• Sen. Mar 4th, 2024

7 Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

7 Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Tiap orang pasti punya masa hidup yang sulit, termasuk orang-orang terdekat yaitu teman kita. Melihat teman yang lagi merasa sedih di masa sulitnya, pastinya kita ingin menolong dengan cara mendukungnya yang terbaik.

Pastikan kamu mendukungnya dengan ketulusan dan rendah hati. Hindari juga kalimat-kalimat yang malah membuat temanmu merasa disudutkan. Agar tidak terjadi kesalahan saat mendukung teman yang sedang menghadapi masa sulit, berikut contoh kalimat terbaik yang bisa dijadikan support system untuk teman kita yang lagi sulit.

7 Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

1. Aku percaya sama kamu, pelan-pelan aja ya jangan paksain diri

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Cara mendukung teman harus pakai ucapan yang baik yang bisa memberi kepercayaan bahwa dia pasti bisa menghadapi masa sulitnya. Contoh kalimat dukungan yang positif yaitu “aku percaya sama kamu, pelan-pelan aja ya, jangan paksain diri.”

Jika kamu mendukungnya seperti itu, temanmu jadi percaya diri bahwa dia pasti bisa melewatinya. Dibandingkan pakai ucapan “kamu sih masih untung” seperti tidak ada artinya sama sekali untuk mendukungnya, sebaiknya dukung dengan ketulusan hati seperti kalimat sebelumnya.

2. Kamu bisa melewati ini, kamu gak sendiri

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Orang yang sedang menghadapi masa sulit, rasanya kita ingin mendukungnya. Tapi, dukunglah hingga ia percaya bisa melewati masa sulit tersebut. Bukan sekadar dukungan “pasti bisa kok, gak sulit ini,” memang benar itu bisa memberi kepercayaan untuknya, tapi rasanya kurang tepat dan gak membangun bagi temanmu yang lagi sulit.

Akan lebih baik kalau mendukungnya dengan pernyataan bahwa ia gak sendirian di masa sulitnya. Dukungannya seperti “kamu bisa melewati ini, kamu gak sendiri,” setelah itu ia jadi percaya diri untuk melewatinya dan merasa ditemani saat keadaan lagi sulit.

3. Aku ada ya, kalau kamu mau cerita
7 Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Jika temanmu lagi cerita tentang kehidupan yang sulit, kita perlu mendengarnya dengan seksama. Mendengar cerita dan keluhannya sampai selesai, baru kita bisa memberikan dukungan yang baik. Jangan sampai memberi kalimat dukungan yang justru membuat temanmu merasa disudutkan seperti, “masih ada yang lebih susah dari kamu.”

Sudah pasti temanmu jadi tidak nyaman bercerita denganmu jika memberikan dukungannya seperti itu. Alangkah baiknya, kita bisa inisiatif membuka ruang untuk temanmu bercerita, seperti contohnya ” aku ada ya kalau kamu mau cerita.” Berikan rasa kenyamanan untuk teman kita yang membutuhkan sandaran keluh-kesahnya.

4. Gak apa-apa kalau nangis, itu bukan tanda kamu lemah

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Orang yang lagi di masa sulit, lebih rentan merasa sedih karena cobaan hidup yang dialaminya. Rasa sedih adalah fitrahnya manusia, jadi wajar saja kalau temanmu ingin mengungkapkan rasa kesedihannya itu.

Jangan menolak apa yang dia rasakan, contohnya ” jangan terlalu dipikirin,” pasti rasanya sesak jika tidak menerima untuk merasakannya. Makanya itu, jadilah teman baik yang selalu mendukung apa pun yang dia rasakan, salah satunya seperti ucapan “gak apa-apa kalau nangis, itu bukan tanda kamu lemah.”

5. Aku tahu ini pasti sulit, satu per satu aja ya?

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Sebagai teman yang baik, kita pasti menerima setiap keluh-kesahnya di masa sulit. Mendengarkan hingga mendukungnya setulus hati agar ia bisa bangkit dari kesedihan dan semangat hidup lagi. Kita pun tidak bisa mengabaikan rasa kesedihan teman kita yang sedang terpuruk, misalnya “jangan ngeluh terus.”

Mungkin kita niatnya ingin memberi semangat, tapi cara itu kurang tepat untuk mendukungnya yang sedang sulit. Bilang saja dengan jujur apa yang sedang dialaminya itu baik-baik saja, dan berikan dukungan bahwa ia bisa melewati kesulitannya itu. Seperti pada ucapan berikut ini, “aku tahu ini pasti sulit, satu per satu aja, ya.”

6. Ada yang bisa aku bantu?

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Supaya bisa jadi support system terbaik untuk teman kita, kita harus bisa membantu dirinya untuk semangat lagi dan tidak mudah menyerah di masa sulitnya. Selalu mendukung yang terbaik di masa-masa sulitnya, dan selalu inisiatif memberi pertolongan kepadanya agar tidak jatuh dalam hidupnya.

Teman yang baik pasti akan siap memberikan ruang untuk bercerita, dan selalu memberikan dukungan terbaik untuk temannya. Bukan seperti menyalahkan keadaan yang harus ia terima, contohnya “udahlah, terima nasib aja.” Itu bukan contoh dukungan yang baik. Kamu bisa menggantinya dengan cara membuka ruang bagi temanmu yang sedang membutuhkan sandaran keluh-kesahnya.

7. Pasti berat ya? Keren banget kamu bisa sampai titik ini
7 Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit

Cara Mendukung Teman yang Sedang Menghadapi Masa Sulit Semua orang pasti punya masa kesulitannya masing-masing, dan setiap orang juga pasti merasa lelah dalam menghadapi masa sulit yang dialaminya. Kita pun bisa saling berkeluh-kesah kepada teman yang kita percayai, dan saling mendukung satu sama lain. Jangan sampai kita mengadu nasib dengan teman, seperti ucapan “masih mending lu,” seakan kita sendiri yang punya kesulitan hidup paling berat di antara mereka.

Padahal, tiap orang juga memiliki masa sulit paling berat yang berbeda-beda, dan tidak sepantasnya kita mengadu nasib seperti itu. Alangkah baiknya, jika temanmu lagi merasa sulit, dukunglah dengan pernyataan yang bisa memotivasinya seperti contohnya, “pasti berat ya? Keren banget kamu bisa sampai titik ini.” Maka, temanmu jadi senang dan semangat lagi karena dirinya yang rapuh justru dibanggakan oleh kamu.

Kita harus sama-sama merangkul satu sama lain dengan siapa saja, karena tiap orang punya masa sulit yang paling berat. Kita bisa memulai dari sekitar kita, yaitu menjadi support system untuk orang-orang terdekat kita, agar mereka bisa semangat menjalani masa sulitnya.

By Admin