• Sen. Mar 4th, 2024

5 Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

5 Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Menjalani kehidupan sendiri di kota orang tanpa sanak saudara atau orang tua memanglah challenging bagi remaja masa kini. Namun, jauh dari keluarga juga menyebabkan rindu yang tak terbendung karena lama tak jumpa. Libur hari besar keagamaan dan akhir tahun adalah liburan yang paling ditunggu. Sebagian remaja yang memiliki banyak waktu saat liburan pasti menyempatkan pulang ke kampung halaman, tetapi sebagian yang lain harus menetap di perantauan karena banyaknya kepentingan yang harus segera diselesaikan. Rindu yang seharusnya terbayarkan ketika hari libur tiba menjadi tak tuntas dan harus menunggu beberapa waktu lagi untuk dapat bertemu keluarga, bahkan rasa rindu itu bisa mengganggu aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan. Keadaan ini lebih dikenal remaja dengan sebutan homesick.

Masih menjadi hal wajar apabila homesick tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun, apabila kita tidak mengetahui cara mengatasinya, homesick dapat memperburuk keadaan. Berikut cara mengatasi homesick yang bisa anda lakukan.
5 Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

1. Sering menghubungi keluarga

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Setelah seharian berkegiatan kita pasti memiliki waktu luang untuk bersantai sejenak. Gunakan waktu luang itu untuk menghubungi keluarga di rumah. Ceritakan banyak hal yang terjadi hari ini pada mereka, dengan begitu kita akan merasa keluarga masih membersamai kita meskipun terpisah jarak dan waktu.

2. Membawa beberapa barang rumah

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Banyak orang mempunyai barang kesayangan sejak kecil yang masih digunakan hingga sekarang, salah satu contohnya boneka. Biasanya mereka tidak bisa tertidur pulas apabila tidak memeluk boneka tersebut, karena hanya boneka itu satu-satunya barang yang mengingatkannya pada wangi rumah. Cara ini sangat efektif digunakan untuk melepas rindu sejenak pada rumah dengan perantara barang rumah yang dibawa.

3. Bersosialiasi dengan teman-teman
5 Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kehidupan sendiri, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Karena itulah kita harus membangun hubungan yang baik dengan teman, terutama teman atau tetangga kos, karena kedepannya merekalah yang akan membantu kita di perantauan apabila kita membutuhkan pertolongan.

4. Sibukkan diri dengan mengikuti berbagai macam aktivitas

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Dengan mengikuti organisasi, seminar, atau bisa juga workshop kita bisa menambah wawasan, pengalaman, dan relasi pertemanan. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu mengurangi beban pikiran yang terpusat pada keluarga atau rumah. Selain itu, aktivitas tersebut juga sangat berguna sebagai pengalaman yang nantinya dapat dicantumkan pada cv ketika melamar pekerjaan.

5. Mengisi waktu luang dengan melakukan hobi
5 Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau Pada akhir pekan banyak orang memilih menghabiskan waktu bersama keluarga. Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan oleh anak rantau. Kita dapat mengisi waktu luang di akhir pekan dengan melakukan hobi atau berjalan-jalan bersama kekasih atau teman-teman.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan produktif yang bisa dilakukan. Misalnya berolahraga di pagi hari sekaligus mencari sarapan. Ketika hari menjelang siang dapat membereskan kamar kos agar kembali terlihat rapi dan fresh. Di malam hari bisa pergi nongkrong bersama teman. Bagi yang memiliki hobi menonton film, malam hari juga waktu yang sangat tepat karena suasana lebih tenang, sehingga dapat berkonsentrasi menikmati film yang ditonton.

Nah, itu adalah beberapa cara  yang dapat dilakukan untuk mengatasi homesick pada anak-anak rantau. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi semuanya. Have a nice day!

By Admin