• Sab. Apr 20th, 2024

9 Cara Mendiagnosis TBC, Kenali Tahapannya

9 Cara Mendiagnosis TBC, Kenali Tahapannya

Cara Mendiagnosis TBC Kalau kamu merasa telah terpapar bakteri penyebab tuberkulosis (TBC), yaitu Mycobacterium tuberculosis, atau berkontak dengan orang dengan TBC, penting untuk menjalani tes.

Beberapa orang bisa membawa TBC laten selama bertahun-tahun sebelum menjadi aktif, membuat mereka sakit. TBC aktif menimbulkan risiko kesehatan pada masyarakat karena dapat menyebarkan penyakit ke orang lain apabila tidak ditangani.

Ingat, siapa pun bisa terkena TBC. Ini adalah penyakit menular. Namun, penyakit ini cukup sulit untuk menyebarkan. Dibutuhkan 6 bulan kontak 8 jam per hari untuk terinfeksi TBC atau 2 bulan kontak 24 jam, seperti dijelaskan dalam laman Everyday Health.

Sekitar 30 persen orang yang terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis akan mengembangkan TBC laten. Kalau tidak diobati, sekitar 5 hingga 10 persen dari mereka bisa terkena TBC aktif pada beberapa titik dalam hidup mereka, menurut studi dalam jurnal JAMA tahun 2016.

Karena bakteri tuberkulosis tumbuh lambat dan gejalanya dapat dikacaukan dengan kondisi lain, maka perlu pengujian yang cermat. Beberapa tes laboratorium dan pencitraan mungkin dilakukan untuk mendiagnosis TBC aktif secara pasti.

Memperlambat penyebaran TBC butuh deteksi dan penanganan dini. Kalau terdeteksi dalam stadium laten, TBC bisa diobati sebelum penyakit menjadi aktif dan menular.

9 Cara Mendiagnosis TBC, Kenali Tahapannya

Siapa saja yang perlu menjalani tes TBC?

Cara Mendiagnosis TBC Cara Mendiagnosis TBC Orang-orang tertentu harus dites untuk infeksi TBC karena mereka berisiko lebih tinggi terinfeksi bakteri TBC. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ini meliputi:

  • Orang yang telah menghabiskan waktu dengan seseorang yang mengidap TBC.
  • Tinggal atau habis bepergian dari area atau negara di mana TBC umum terjadi (sebagian besar negara di Amerika Latin, Karibia, Afrika, Asia, Eropa Timur, dan Rusia).
  • Orang yang tinggal atau bekerja di lingkungan berisiko tinggi (misalnya fasilitas pemasyarakatan, fasilitas perawatan jangka panjang atau panti jompo, tempat penampungan tunawisma, dan tempat serupa lainnya).
  • Petugas kesehatan yang merawat pasien dengan peningkatan risiko TBC.
  • Bayi, anak-anak, dan remaja yang terpapar dengan orang dewasa yang berisiko lebih tinggi terhadap infeksi TBC laten atau TBC aktif.

Banyak orang yang mengalami infeksi TBC laten tidak pernah mengembangkan TBC aktif. Akan tetapi, beberapa orang yang memiliki infeksi TBC laten lebih mungkin mengembangkan TBC aktif daripada yang lain. Mereka yang berisiko tinggi terkena TBC aktif meliputi:

  • Orang dengan infeksi HIV.
  • Orang yang terinfeksi bakteri TBC dalam 2 tahun terakhir.
  • Bayi dan anak kecil.
  • Pengguna narkoba suntik.
  • Orang yang sakit dengan penyakit lain yang menyembuhkan sistem kekebalan tubuh.
  • Lansia.
  • Orang yang tidak diobati dengan benar untuk TBC di masa lalu.

Tes TBC umumnya tidak diperlukan untuk orang dengan risiko rendah terinfeksi bakteri TBC.

Skrining TBC juga direkomendasikan untuk siapa pun yang memiliki gejala TBC aktif berikut ini:

  • Batuk yang berlangsung selama 3 minggu atau lebih lama.
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Batuk berdarah.
  • Sakit dada.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Keringat malam.
  • Demam.

Kelelahan.

Tahapan diagnosis TBC

1. Riwayat medis

Cara Mendiagnosis TBC Dokter akan menanyakan riwayat paparan, infeksi, atau penyakit TBC. Penting juga untuk mempertimbangkan faktor demografis (misalnya, tempat tinggal, negara asal, usia, etnis, atau pekerjaan) yang dapat meningkatkan risiko pasien untuk terpapar TBC atau TBC yang resistan terhadap obat.

Selain itu, dokter harus menentukan apakah pasien memiliki kondisi medis, khususnya infeksi HIV, yang meningkatkan risiko infeksi TBC laten berkembang menjadi TBC aktif.

2. Pemeriksaan fisik

Cara Mendiagnosis TBC Pemeriksaan fisik dapat memberikan informasi berharga tentang kondisi pasien secara keseluruhan dan faktor lain yang dapat memengaruhi pengobatan TBC, seperti infeksi HIV atau penyakit lain.

3. Tes untuk infeksi TBC
9 Cara Mendiagnosis TBC, Kenali Tahapannya

Cara Mendiagnosis TBC Mantoux tuberculin skin test (TST) atau tes darah TBC dapat digunakan untuk menguji infeksi M. tuberculosis. Tes tambahan diperlukan untuk memastikan penyakit TBC.

Tes Mantoux dilakukan dengan menyuntikkan sejumlah kecil cairan yang disebut tuberkulin ke dalam kulit di bagian bawah lengan. Tes dibaca dalam waktu 48 sampai 72 jam oleh petugas kesehatan terlatih, yang mencari reaksi (indurasi) pada lengan.

4. Radiografi dada

Cara Mendiagnosis TBC Dalam rontgen dada, radiasi elektromagnetik membentuk gambar organ di dada, seperti jantung dan paru-paru. Sinar-X dapat mendeteksi kerusakan di paru-paru, yang mungkin mengindikasikan TBC.

Rontgen dada dapat digunakan untuk menyingkirkan kemungkinan TBC paru pada orang yang memiliki reaksi positif terhadap TST atau tes TBC darah dan tidak ada gejala penyakit.

5. Kultur dahak

Cara Mendiagnosis TBC Menurut laman NYU Langone Hospitals, kultur dahak adalah tes utama yang digunakan untuk mendiagnosis TBC. Dokter akan meminta kamu untuk batuk dalam-dalam untuk mengeluarkan lendir dari saluran udara bagian bawah, yang disebut dahak. Setelah meludahkan lendir ke dalam wadah, spesialis memeriksa sampel bakteri.

Bakteri penyebab TBC dapat segera diidentifikasi pada sekitar dua pertiga orang yang terinfeksi. Di tempat lain, bakteri dapat diidentifikasi hanya setelah organisme M. tuberculosis tumbuh dalam kultur laboratorium, hingga dua bulan.

6. Tes PCR

Cara Mendiagnosis TBC Apabila hasil kultur dahak positif, dokter akan melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) untuk memastikan bahwa organisme yang terlihat adalah bakteri TBC.

Dalam beberapa kasus, dokter dapat melakukan tes PCR pada kultur dahak yang tampaknya negatif. Metode ini dapat mengungkap keberadaan materi genetik TBC lebih cepat daripada menunggu kultur tumbuh, meski tidak memastikan diagnosis.

7. CT scan

Jika rontgen dada tidak menghasilkan gambar yang cukup jelas atau tidak pasti, dokter mungkin akan melakukan CT scan.

Serangkaian sinar-X diambil dari berbagai sudut untuk membentuk gambaran yang jelas pada tulang dan jaringan lunak di tubuh. CT scan dapat mendeteksi tanda-tanda yang lebih halus yang mungkin mengindikasikan TBC.

8. Bronkoskopi
9 Cara Mendiagnosis TBC, Kenali Tahapannya

Cara Mendiagnosis TBC Jarang, dokter mungkin mencurigai seseorang menderita TBC meskipun tes kultur dahak negatif dan hasil tes PCR negatif. Dalam hal ini, dokter dapat melakukan bronkoskopi.

Selama pemeriksaan ini, dokter memasukkan bronkoskop—tabung panjang, tipis, dan fleksibel dengan lampu yang menempel padanya—melalui hidung atau mulut dan masuk ke saluran udara paru-paru. Kamu akan diberi obat penenang untuk membantu kamu rileks selama prosedur.

Gambar paru-paru muncul di monitor video. Dokter akan memeriksa tanda-tanda peradangan di paru-paru. Sekitar 80 persen orang dengan TBC memiliki jenis peradangan kronis yang dikenal sebagai peradangan granulomatosa.

9. Resistansi obat

Cara Mendiagnosis TBC Untuk semua pasien, isolat M. tuberculosis awal harus diuji resistensi obatnya. Sangat penting untuk mengidentifikasi resistansi obat sedini mungkin untuk memastikan pengobatan yang efektif.

Pola kerentanan terhadap obat harus diulang untuk pasien yang tidak merespons pengobatan secara adekuat atau yang memiliki hasil kultur positif meskipun telah menjalani terapi selama 3 bulan.

Itulah beberapa cara untuk mendiagnosis TBC. Butuh waktu untuk mendiagnosis TBC aktif. Dalam kasus TBC diduga kuat, dokter sering memulai pengobatan sebelum diagnosis dikonfirmasi dengan isolasi bakteri TBC di laboratorium.

TBC diobati diobati dengan meminum serangkaian obat selama beberapa bulan untuk membunuh bakteri. TBC aktif membutuhkan waktu lebih lama untuk diobati daripada TBC laten karena bakteri telah berkembang biak.

By Admin