• Sab. Apr 20th, 2024

5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari, Bagus untuk Kesehatan!

5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari, Bagus untuk Kesehatan!

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Kamu pasti sudah sangat familier dengan bawang merah, bukan? Bawang merah merupakan bumbu masak yang populer dimana-mana, termasuk Indonesia. Ciri khas bumbu masak ini adalah bentuknya yang mungil dengan warna merah.

Secara umum, bawang merah memiliki cita rasa yang khas dan sedikit pedas. Di balik kelezatannya, bawang merah juga menyimpan beberapa manfaat berikut ini yang baik untuk kesehatan. Simak, yuk!
5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari, Bagus untuk Kesehatan!

1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Bawang merah menjadi salah satu bumbu masak yang memiliki banyak manfaat positif. Bawang merah dapat menjaga kondisi organ tubuh agar selalu sehat dan baik, termasuk untuk mendukung kesehatan jantung.

Dilansir Healthline, bawang merah mengandung antioksidan tinggi untuk melawan inflamasi dan menurunkan kadar kolestrol pada tubuh. Tentunya ini akan sangat berpengaruh untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mampu melawan radikal bebas

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Seperti yang sebelumnya dibahas bahwa bawang merah memiliki kandungan antioksidan tinggi. Hal ini ternyata membawa manfaat baik lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir Natural Wellness, kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang merah ternyata dapat membantu melawan radikal bebas pada tubuh. Dengan demikian, bawang merah sangat membantu untuk memproteksi tubuh secara lebih maksimal.

3. Membantu meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang tak kalah penting untuk dijaga kesehatannya. Caranya tentu saja dengan mengonsumsi banyak makanan yang dapat memberikan manfaat baik untuk ginjal.

Dilansir India, bawang merah ternyata menjadi salah satu bumbu dapur yang sehat bagi orang-orang yang memiliki kadar kreatinin yang tinggi, serta fungsi ginjal yang kurang baik. Kandungannya dapat secara natural memperbaiki fungsi dan progres ginjal, sehingga dapat berjalan baik.

4. Mampu mengatasi gejala alergi
5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari, Bagus untuk Kesehatan!

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Alergi merupakan respon alami tubuh terhadap sesuatu. Termasuk salah satunya apabila mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan-bahan khusus pencetus alergi. Tak banyakyang tahu bahwa ternyata bawang merah menjadi obat alami dari alergi.

Dilansir Healthline, bawang merah menjadi sumber natural dari quercetin yang mampu menjadi suplemen baik untuk mengurangi gejala alergi. Dengan mengonsumsi bawang merah, maka setidaknya dapat menurunkan risiko alergi yang mungkin dirasakan.

5. Bawang merah cocok untuk penderita diabetes

Manfaat Bawang Merah yang Jarang Disadari Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Tidak heran jika salah satu cara dalam mencegah tingginya kadar gula tersebut adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang tepat. Termasuk salah satunya adalah rutin mengonsumsi bawang merah.

Dilansir HealthifyMe, bawang merah dipercaya menjadi makanan yang sangat baik untuk para penderita diabetes. Alasannya karena bawang merah mampu menjaga kadar gula pada tubuh.

Bawang merah memang menjadi bumbu masak yang bermanfaat. Meski demikian, tentu penggunaannya harus disesuaikan dengan kadar dan porsi masing-masing. Apakah kamu juga sering mengonsumsi bawang merah?

By Admin