• Jum. Feb 23rd, 2024

5 Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina, Sumber Detoksifikasi

5 Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina, Sumber Detoksifikasi

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Beberapa orang sepertinya masih asing dengan nama tanaman ini. Sebenarnya, tanaman ini memiliki nama lain seperti kopiah Baikal, Huang Qin dan Scutellaria baicalensis. Hal yang membuat tanaman ini disebut sebagai kopiah Cina karena umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.

Manfaat kesehatan akar kopiah Cina sudah lama terkenal di kalangan pengonsumsi obat herbal. Selain nutrisi tumbuhan keluarga mint ini berguna untuk kurangi stres oksidatif pada jaringan tubuh, manfaat kesehatan akar kopiah Cina lainnya ada banyak, lho.
5 Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina, Sumber Detoksifikasi

1. Memperkuat memori

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Dalam sebuah studi tahun 2008 pada tikus, para ilmuwan menemukan bahwa oroxylin A dalam tanaman ini dapat membantu melindungi terhadap gangguan memori yang disebabkan oleh amyloid beta. Amyloid beta adalah zat yang membentuk plak otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Mengutip Gilbert Lab, ada sejumlah mekanisme biokimia yang terlibat dalam manfaat neuroprotektif kopiah China. Para ilmuwan berpendapat bahwa interaksinya dengan sistem GABA, dengan heat shock protein 70 (HSP70), dan dengan mitogen-activated protein kinases (MAPKs), semuanya merupakan mekanisme di balik kemampuannya yang luar biasa untuk memberikan perlindungan pada otakmu.

2. Mencegah kanker prostat

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Senyawa dalam akar kopiah cina dimungkinkan efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Ini ditemukan oleh sebuah penelitian pada tahun 2005 ketika diuji pada tikus.

Melansir Verywell Health, kopiah China adalah konstituen dari formula herbal PC-SPES. Meskipun sejumlah penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa PC-SPES dapat menggagalkan pertumbuhan sel kanker prostat, tidak diketahui apakah efek antikanker tersebut disebabkan oleh aksi herbal atau obat resep.

3. Obat anti kanker
5 Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina, Sumber Detoksifikasi

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Mengutip Self Decode, penelitian tentang potensi antikanker kopiah Cina telah banyak dilakukan pada hewan dan sel. Saat diuji dalam tabung, akar kopiah Cina ditemukan efektif dalam membunuh sel-sel kekebalan kanker anak-anak yang menderita leukemia tanpa efek berbahaya. Akar kopiah Cina juga bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis sel kanker, seperti kanker ovarium, payudara, hati, pankreas, leukemia, kandung kemih, dan usus besar.

Namun, uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil awal ini. Yang penting, jangan pernah menggunakan kopiah Cina untuk menggantikan terapi antikanker yang telah terbukti diresepkan oleh dokter.

4. Mengatasi diabetes

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Akar kopiah Cina cukup efektif menurunkan gula darah. Tanaman ini mengurangi stres oksidatif dan gula darah tinggi.

Berdasarkan situs Lybrate, kopiah China mampu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas dan membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh. Selain itu, telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol, yang merupakan faktor yang memperburuk diabetes.

5. Sumber detoksifikasi
5 Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina, Sumber Detoksifikasi

Manfaat Kesehatan Akar Kopiah Cina Teh kopiah membantu mendetoksifikasi tubuhmu dan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan. Hal ini telah dikaitkan dengan peningkatan aktivitas antioksidan di hati, yang merupakan salah satu organ yang paling lambat pulih, dan efek ini dapat meningkatkan efisiensi hati secara signifikan.

Selain manfaat kesehatan akar kopiah Cina di atas, ekstrak ramuan tanaman ini juga mampu mengurangi kadar racun dalam tubuh serta darah. Hal ini akan meningkatkan kesehatan serta kebugaran seseorang yang mengonsumsi tanaman herbal ini.

By Admin