• Sab. Apr 20th, 2024

Gunakan Banyak Bahasa, 5 Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting

Menggunakan Banyak Bahasa, 5 Manfaat Menerapkan Plurilingual Parenting

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Setiap orangtua pasti memiliki gaya asuh yang berbeda-beda. Salah satu di antaranya ialah prulingual parenting. Sesuai dengan namanya, gaya asuh ini mengajarkan banyak bahasa sekaligus kepada anak-anak.

Beberapa ahli psikolog pun menyampaikan jika gaya prulingual parenting ini memberikan banyak manfaat terhadap tumbuh kembang sang anak. Penasaran apa aja? Berikut IDN Times telah merangkumnya untukmu!
Menggunakan Banyak Bahasa, 5 Manfaat Menerapkan Plurilingual Parenting

1. Mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Para orangtua pasti sudah paham terkait perbedaan, baik itu suku, ras, agama, hingga bahasa. Perbedaan yang ada pun memberikan peluang kepada tiap manusia untuk dapat saling menghargai antar satu sama lain.

Menghargai perbedaan ini  menjadi nilai dasar yang perlu diajarkan kepada anak sedari dini. Salah satunya dengan mengajarkan mereka terhadap beberapa bahasa sekaligus. Melalui pemahaman banyak bahasa, pikiran mereka pun akan lebih mudah memaknai arti perbedaan yang sebenarnya. “Secara historis, keragaman adalah masalah yang perlu dikelola dan ilmu teoretis menggabungkan bahasa dengan kelas sosial,” kata Dr. Max Antony-Newman, seorang profesor di Sheffield Hallam University, dikutip The Guardian

2. Meningkatkan kecerdasan anak

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Mengajarkan banyak bahasa sebagai bentuk parenting merupakan salah satu upaya orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak. Sebab, banyaknya kosa kata yang berbeda dapat mengantarkan anak memiliki ingatan dan tingkat fokus yang baik.

Alhasil, berbagai hal pun dapat dengan mudah diterima otak anak. Bahkan, dilansir Parent Circle, hasil penelitian dari Annals of Neurology oleh American Neurological Association mengungkapkan bahwa anak-anak yang menguasai dua bahasa sekaligus akan terhindar dari demensia.

3. Memudahkan anak menghadapi perubahan
Menggunakan Banyak Bahasa, 5 Manfaat Menerapkan Plurilingual Parenting

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Dengan menerapkan prulingual parenting, secara tidak langsung para parents telah membantu menyiapkan mental anak dalam menghadapi berbagai macam perubahan. Hal ini tentu menjadi sangat penting, mengingat kehidupan di masa depan yang lebih menjanjikan akan perkembangan teknologi. “Mempelajari bahasa baru dapat mempertajam keterampilan dan menggabungkan elemen yang berbeda, yang kemudian mengarah pada lebih banyak fleksibilitas dalam pembelajaran dan proses kognitif,” jelas Sindhuja Manohar, seorang psikolog dan konselor sekolah, dikutip Parent Circle.

4. Meningkatkan skill komunikasi anak

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Salah satu skill yang dapat menunjang masa depan seseorang adalah komunikasi. Sebagai makhluk sosial, komunikasi memang memberikan peranan penting sebagai cara untuk saling bertukar informasi.

Oleh karena itu, mengajarkan banyak bahasa kepada anak akan membantu meningkatkan skill komunikasi mereka. Tidak hanya tatanan kata, anak dengan kemampuan dua bahasa atau lebih juga akan memiliki kepercayaan diri yang baik. Mereka lebih percaya diri tampil depan umum dan ini menjadi manfaat penting yang gak boleh disepelekan.

5. Memberikan peluang yang besar bagi masa depan
Menggunakan Banyak Bahasa, 5 Manfaat Menerapkan Plurilingual Parenting

Manfaat Menerapkan Prulingual Parenting Memanfaatkan peluang yang ada menjadi salah satu kunci agar anak memiliki masa depan yang lebih cerah. Hal ini juga dapat dirasakan ketika mengajarkan prulingual parenting.

Dengan kemampuan menguasai banyak bahasa sekaligus akan membuat anak memiliki value yang menjadi keunggulan anak dibandingkan orang lain.Value yang dimanfaatkan dengan baik akan mengantarkan anak lebih mudah dalam mengejar sesuatu.

Wah, ternyata prulingual parenting memiliki banyak manfaat yang patut diperhitungkan, ya. Gak hanya meningkatkan kecerdasan, tapi juga menjadi nilai unggul bagi anak. Lantas, apakah kamu tertarik menerapkan gaya parenting ini?

By Admin