• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

7 Cara Mudah Checkin di Bandara untuk Pemula biar Gak Sekip!

7 Cara Mudah Check In di Bandara untuk Pemula biar Gak Sekip!

Cara Mudah Checkin di Bandara Pesawat terbang menjadi transportasi favorit bagi sebagian orang. Apalagi saat ingin bepergian ke luar negeri. Salah satu yang masih sering bikin bingung yakni saat checkin, terutama jika pertama kali naik pesawat.

Jika gak memahami prosedurnya dengan benar, bisa-bisa kita menghabiskan banyak waktu di bandara. Padahal checkin di bandara cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa prosedur berikut ini.
7 Cara Mudah Check In di Bandara untuk Pemula biar Gak Sekip!

1. Ketahui terminal keberangkatan

Cara Mudah Checkin di Bandara Biasanya bandara memiliki beberapa terminal. Misalnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, memiliki tiga terminal. Terminal 1 untuk penerbangan domestik, Terminal 2 dan Terminal 3 untuk penerbangan internasional.

Kamu bisa menghubungi penyedia tiket sebelum checkin. Saat di bandara, kamu bisa perhatikan plang nomor terminal untuk masuk ke dalam.

2. Datang lebih awal

Cara Mudah Checkin di Bandara Sebaiknya datang satu atau dua jam lebih awal dari jadwal penerbangan. Apalagi buat kamu yang belum punya pengalaman checkin di bandara. Hal ini untuk mencegah hal-hal di luar prediksi, serta meminimalisir rasa gugup saat pertama kali naik pesawat.

3. Cek konter checkin
7 Cara Mudah Check In di Bandara untuk Pemula biar Gak Sekip!

Cara Mudah Checkin di Bandara Setelah masuk ke dalam terminal tujuan, cek petunjuk yang bertuliskan keberangkatan domestik jika kamu melakukan perjalanan di Indonesia, atau keberangkatan internasional, jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada konter checkin yang ditandai dengan huruf, seperti A, B, C, dan seterusnya.

4. Siapkan semua dokumen

Cara Mudah Checkin di Bandara Sebelum antre di konter checkin, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa dokumen penting, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, dan bukti tiket pesawat.

5. Daftar bagasi

Cara Mudah Checkin di Bandara Jika kamu membawa koper atau barang berat, jangan lupa mendaftarkan di bagasi di konter checkin. Aturan bagasi tiap maskapai berbeda, pastikan kamu sudah mengetahui sebelum berangkat.

6. Simpan boarding pass

Cara Mudah Checkin di Bandara Kamu juga akan diberi boarding pass berbentuk selembaran untuk dicek kembali saat boarding ke pesawat. Sebaiknya simpan di dalam tas kecil atau tas yang mudah dijangkau.

7. Cek gate keberangkatan
7 Cara Mudah Check In di Bandara untuk Pemula biar Gak Sekip!

Cara Mudah Checkin di Bandara Cek boarding pass kamu untuk mengetahui lokasi gate keberangkatan, di mana kamu harus menunggu. Saat di area gate, kamu tinggal menunggu petugas mengumumkan kapan pesawat akan berangkat.

Itulah beberapa cara mudah checkin di bandara untuk pemula. Pastikan semua sudah dipersiapkan dengan baik, biar penerbangan kamu lancar dan nyaman.

By Admin