• Jum. Feb 23rd, 2024

Jangan Emosi, Ini 6 Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu!

Jangan Emosi, Ini 6 Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu!

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Bagi beberapa orang, mendapatkan kritik memanglah hal yang tidak menyenangkan hingga dapat membuat kesal. Hal tersebut terkesan bila kita tidak becus mengerjakan atau melakukan sesuatu.

Namun, merespons kritikan seseorang tidak perlu harus selalu memakai emosi. Pasalnya, kamu dapat dilakukan dengan cara yang lebih tenang. Berikut ada enam cara bagaimana seharusnya kamu merespons seseorang yang mengkritikmu.
Jangan Emosi, Ini 6 Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu!

1. Dengarkan dahulu tanpa berargumen apa pun

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Pertama-tama, penting untuk mendengarkan semua kritik dan memastikan orang yang mengkritikmu tahu bahwa kamu sedang mendengarkan. Ambil nafas panjang dan cobalah untuk mendengarkan sebelum kamu berbicara.

“Sering kali, saat orang kesal mereka hanya ingin merasa didengarkan,” kata Jack Jostes, Presiden Ramblin Jackson, dilansir Inc.

Berbicara tanpa mendengarkan dapat memperburuk situasi. Jika orang lain merasa tidak didengarkan, mereka mungkin akan semakin frustrasi dan mempersulit untuk mencapai penyelesaian.

2. Ajukan pertanyaan

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Jika memungkinkan, tanyakan pada orang yang mengkritikmu secara spesifik sampai kamu yakin kamu benar-benar mengerti maksud dari kritikannya. Kamu harus mengerti tentang kritikan apa yang kamu terima agar ke depannya kamu benar-benar dapat melakukan sesuatu tentang hal tersebut.

“Dorongan pertama, kamu mungkin untuk segera beralih dari momen yang tidak nyaman, tetapi satu-satunya cara untuk benar-benar bergerak maju adalah memastikan kamu memahami apa yang ada di balik kritiknya,” kata Meghan Keaney Anderson, VP Pemasaran di HubSpot, dilansir Forbes.

3. Ucapkan terima kasih
Jangan Emosi, Ini 6 Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu!

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Jika seseorang mengkritikmu dengan cara yang kurang baik, berterima kasih atas kritikannya akan memberi kamu landasan moral yang tinggi. Sebab, mereka benar-benar mencoba untuk membantumu dengan mengungkapkan pendapat yang tulus.

Mungkin juga mereka telah memberimu informasi yang dapat membantu kamu untuk memperbaiki diri. Maka dari itu, penting mengucapkan ‘terima kasih’ walaupun itu adalah kritikan yang disampaikan secara kurang baik.

4. Jangan tersinggung

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Tentu hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi jika dihadapkan dengan pekerjaan, kamu pasti akan menghadapi umpan balik negatif sehingga penting untukmu agar tidak tersinggung dan mengacaukan segalanya.

“Setelah saya membersihkan ego saya yang memar, saya menyadari bahwa satu-satunya cara saya menjadi lebih baik adalah dengan menerima umpan balik yang membangun dan menyadari bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan,” kata seorang pembicara motivasi, Bryn Drescher, dilansir Inc.

Memang biasanya kritik sangat sulit diterima, karena dirimu merasa kamu sudah melakukan segalanya dengan baik. Tapi, mungkin tidak terasa buruk jika kamu melihatnya sebagai pengalaman belajar.

5. Luangkan waktu untuk menenangkan diri

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Ketika kamu sedang menerima kritikan negatif, ada baiknya memberi waktu sebentar untuk dirimu menenangkan diri. Hal ini akan mencegahmu dari perasaan kesal yang menimbulkan emosi. Jadi, jangan langsung menanggapi saat kamu pertama kali mendengarnya.

Selama itu, kamu dapat menggali perihal kritik tersebut dan mencari tahu dari mana asalnya, apakah mendasari atau tidak. Kamu juga akan menemukan cara untuk menenangkan diri jika kesal atau emosi dengan mendengar kritikan yang negatif. Itu juga dapat membantumu berpikir bagaimana untuk menanggapinya.

6. Gunakan sebagai kesempatan untuk belajar
Jangan Emosi, Ini 6 Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu!

Cara Merespons Orang yang Mengkritikmu Setiap kritikan yang kamu dapatkan, renungkan dan terimalah. Karena, siapa tahu dapat menjadi sebuah pelajaran bagimu jika memang terdapat beberapa hal yang harus kamu perbaiki dalam diri.

Dilansir Inc, Ja-Nae Duane, penulis The Startup Equation mengatakan ia senang dengan umpan balik negatif. Ini karena hal tersebut bisa menjadi pelajaran tersendiri agar kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik.

Beberapa hal di atas merupakan cara yang seharusnya kamu berikan sebagai respons ketika kamu sedang dikritik. Selamat mencoba, ya!

By Admin