menggunakan Sport Bra saat Berolahraga, Lebih Nyaman!

1. Mengurangi pantulan payudara

Manfaat Mengenakan Sport Bra Saat melakukan olahraga yang dinamis, payudara akan banyak memantul, yang selanjutnya menyebabkan ketidaknyamanan pada area dada. Menurut Sports Bras Direct, salah satu tujuan sport bra adalah untuk mengurangi pantulan payudara.

Untuk mengurangi pantulan payudara secara efektif, kamu harus mengenakan sport bra dengan ukuran yang pas. Jika masih pemula, kamu mungkin memerlukan bantuan dari penjaga toko untuk mendapatkan sport bra yang pas.

Juga, perlu diingat, setelah digunakan selama beberapa saat, sport bra bisa kehilangan elastisitas dan tidak mampu memberikan dukungan maksimal. Jadi, kamu perlu menggantinya secara berkala.

2. Mengatasi ketegangan pada bahu dan punggung

Manfaat Mengenakan Sport Bra Ketegangan pada bahu dan punggung adalah hal yang umum dialami oleh perempuan dengan payudara besar. Hal ini dapat diatasi dengan mengenakan sport bra yang dirancang dengan baik dan suportif, dikutip dari laman Gambol.

Untuk mendapatkan dukungan maksimal, pilih sport bra dengan model enkapsulasi, racerback, atau criss-cross back. Untuk orang yang kerap mengeluhkan sakit punggung atau bahu, disarankan untuk mengenakan sport bra saat beraktivitas sehari-hari, bukan hanya saat berolahraga.

3. Meningkatkan performa olahraga
Kenali 5 Manfaat Menggunakan Sport Bra saat Berolahraga, Lebih Nyaman!

Manfaat Mengenakan Sport Bra Percaya atau tidak, mengenakan sport bra yang suportif, nyaman, dan pas dapat meningkatkan performa olahraga? Ini karena untuk melakukan yang terbaik, kamu harus fokus dan bebas dari gangguan.

Menurut Sports Bras Direct, dengan sport bra yang tepat, dinding payudara berada dalam posisi terbaik dan kesehatan keseluruhan jaringan payudara akan terjaga. Tidak akan ada guncangan yang mengganggu dan kamu pun akan merasa nyaman dengan berbagai gerakan.

4. Mencegah payudara kendur

Manfaat Mengenakan Sport Bra Ligamen dan kulit payudara sangatlah sensitif. Gerakan yang berulang dikombinasikan dengan dukungan yang tidak memadai dapat menarik kulit dan ligamen, yang dalam jangka panjang akan menyebabkan payudara kendur.

Bra biasa tidak dapat memberikan dukungan penuh pada payudara selama berolahraga. Mengenakan sport bra saat berolahraga dapat membantu mencegah payudara kendur karena memberikan dukungan yang lebih baik daripada bra biasa. Untuk memberikan dukungan maksimal, laman India menyarankan untuk menggunakan sport bra bergaya enkapsulasi daripada jenis kompresi uniboob.

5. Meningkatkan peredaran darah dan menyerap keringat
Kenali 5 Manfaat Menggunakan Sport Bra saat Berolahraga, Lebih Nyaman!

Manfaat Mengenakan Sport Bra Berbagai jenis sistem pendukung, seperti pengait dan karet pada bra konvensional sering kali mengganggu kesehatan sirkulasi darah. Beralih dari bra biasa ke sport bra dapat menjadi solusi untuk masalah ini, dikutip laman Clovia.

Selain itu, sport bra juga dirancang untuk dapat menyerap keringat dari tubuh dan meningkatkan aliran udara ke kulit untuk membuat seseorang tetap sejuk dan kering sepanjang hari. Sport bra juga dirancang untuk meningkatkan mobilitas, mengembalikan postur tubuh, meredakan ketegangan leher, serta mengurangi nyeri punggung dan bahu. Bra semacam ini terbukti membantu memperbaiki postur tubuh.

Jadi, selain berolahraga secara teratur, pastikan kamu mengenakan sport bra yang pas untuk semakin memaksimalkan manfaat olahraga.

By Admin