• Jum. Mar 24th, 2023

5 Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Sekitarmu

5 Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Sekitarmu

Manfaat Hamparan Rumput Tentu saja kamu pernah berpikir mengapa banyak sekali rumput di sekelilingmu, seperti di halaman rumahmu dan di taman. Jangan salah sangka, matamu merasa sejuk kan setelah melihat hamparan rumput? Ya, tentu saja benar.

Hamparan rumput di sekitarmu ada manfaatnya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Kamu pun bisa menikmati manfaatnya dengan bersantai dan duduk di situ. Namun, perhatikan juga apakah hamparan rumputnya terdiri dari rumput liar atau rumput buatan agar kamu menikmati manfaat hamparan rumput secara maksimal.

Bagaimana dengan manfaat hamparan rumput untuk lingkungan sekitarmu? Apakah kamu sudah tahu? Jika belum, simak list berikut, ya!
5 Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Sekitarmu

1. Memurnikan kualitas udara

Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan  Manfaat Hamparan Rumput Ketika udara lingkungan sekitarmu tidak segar dan minim pepohonan, kamu bisa menumbuhkan rumput. Rumput dapat memurnikan udara dengan menyerap karbon dioksida. Gas tersebut diolah untuk proses fotosintesis tanaman yang menghasilkan oksigen. Oksigen pun dilepaskan oleh rumput untuk memurnikan udara.

Dilansir Bai dan Cotrufo dalam jurnal Science, padang rumput yang ada di seluruh dunia dapat menyerap 2,3–7,3 miliar ton karbon dioksida per tahun. Hal tersebut bukan angka yang main-main untuk pemurnian udara.

Istimewanya lagi, rumput dapat menjadi pengganti pohon untuk memurnikan udara. Dilansir Dass, dkk. dalam jurnal Environmental Research, rumput dapat menyerap karbon dioksida lebih baik daripada pepohonan yang hampir tidak berfungsi. Sebab, rumput dapat menahan karbon dioksida tanpa terlepas lagi ke atmosfer.

2. Memperlambat penyebaran api

Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Manfaat Hamparan Rumput Ketika ada kebakaran dan ada rumput di sekitarnya, rumput dapat menahan laju api agar tidak cepat menyebar. Sebab, rumput menyimpan karbon dioksida di dalam akar dan tanah untuk menahan api dan memadamkannya secara perlahan.

Sementara itu, pepohonan menyimpan karbon dioksida di dalam batang dan daun. Ketika api melahap pepohonan tersebut, gas tersebut kembali ke atmosfer, sebagaimana dilansir Climate Change UC Davis. Oleh karena itu, lebih sulit memadamkan api yang menyerbu pepohonan daripada rerumputan.

3. Menyejukkan halaman rumahmu
5 Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Sekitarmu

Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan  Sadar tidak jika rumahmu dikelilingi oleh rerumputan, maka halaman rumahmu terasa sejuk? Ya, rumput dapat menyerap panas matahari yang mengenainya sebesar 50%. Sebaliknya, jika tidak ada rerumputan, halaman rumahmu pun akan terasa gersang dan lebih panas.

Dilansir Maryland Turfgrass Survey, suhu permukaan rumput lebih rendah 10-12 derajat Celcius daripada suhu permukaan beton atau aspal. Dapat dibandingkan juga bahwa rerumputan pada delapan rumah di Amerika Serikat memiliki kapasitas pendinginan sekuat 70 ton AC (air conditioner). Menakjubkan, ya!

4. Memurnikan air hujan

Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan  Ketika hujan, air hujan yang mengenai rerumputan akan dibersihkan terlebih dahulu sebelum turun menjadi air tanah. Air hujan dibersihkan dari polutan yang mengenainya, seperti debu, jelaga, dan polutan lainnya supaya aman digunakan oleh makhluk hidup, sebagaimana dilansir U.S. Environmental Protection Agency’s.

Ketika terjadi hujan asam yang membahayakan lingkungan, rumput juga dapat memurnikan air hujan asam tersebut. Rumput menyaring air hujan asam sehingga keasamannya berkurang sepersepuluh dari kondisi aslinya, sebagaimana dilansir Maryland Turfgrass Survey.

 

5. Mengurangi erosi tanah
5 Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan Sekitarmu

Manfaat Hamparan Rumput untuk Lingkungan  Tanah yang ditanami rumput dapat terhindar dari pengikisan atau erosi yang menyebabkan tanah turun. Dilansir Whiting, dkk. dari Colorado State University, rerumputan yang lebat dapat mengurangi erosi tanah akibat limpasan air hujan hingga 600 kali lipat dibandingkan area kebun.

Ketika terjadi erosi oleh angin, rumput pun tidak mudah terbawa angin. Sebab, rumput mempunyai sistem akar yang bercabang dan kuat, serta 90 persen berat rumput berada di akarnya. Oleh karena itu, tanamlah rumput dengan baik di lahan yang rentan terkena erosi.

Fantastis sekali, ya, manfaat rumput untuk lingkungan sekitarmu. Mulai sekarang, rawat rerumputan yang ada di sekitarmu dengan baik, ya!