• Sen. Jan 30th, 2023

Kisah Misteri Gunung Salak Bogor Ini Tidak Kalah Seram dari Badarawuhi

ByAdmin

Okt 22, 2022
gunung salak

 

Dahulunya gunung Salak disebut sebagai gunung Sapto Argo yang merupakan salah satu gunung berapiyang terdapat di Indonesia.

Lokasi gunung Salak masuk ke dalam wilayah kabupaten Sukabumi dan kabupaten Bogor Jawa Barat yang sejak tahun 2003 dikelola sebagai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Usia gunung salak sudah sangat tua dan memiliki beberapa puncak, diantara adalah puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan merupakan puncak tertinggi.

Asal nama gunung salak diambil dari Bahasa sansekerta yaitu Salaka yang memiliki arti “perak”.

Puncak selanjutnya adalah puncak Salak II dengan ketinggian 2.180 meter diatas permukaan laut (mdpl), selanjutnya adalah puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Di gunung Salak ini terdapat beberapa kawah yang masih aktif dan letaknya tidak berada di puncak gunung, yang kawah terbesarnya adalah Kawah Ratu dan merupakan kawah termuda.

BACA JUGA : “BLACKPINK The Movie” cerita lima tahun perjalanan BLACKPINK

Cerita Nyi Roro Kidul, Mitos Pantai Selatan dan Larangan Baju Hijau 69

Sebagian Masyarakat Jawa Barat meyakini ada banyak kisah misteri di Gunung Salak Bogor, bahkan tidak kalah seram dari cerita KKN di desa Penari ataupun Badarawuhi.

Banyaknyakisah misteritentang Gunung Salak Bogor ini membuat  gunung tersebut mendapatkan predikat sebagai gunung terangker di Jawa Barat. Apakah lebih angker dari gunung tempat Badarawuhi KKN di Desa Penari?

Bahkan banyak berita yang menyampaikan jika di Gunung Salak Bogor banyak pendaki yang tersesat bahkan saat ditemukan ada yang sudah dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Nah, mirip yang dilakukan Badarawuhu KKN DEsa Penari!

Sebagian kisah mengatakan di Kisah Gunung Salak juga banyak dilakukan ritual-ritual perdukunan yang melibatkan kekuatan gaib, bahkan ada yang sampai menikahkan manusia dengan jin demi kepentingan keduniaan.

Nyi Roro Kidul, Mitos Pantai Selatan dan Larangan Baju Hijau 69

Demikian ini kisah yang ada di Gunung Salak Bogor yang disampaikan dari mulut ke mulut:

Misteri Curug Seribu

Gunung Salak Bogor adalah satu dari sekian keindahan yang ada di negeri tercinta kita ini. Namun, dibalik keindahannya tersebut tersimpan seribu misteriyang terkadang ceritanya diluar nalar manusia.

Curug Seribu adalah salah satu kawasan di Gunung Salak Bogor yang panorama keindahannya dapat membuat pengunjung terlena.

Curug Seribu sudah sering memakan korban. Arusnya yang cukup deras menjadi penyebab banyaknya pengunjung yang berenang tenggelam. Hal tersebut pun tidak jarang dikait-kaitkan dengan cerita mistis.

 

Misteri Suara Gamelan

Mendengarnya akan membuat bulu kuduk merinding. Bagaimana tidak, dari cerita yang tersebar, di Gunung Salak Bogor sering sekali terdengar suara gamelan yang katanya semakin lama semakin jelas terdengar.

Suara gamelan terdengar dengan nada-nada mistis yang membuat suasana semakin horor. Seakan-akan disana sedang diadakan sebuah pesta-pesta tempo dulu.

Misteri Kawah Ratu

Warga sekitar Gunung Salak Bogor bercerita, bahwa banyak pendaki yang mengunjungi wilayah Kawah Ratu yang meninggal dunia. Mereka meninggal karena menghirup racun belerang.Warga beranggapan jika arwah para  bergentayangan dan sering menghantui para bergentayangan dan sering menghantui para pendaki. Konon disana sering ditemukan penampakan yang katanya makhluk halus.

Misteri sering hilangnya pendaki

Mendaki adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan, jika kalian salah satu yang mempunyai hobi mendaki, apakah kalian mempunyai rencana untuk mendaki Gunung Salak Bogor?

Sebelum kalian mendaki alangkah baiknya kalian simak cerita misteri sering hilangnya pendaki di Gunung Salak Bogor ini.

Warga sekitar Gunung Salak Bogor sudah terbiasa memperoleh laporan tentang hilangnya pendaki di gunung tersebut.

Hal tersebut sudah menjadi rahasia umum. Biasanya hal tersebut sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti karena pendaki tersebut melanggar berbagai pantangan yang tidak boleh dilakukan di sana.

Misteri kemunculan prajurit Prabu Siliwangi

Menurut cerita yang tersebar, para pendaki kerap melihat sosok prajurit dengan jumlah yang banyak.

Para Prajurit tersebut seperti menggunakan pakaian Zaman dulu, dan yang membuat merinding adalah di antara prajurit tersebut ada sesosok harimau yang sering dikaitkan dengan penjelmaan Prabu Siliwangi.BACA JUGA : “BLACKPINK The Movie” cerita lima tahun perjalanan BLACKPINK

 

Misteri Kampung setan

Seperti keumuman sebuah gunung, Gunung Salak Bogor pun merupakan gunung yang pada dasarnya sepi. Namun, pada waktu-waktu tertentu di puncak gunung sering terdengar keramaian.

Warga setempat dan juga para pendaki menamakannya sebagai kampung Setan karena terdapatnya aktifitas yang di luar nalar.

Misteri Puncak Manik

Puncak Manik adalah satu di antara kawasan Gunung Salak Bogor yang menyimpan misteri. Konon dikatakan jika Puncak Manik adalah tempat kerajaan gaib Pajajaran.

Pada waktu-waktu tertentu kerajaan gaib Pajajaran akan mengadakan acara tertentu hingga tidak jarang sering kedapatan kejadian-kejadian yang tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia.

 

Misteri nenek penunggu tebing

Menurut pengakuan para pendaki yang katanya pernah melihat sosok nenek tua tersebut, nenek tersebut diperkirakan berumur 80 tahunan.

Nenek tersebut terlihat sangat mahir menerjal tebing yang terjal. Namun, nenek tersebut tidak lama menghilang dari pandangan para pendaki.

 

Itulah  cerita misteri yang ada di Gunung Salak Bogor. Tulisan ini tidak dibuat untuk menggiring opini publik akan sesuatu yang sulit didefinisikan oleh ilmu pengetahuan, atau pun mengenai kebenaran ada dan tidak adanya

Dan kisah yang ada bukanlah kisah yang bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan ataupun melalui kitab agama. Namun, kisahnya masih dipercaya di sebagian masyarakat.