• Jum. Feb 23rd, 2024

8 Cara Merawat Rambut Keriting Pria, Anti Kusut dan Kaku!

8 Cara Merawat Rambut Keriting Pria, Anti Kusut dan Kaku!

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Rambut keriting bagi beberapa pria menjadi salah satu hal yang merepotkan. Rambut keriting yang terlalu lebat membuat area kepala gerah, belum lagi rambut keriting cenderung susah disisir dan susah terlihat rapi karena terasa kaku dan kusam. Sehingga para pria dengan rambut keriting memotong pendek rambut mereka agar terbebas dari masalah-masalah ini.

Padahal jika kamu merawatnya dengan tepat, rambut keriting benar-benar bisa meningkatkan penampilan kamu lho, Bro. Penampilan jadi lebih menarik karena tekstur rambut keriting yang unik. Kamu juga jadi punya ciri khas sendiri dengan rambut keriting yang bagus.

Kalau kamu berniat merawat rambut keriting agar terlihat bagus, maka kamu bisa ikuti tips-tips di bawah ini ya, Bro!

8 Cara Merawat Rambut Keriting Pria, Anti Kusut dan Kaku!

1. Kurangi keramas menggunakan sampo

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Masalah rambut keriting yang kaku dan kusam biasanya coba diatasi oleh pria dengan cara sering keramas menggunakan sampo. Padahal sampo justru bisa membuat rambut keriting kamu jadi kusam dan kering. Sampo pada umumnya memiliki kandungan Sodium Laureth Sulfate (SLES), bahan sejenis deterjen yang digunakan untuk melarutkan minyak dan keringat di kulit kepala kamu agar terasa bersih.

Kulit kepala kita memroduksi minyak alami yang salah satu fungsinya melembapkan rambut. Masalahnya rambut keriting dengan teksturnya yang khas membuat minyak alami ini cenderung lebih lama menyebar ke seluruh rambut dibanding rambut lurus, dan parahnya lagi kamu menghilangkan minyak alami rambut menggunakan sampo. Sehingga minyak alami semakin sulit menyebar ke seluruh rambut keritingmu, dan akhirnya rambut kamu jadi kering dan kaku.

Solusinya adalah dengan mengurangi intensitas penggunaan sampo saat sedang keramas. Cukup keramas menggunakan air saja sambil menggosok-gosok kulit kepala untuk menghilangkan keringat dan debu yang menempel. Kamu bisa keramas menggunakan sampo paling sering dua kali dalam seminggu jika kulit kepala terasa terlalu kotor. Kamu juga bisa menggunakan sampo yang tidak mengandung SLES agar rambut keriting kamu tidak kering.

2. Gunakan kondisioner

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Kondisioner bisa membantu untuk melembapkan sekaligus membuat rambut keriting kamu jadi lebih bervolume dan jatuh. Pilih kondisioner yang mengandung kelapa untuk membuat rambut keriting kamu lembap dan berkilau. Kamu juga bisa memilih kondisioner yang mengandung protein untuk membuat rambut kamu lebih berisi.

Jika kamu sebaiknya mengurangi penggunaan sampo saat keramas, sebaliknya kamu masih tetap aman untuk menggunakan kondisioner. Kamu bisa menggunakan kondisioner bahkan tanpa keramas menggunakan sampo terlebih dahulu. Basahi rambut dengan air sambil membersihkan kulit kepala, lalu usapkan kondisioner ke seluruh rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas.

Sebaiknya hindari kondisioner kontak langsung dengan kulit kepala. Pertahankan kondisioner hanya di area rambut saja agar tidak terasa perih di kulit kepala ya, Bro.

 

3. Jangan menggosok rambut dengan handuk saat mengeringkan
8 Cara Merawat Rambut Keriting Pria, Anti Kusut dan Kaku!

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Cara termudah untuk mengeringkan rambut setelah mandi adalah dengan menggosoknya menggunakan handuk, namun cara ini justru membuat rambut keriting jadi kaku. Sebaiknya keringkan rambut keriting kamu dengan cara menempelkan saja handuk ke area rambut, dan biarkan handuk menyerap air tanpa perlu menggosoknya. Lalu biarkan rambut kamu kering dengan sendirinya.

Cara ini akan membuat rambut keriting kamu lebih lembap dan kamu pun bakal lebih mudah menatanya. Rambut keriting kamu juga bakal lebih terlihat natural saat kering. Cobain deh, Bro!

 

4. Gunakan diffuser hair dryer untuk mengeringkan dengan cepat

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Saat kamu terburu-buru dan harus mengeringkan rambut dengan cepat, kamu bisa menggunakan diffuser hair dryer agar rambut tetap lembap. Alat ini mampu menyebarkan aliran udara ke arah yang lebih lebar dan terkontrol sehingga udara mampu menyebar ke seluruh rambut dengan lebih merata.Karena udara yang menyebar secara merata, tekstur rambut keriting kamu jadi lebih terjaga dibanding menggunakan hair dryer tanpa diffuser. Selain itu ada baiknya untuk menggunakan udara dingin ketimbang udara panas saat mengeringkan rambut menggunakan diffuser hair dryer agar rambut kamu tetap lembap.

5. Hindari sisir yang bergigi rapat

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Sisir bergigi rapat memang paling mudah kita temui, namun dengan gigi yang rapat bisa mengacaukan tekstur alami rambut keriting kamu lho, Bro. Sebaiknya pilih sisir dengan gigi jarang sehingga kamu tetap bisa mempertahankan tekstur alami keriting, namun rambut kamu tetap tertata dengan baik.

Alternatif lain, kamu juga bisa menyisir rambut menggunakan jari tangan lho, Bro. Jari tangan bisa dengan mudah mengikuti tekstur ikal rambut kamu sehingga hasilnya terlihat lebih natural dan menarik.

6. Pilih produk hair styling yang bebas alkohol
8 Cara Merawat Rambut Keriting Pria, Anti Kusut dan Kaku!

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Kandungan alkohol pada produk hair styling bisa membuat rambut kamu mengering dan kusam. Jadi ada baiknya untuk memilih produk hair styling yang bebas alkohol. Kamu bisa mengecek label pada kemasan produknya.

Biasanya akan tertulis alcohol free. Umumnya produk hair styling yang alcohol free cenderung lebih mahal dibanding yang mengandung alkohol, namun ini demi rambut keriting yang menarik, Bro!

 

7. Ganti sarung bantal dengan bahan satin

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Gesekan kain bisa membuat rambut keriting kamu menjadi kering dan kaku. Saat kamu tidur menggunakan sarung bantal kain biasa, seperti katun atau poliester, gesekan selama kamu tidur bisa membuat rambut keriting berantakan saat bangun tidur. Jika benar-benar ingin serius mempertahankan ikal alami dan kelembapan rambut keriting, kamu bisa mengganti sarung bantal dengan bahan yang lebih halus seperti satin atau silk.

Bahan ini lebih membuat rambut bergerak lebih bebas karena cenderung lebih halus dibanding bahan kain sarung bantal pada umumnya. Kalau kamu gak mau repot mengganti sarung bantal, kamu juga bisa menggunakan buff bahan satin khusus untuk tidur, Bro.

 

8. Trimming ujung rambut secara berkala

Cara Merawat Rambut Keriting Pria Saat kamu berniat untuk membuat rambut keriting lebih panjang, biasanya timbul masalah ujung-ujung rambut yang mencuat dan bercabang tidak beraturan. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan trimming rambut di barbershop langganan kamu.

Cukup minta barberman untuk merapikan ujung rambut keriting kamu tanpa perlu memotong terlalu banyak, sehingga kamu bisa tetap mempertahankan rambut panjang namun terbebas dari masalah rambut bercabang.

Dengan tips-tips ini kamu bisa lebih percaya diri untuk tampil dengan rambut keriting bukan, Bro? Jadi gak perlu potong pendek lagi dong, dan justru rambut keriting kamu bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri dengan perawatan yang tepat!

By Admin