• Sel. Sep 26th, 2023

5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Turunkan Tekanan Darah

5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Turunkan Tekanan Darah

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Apakah kamu senang memelihara hewan? Memelihara hewan bukan urusan yang gampang. Diperlukan rasa tanggung jawab untuk selalu menjaga kesehatannya.

Kendati demikian, hewan peliharaan membawa kebahagiaan bagi para pemiliknya. Tingkah polahnya yang lucu selalu bisa membuat gemas. Selain itu, ternyata ada beberapa dampak positif ketika kita memelihara hewan di rumah. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini, yuk!
5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Turunkan Tekanan Darah

1. Merangsang kita untuk lebih aktif bergerak

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Saat memelihara hewan ada komitmen yang perlu dipegang. Tidak hanya sekadar menikmati tingkahnya yang lucu, kita juga perlu mengajaknya bermain. Interaksi yang kita lakukan dengan hewan peliharaan secara otomatis merangsang tubuh kita untuk aktif bergerak.

Dengan aktif bergerak, kita memiliki pola hidup yang sehat. Tanpa disadari, merawat dan bermain dengan hewan peliharaan akan membakar kalori tubuh. Sangat menyenangkan, bukan?

2. Mengusir rasa kesepian

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Kesepian dapat melanda siapa saja. Bahkan, dalam kerumunan manusia yang ramai pun kita masih bisa merasa sepi. Namun demikian, kehadiran hewan peliharaan bisa mengusir rasa sepi tersebut.

Dilansir Everyday Health, pada tahun 2019 Human Animal Bond Research Institute and Mars Petcare melaporkan 80% pemelihara hewan mengatakan bahwa hewan yang dipelihara mampu mengurangi rasa sepi. Persahabatan antara hewan dan sang pemelihara bisa menjadi sangat berharga.

3. Menurunkan tekanan darah
5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Turunkan Tekanan Darah

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Dalam sebuah clinical trial yang dipublikasi melalui jurnal Psychosomatic Medicine ditemukan bahwa orang yang merawat hewan peliharaan memiliki detak jantung dan tekanan darah yang lebih rendah. Penelitian itu melibatkan 240 pasangan yang telah menikah, setengah dari mereka adalah pemilik hewan peliharaan.

Penelitian tersebut juga melihat reaktivitas kardiovaskular terhadap stres psikologis dan fisik. Selama periode stres diperlihatkan bahwa pemilik hewan peliharaan mengalami heart race dan tekanan yang lebih kecil.

4. Baik untuk kesehatan mental

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Kehidupan yang tidak pernah pasti, kegagalan, dan tekanan lingkungan terkadang membikin kita jadi cemas dan stres. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memelihara kesehatan mental. Ternyata, memelihara hewan bisa turut menjaga kualitas mental kita.

Sebuah penelitian dari University of Queensland melibatkan 52 studi kasus untuk mengamati kesehatan mental pemilik hewan peliharaan. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang dewasa yang memelihara hewan di rumah mempunyai kualitas hidup yang lebih tinggi. Mereka cenderung tidak memiliki gejala depresi dan kecemasan.

5. Menumbuhkan rasa empati
5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Turunkan Tekanan Darah

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah Sebagai makhluk sosial, tentunya rasa empati perlu kita wujudkan terhadap sesama. Rasa empati ini perlu ditumbuhkan sejak dini. Rasa empati berhubungan dengan pemahaman dan respons di lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, orang tua wajib melatih empati anak-anak.

Salah satu cara melatih empati anak-anak adalah dengan memiliki hewan peliharaan di rumah. Dilansir Psychology Today, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan lebih cenderung menunjukkan empati dan tingkat interaksi sosial yang lebih tinggi.

Apakah sederet manfaat di atas juga kamu rasakan saat memiliki hewan peliharaan? Ternyata memelihara hewan sangat berdampak positif bagi fisik dan mental kita. Buat yang belum memiliki hewan peliharaan, apakah kalian juga tertarik untuk merawat hewan peliharaan di rumah?

By Admin